tanda tanda menstruasi

Tanda Tanda Menstruasi Yang Mudah Diprediksi

Posted on

Kebanyakan wanita yang pertama kali mengalami haid atau menstruasi merasa kurang nyaman dengan hadirnya “tamu” bulanan ini. Intinya menstruasi dirasa cukup mengganggu sehingga mempengaruhi kondisi emosional. Hal ini terlihat ketika mendekati masa menstruasi mayoritas wanita mengalami fase emosional yang tidak stabil. Mudah marah dan uring-uringan.

Belum ada metode apapun yang dapat memastikan kapan menstruasi akan datang setiap bulannya. Namun ada tanda tanda menstruasi yang bisa diketahui untuk membantu Anda memperkirakan kedatangan menstruasi sekaligus memprediksi panjangnya siklus menstruasi.

Perubahan Emosi Drastis

Seperti yang diuraikan di atas terjadi perubahan emosi yang cukup ekstrim pada wanita menjelang menstruasi. Suasana hati tidak begitu bersahabat ketika menjalankan aktivitas, terlalu sensitif dengan kondisi sekitar dan terkesan lebih cengeng dari biasanya.

Selain suasana hati yang tidak stabil, biasanya wanita mengalami kesulitan tidur menjelang menstruasi. Bahkan untuk kondisi tertentu kadang wanita hilang konsentrasi dan sulit mengingat hal-hal yang sebenarnya sangat melekat dalam ingatannya.

Perubahan pada Perut

Tanda tanda haid umumnya ditandai dengan adanya masalah pada perut. Meskipun tidak semua wanita mengalaminya namun ada sebagian yang bermasalah dengan kondisi perutnya seperti kram, mual, sembelit hingga diare.

Selain beberapa hal tersebut, ada kalanya wanita memiliki keinginan kuat untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Kondisi ini mirip dengan wanita yang sedang ngidam. Pada waktu-waktu tertentu wanita juga mengalami perubahan nafsu makan menjelang masa haid.

Perubahan Hormon

Tanda tanda menstruasi berikutnya bisa terdeteksi dari beberapa perubahan anggota tubuh lainnya akibat perubahan hormon, salah satunya jerawat.

Karena perubahan hormon, banyak jerawat yang muncul di wajah menjelang atau saat menstruasi. Pada kasus tertentu wanita juga mengalami pembengkakan pada kaki maupun tangan.

Baca Juga:  Mudah! Cara Menghitung Siklus Haid dengan Tepat

Kondisi payudara juga terlihat seperti membengkak ditandai dengan ukuran puting yang lebih besar dari kondisi normal. Perubahan juga terjadi di area kewanitaan di mana rambut di area ini terlihat lebih tebal dan kasar. Perubahan lain yang sering muncul biasanya rasa pegal di punggung dan paha.

tanda tanda haidMuncul Keputihan

Menjelang menstruasi beberapa wanita juga mengalami keputihan. Hal ini ditandai dengan munculnya cairan atau lendir berwarna putih tidak berbau dari area kewanitaan.

Awalnya cairan tersebut berwarna putih namun lama-kelamaan berubah menjadi kecoklatan yang artinya sudah bercampur dengan darah.

Hal ini normal terjadi pada wanita menjelang haid, dan merupakan salah tanda tanda haid yang bisa diprediksi. Pada kondisi tersebut biasanya wanita disarankan menggunakan panty liner.

Cara Memperkirakan Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi bulan berikutnya juga bisa diperkirakan sendiri dengan mencatat di kalender. Caranya, perhatikan tanggal berapa ketika pertama kali dan terakhir kali masa haid Anda dapatkan. Dengan cara ini Anda dengan mudah memprediksi siklus menstruasi di bulan yang akan datang.

Secara umum haid atau menstruasi datang setiap 28 hari. Hanya saja setiap wanita memiliki siklus yang tidak sama. Jika pencatatan sudah dilakukan, maka sedikit banyak akan diketahui panjang siklus di bulan-bulan berikutnya. Ikuti caranya berikut ini:

  • Catat jumlah hari antara hari pertama periode mendapatkan menstruasi dan hari pertama periode bulan berikutnya. Angka yang dihasilkan adalah panjang siklus menstruasi. Biasanya hasilnya 28 hari namun siklus 25-35 hari masih bisa dibilang siklus yang normal.
  • Aliran (darah) menstruasi sendiri bisa berlangsung 2-7 hari namun rata-rata hanya 4 hari.
  • Wanita usia remaja atau 20 tahunan umumnya memiliki siklus menstruasi lebih panjang. Sedangkan wanita 30 tahun keatas siklusnya lebih pendek sementara wanita usia 40 tahun hingga menjelang menopause memiliki siklus menstruasi lebih pendek lagi.
Baca Juga:  Mengatasi Keputihan Saat Hamil Untuk Menghindari Prematur

Saat ini dengan adanya dukungan internet, tanda tanda menstruasi atau kedatangan haid lebih mudah diprediksi yaitu dengan menggunakan aplikasi. Meski tidak 100 persen akurat namun cukup membantu untuk mempersiapkan segala sesuatu menjelang menstruasi.

Demikianlah pembahasan mengenai tanda tanda haid yang bisa diprediksi oleh kaum wanita. Semoga dapat membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *