kesehatan reproduksi pria

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

Posted on

Banyak dari kita yang berpikir bahwa gangguan dalam memiliki keturunan hanya akan disebabkan oleh wanita. Nyatanya, dua puluh hingga tiga puluh persen dari gangguan ini juga dapat disebabkan dari pihak pria. Menjaga kesehatan dari reproduksi pria sama pentingnya seperti menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Faktor utama dalam menjaga kesehatan reproduksi ini terutama adalah dari segi gaya hidup yang dijalani sehari-hari.

Di antaranya adalah kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan, kondisi fisik kurang prima hingga perawatan diri yang masih tidak baik. Penting untuk memperhatikan hal-hal tersebut agar didapat kesehatan reproduksi yang baik dan tidak terjadi gangguan dalam memiliki keturunan.

Ragam Cara Dalam Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

Pertama, berhentilah mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan dan juga merokok. Keduanya dapat mempengaruhi kesuburan sperma. Tidak hanya menurunkan kualitas dari sperma, mengkonsumsi minuman keras serta alkohol yang berlebihan juga dapat merusak sperma.

Kesehatan reproduksi dari pria terutama dapat dicapai dengan menjaga berat badan agar senantiasa ideal. Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan peluang dalam mendapat keturunan. Kita bisa menghitung indeks massa tubuh dengan menggunakan kalkulator ataupun memeriksakan diri ke dokter.

Cara untuk menjaga agar berat badan senantiasa ideal di antaranya adalah dengan rutin berolahraga dan menghindari makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi.

Berikutnya untuk menjaga kesehatan reproduksi pria, jagalah agar testis tetap di suhu yang sejuk, yaitu kira-kira 34.5 derajat Celcius. Guna memperbesar peluang dalam mendapat keturunan, suhu testikel harus lebih rendah antara minus satu hingga dua derajat daripada suhu dari keseluruhan tubuh.

Agar dapat menurunkan suhu testikel, batasilah mandi menggunakan air hangat apalagi berendam dalam air hangat. Ambil jeda untuk berdiri dan sedikit berjalan-jalan apabila pekerjaan mengharuskan untuk duduk terlalu lama.

Baca Juga:  Penyebab Sering Buang Air Kecil Yang Normal dan Tidak

Apabila tengah berada di area yang suhunya panas, ambil waktu secara teratur untuk berada di tempat yang suhunya lebih sejuk. Selain itu, kenakan juga pakaian dalam longgar serta nyaman dan hindari pakaian dalam yang ketat.

Hindarilah terpapar racun serta pajanan lingkunan berbahaya sebagai salah satu cara dalam menjaga kesehatan terutama reproduksi pria. Lindungi diri sendiri dari timbal, racun pestisida serta merkuri. Hindari juga paparan zat yang bersifat radioaktif. Hal-hal tersebut akan mengurangi tingkat kesuburan.

kesehatan reproduksi priaSelanjutnya, lakukan juga olahraga serta jaga pola makan yang sehat. Kesehatan reproduksi pria dapat ditingkatkan dengan rutin mengonsumsi makanan segar serta sehat. Di antaranya adalah lima porsi buah serta sayur tiap harinya, protein, karbohidrat dan juga daging rendah lemak.

Namun, hindari juga olahraga berlebihan karena dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan terlalu banyak dari hormon steroid.

Cara lain adalah dengan melakukan sunat. Sunat terbukti memiliki beragam manfaat, di antaranya adalah mengurangi bakteri yang pada dalam alat kelamin pria, menekan resiko tertular penyakit menular seksual sampai HIV hingga enam puluh persen, serta menekan resiko penyakit infeksi saluran kencing.

Manfaat dari melakukan prosedur sunat ini juga telah direkomedasikan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO sehingga kita tidak perlu meragukannya lagi. Dengan menerapkan beberapa cara sederhana seperti di atas, kesehatan dari reproduksi pria akan dapat lebih dijaga.

Dengan kesehatan reproduksi yang lebih baik, peluang dalam mendapatkan keturunan akan lebih besar. Demikianlah ulasan seputar reproduksi pria, semoga bermanfaat.

Baca Juga:  7 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut Yang Perlu Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *