obat gejala tipes

Tanda Tanda, Penyebab dan Cara Mengobati Tipes

Penyakit Tipes – Tipes adalah salah satu penyakit endemik di Indonesia, yaitu penyakit yang menyebar atau mewabah pada banyak orang dalam daerah yang lingkupnya sangat luas. Lingkup yang sangat luas di sini bisa dimaksudkan negara bahkan dunia. Statusnya sebagai penyakit endemik ditunjukkan berdasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008.

Di Indonesia ditemukan bahwa sakit tipes menjangkit sebanyak 800 sampao 100 ribu penduduk Indonesia. Sampai saat ini pun tipes masih menjadi penyakit yang banyak menyerang penduduk Indonesia. Penyebaran penyakit ini memang sangat cepat karena penularannya pun mudah. Yaitu biasanya melalui makanan atau minuman.

Seseorang yang mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bahkan sedikit saja tinja yang mengandung bakteri, maka seseorang tersebut bisa terinfeksi tipes. Selain itu, penularan juga bisa terjadi melalui urine yang terinfeksi bakteri.

Bakteri yang menularkan penyakit ini adalah bakteri Salmonella thypi. Bakteri tersebut bisa hidup di dalam air maupun makanan. Sehingga penyebaran penyakit ini memang melalui air serta makanan atau minuman yang berinteraksi dengan manusia.

Tanda Tanda Penyakit Tipes

Penyakit tipes bukan hanya penyakit yang mudah menginfeksi banyak orang saja. Penyakit ini juga merupakan penyakit cukup berbahaya apabila tidak ditangani dengan baik. Bahkan penyakit ini bisa menyebabkan kematian dengan perkiraan kemungkinan kematiannya adalah 1 dari 5 orang yang terinfeksi penyakit ini.

Dengan statusnya sebagai penyakit endemik yang cukup berbahaya dan sangat mungkin menyerang siapa saja di daerah mana saja pada segala umur, maka perlu untuk setiap orang mengetahui seperti apa tanda-tanda penyakit tipes.

Setelah mengetahui tanda-tandanya, maka saat penyakit ini menyerang Anda ataupun keluarga, maka akan diketahui dengan lebih cepat dan ditangani dengan lebih cepat pula.

Oleh karena kesigapan yang dilakukan oleh orang yang terinfeksi penyakit ini maupun keluarganya, maka akan mengecilkan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang mungkin saja terjadi. Untuk itu, mari ketahui dan ingat seperti apa tanda-tanda atau gejala penyakit tipes berikut:

Demam tinggi dan sakit kepala

pengobatan tipesGejala yang pertama bisa dilihat dari orang yang terinfeksi penyakit ini adalah demam tinggi dan sakit kepala. Demam maupun sakit kepala mungkin saja sangat umum karena banyak penyakit yang memiliki gejala ini.

Maka dari itu penyakit tipes seringkali tidak terdeteksi sejak dini. Kadang juga diduga sebagai penyakit lain, terutama sebagai penyakit demam berdarah. Namun, Anda bisa melihat kekhasan dari demam yang dialami.

Penyakit tipes memiliki ciri-ciri tertentu untuk gejala demamnya, yaitu biasanya demam yang terjadi naik turun. Jadi misalnya saat ini demam sudah reda, maka beberapa waktu kemudian bisa saja naik lagi, kemudian turun lagi dan seterusnya.

Baca Juga:  Gejala Herpes Zoster, Faktor Komplikasi dan Pengobatan

Terjadinya gejala demam yang demikian bisa menjadi kerugian jika saat demamnya turun kemudian penderita maupun keluarga menganggapnya sudah sembuh dan hanya demam biasa. Maka, meski demam sudah reda, cobalah lebih waspada dan jangan mengabaikannya. Terus pantau perkembangannya pada penderita.

Berbagai gangguan pencernaan

Tanda tanda penyakit tipes selanjutnya adalah berbagai gangguan pencernaan. Penderita penyakit ini memang akan mengalami berbagai gejala menyangkut sistem pencernaannya.

Diantaranya seperti diare, sembelit atau susah buang air besar, mual, muntah, bau tak sedap pada mulut, sakit tenggorokan, serta munculnya lapisan pada lidah. Maka, saat demam tinggi yang khas di atas disertai pula oleh berbagai gangguan pada sistem pencernaan, Anda bisa mewaspadai penyakit yang diderita sebagai penyakit tipes untuk kemudian melakukan penanganan yang tepat.

Hilangnya nafsu makan dan tubuh yang melemah

tanda tanda gejala tipesSelain demam, sakit kepala, serta gangguan pada sistem pencernaan penderita penyakit tipes juga akan menunjukkan tanda-tanda atau gejala yaitu berkurangnya nafsu makan atau nafsu makan yang menghilang serta tubuh yang melemah.

Orang yang menderita penyakit ini akan mudah merasa lelah. Bisa juga merasa pegal-pegal pada tubuhnya padahal mungkin saja tidak habis melakukan sesuatu yang berat-berat. Jika kedua tanda atau gejala di atas juga disertai dengan gejala ini, maka jangan sampai diabaikan.

Itulah beberapa tanda tanda penyakit tipes. Jika terjadi berbagai tanda atau gejala tersebut, tentu harus segera ditangani dengan baik dan tepat. Biasanya gejala tersebut akan mulai muncul 1-3 minggu setelah tubuh terinfeksi. Kemudian akan dapat semakin memburuk hanya dalam waktu beberapa minggu saja.

Penderita yang merasakan tanda tanda atau gejalanya tidak boleh mengabaikan apalagi diam saja tanpa memberitahu orang terdekat. Kemudian orang-orang sekitar penderita juga tidak boleh menyepelekan tanda tanda atau gejala tersebut dan harus sigap dalam melakukan penanganan.

Jika telat sedikit saja untuk ditangani, maka penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi seperti pendarahan internal atau pecahnya sistem pencernaan (usus). Kemudian selain komplikasi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penyakit ini bisa saja membahayakan nyawa. Oleh karena itu, jangan sekali-kali mengabaikan sakit yang Anda rasakan atau yang dikeluhkan oleh orang-orang di sekitar Anda.

Penyebab Sakit Tipes

Penyebab sakit tipes yang paling utama diperkirakan adalah digunakannya sanitasi yang buruk serta terbatasnya akses air bersih oleh masyarakat. Keadaan tersebut tentu lebih banyak terjadi di negara-negara berkembang seperti Indonesia, di mana masih banyak terjadinya masalah sanitasi dan masalah sulitnya distribusi air bersih.

Keadaan seperti itu semakin didukung dengan kekebalan tubuh penderita yang lemah. Misalnya karena asupan gizi masyarakat termasuk kurang, maka memungkinkan kekebalan tubuh menjadi lemah. Tentu keadaan seperti itu juga banyak terjadi di negara-negara berkembang.

Baca Juga:  Ciri Ciri Herpes dan Cara Mengatasinya

Selain karena masalah kurangnya asupan gizi, bisa juga karena memang adanya sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna seperti pada anak. Maka, penyakit tipes memang lebih banyak menyerang anak-anak mengingat sistem kekebalan tubuh mereka belumlah sempurnya.

obat tipes pada anak

Penanganan dan Pengobatan Penyakit Tipes

Saat tanda-tanda atau gejala penyakit tipes dirasakan atau nampak, maka harus segara ditangani dengan baik dan tepat. Obat gejala penyakit tipes yang umumnya diberikan adalah adalah antibiotik. Untuk melawan infeksi bakteri, memang sudah sejak lama digunakan obat jenis antibiotik.

Penggunaan antibiotik memang hasilnya cukup bagus, termasuk dalam penanganan dan cara mengobati tipes. Namun, pemberian antibiotik juga tidak boleh sembarangan. Satu penderita tipes dengan penderita lainnya mungkin saja berbeda.

Tubuh penderita yang satu bisa menerima antibiotik tertentu, sementara yang lain tidak, dan sebaliknya. Pemberian antibiotik harus tepat pada masing-masing orang. Maka, pemberiannya pun harus dilakukan oleh dokter setelah mengetahui bagaimana kondisi penerita penyakit ini secara keseluruhan.

Beberapa antibiotik yang biasanya diberikan antara lain Chloramphenicol (Chloromycetin), amoxillin (Trimox, Amoxil, Biomox), Ciprofloxacin (Cipro). Maka, untuk mendapatkan obat gejala tipes, jangan tunda untuk pergi atau membawa penderita penyakit ini ke dokter.

Sementara perawatan yang dilakukan selanjutnya bisa saja di rumah sakit atau di rumah. Tergantung bagaimana tingkat keparahan penyakit tipes yang dialami oleh penerita.

Baik perawatan di rumah sakit maupun di rumah, Anda harus mengetahui bagaimana pengobatan gejala tipes yang perlu dilakukan selain memberikan antibiotik. Berikut ini beberapa penanganan yang baik dan tepat untuk penderita tipes:

Cukup minum air mineral

air mineralBerbagai gejala penyakit tipes yang terjadi seperti demam, mual, muntah, dan sebagainya bisa membuat penderita kehilangan banyak cairan tubuhnya. Maka, mengonsumsi atau memberikan cukup minum air mineral akan membantu meringankan penyakit ini.

Mengonsumsi atau memberikan cukup air mineral merupakan penanganan yang tepat. Bukan hanya sebagai penanganan atau gejala penyakit yang terjadi, namun juga bisa untuk membantu menghambat kerja bakteri serta membunuhnya secara alami.

Jika pemberian cairan sulit dilakukan secara langsung karena suatu hal misalnya pengaruh gejala sakit tenggorokan, maka upayakan cara pemberian lainnya seperti melalui infus. Tentu infus bisa didapatkan dengan merawat penderita di rumah sakit.

minum oralitMinum larutan oralit

Selain air mineral, penderita juga perlu untuk meminum larutan oralit apabila mengalami gejala diare yang parah. Untuk mengurangi gejala tersebut, maka pemberian larutan oralit adalah sebuah penanganan yang tepat.

Anda bisa menggunakan larutan oralit yang sudah tersedia di apotek sebagai cara mengobati tipes, Anda hanya perlu membelinya. Bisa juga dengan membuatnya sendiri. Bagaimana cara membuatnya? Pertama, campurkan satu setengah sendok garam dengan segelas air minum dingin. Tentu gunakanlah air minum dingin yang terjamin kebersihannya. Kemudian aduk cairan tersebut sampai merata. Penderita bisa meminum obat gejala tipes ini beberapa kali untuk mengurangi diare dan mengatasi demam agar tidak semakin parah.

Baca Juga:  Gejala, Obat dan Cara Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Minum cuka sari apel

cuka apelObat gejala tipes selanjutnya adalah cuka sari apel. Meskipun biasanya penderita penyakit ini tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu asam dan pedas, namun cuka sari apel adalah pengecualian.

Cuka sari apel justru mampu membantu penyembuhan penyakit ini agar lebih cepat. Khasiat cairan ini diantaranya menurunkan suhu tubuh, mengurangi mual muntah serta diare. Membuatnya juga cukup mudah yaitu dengan mencampurkan setengah sendok cuka apel dengan satu gelas air minum hangat.

Untuk semakin memperbaiki rasanya maka Anda bisa menambahkan madu. Dengan rasanya yang cukup baik, maa cuka apel juga bisa menjadi obat tipes anak yang tepat. Namun, perhatikan bagaimana kecocokan cuka apel untuk penderita penyakit ini karena bisa saja tidak cocok. Jika memang tidak cocok, maka hentikan pemberiannya.

kompres air dinginKompres dengan air dingin

Untuk meredakan demam tinggi, perlu juga untuk mengompres dengan air dingin. Cara mengompresnya yaitu dengan merendam kain yang lembut ke dalam air dingin, bisa juga dengan handuk.

Setelah beberapa saat direndam, kemudian angkat dan peras, lalu letakkan pada bagian dahi atau ketiak. Jika yang terjadi adalah suhu tubuh sangat tinggi atau sangat panas, maka bisa juga dilakukan pengompresan pada telapak tangan atau kaki.

Lakukan penanganan ini secara teratur sampai demam yang dialami penderita cepat reda. Namun, meski pengompresan menggunakan air dingin, janganlah menggunakan air es. Air es justru bisa membuat demam yang terjadi menjadi lebih tinggi.

Selain memberikan penanganan dan pengobatan penyakit tipes di atas. Perhatikan juga makanan yang diberikan pada penderita penyakit ini. Berikan makanan yang bertekstur halus, tidak pedas, dan tidak asam.

Berikan makanan dengan intensitas lebih sering dalam jumlah sedikit-sedikit daripada makan banyak dalam sekali waktu. Hal ini dilakukan agar usus terasa lebih nyaman. Perhatikan juga kebersiha dan cukupkan istirahat. Baik pada orang dewasa maupun tipes pada anak memiliki gejala yang tak jauh berbeda maka penanganan dan pengobatannya pun sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *