siklus menstruasi

Siklus Menstruasi Pada Wanita Sebagai Pendidikan Seks

Posted on

Pengetahuan mengenai organ reproduksi dan seksual merupakan pengetahuan yang penting untuk dimiliki oleh seseorang khususnya mulai usia remaja. Pengetahuan tersebut masuk dalam hal yang kita pelajari dalam pendidikan seks.

Pengetahuan tersebut akan membuat kita memiliki kesadaran akan fungsi-fungsi seksual, memahami masalah-masalah seksualitas, memahami faktor timbulnya masalah seksualitas, dan sebagainya.

Dari semua hal tersebut yang terpenting adalah sebagai sebuah upaya pencegahan terhadap berbagai masalah yang mungkin timbul terkait organ reproduksi dan seksual. Pengetahuan mengenai siklus menstruasi pada wanita termasuk dalam pengetahuan tersebut.

Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini di dalam masyarakat kita masih cukup dianggap tabu untuk membicarakan mengenai masalah organ reproduksi dan seksual, apalagi oleh remaja. Namun kita harus mulai menghilangkan anggapan tersebut karena nyatanya pendidikan tentang organ reproduksi dan seksual perlu untuk diberikan mulai usia remaja.

Tentang Siklus Menstruasi Pada Wanita

Seks artinya jenis kelamin yang membedakan wanita dan pria secara biologis. Jadi pendidikan seks bukan semata-mata membahas tentang hubungan seks saja.

Namun segala informasi mengenai seksualitas manusia seperti pertumbuhan jenis kelamin baik laki-laki maupun perempuan, fungsinya sebagai alat reproduksi, menstruasi, mimpi basah, perubahan hormon saat menginjak masa puber, dan sebagainya. Nah, kali ini kita akan sedikit mengulas tentang salah satunya yaitu siklus menstruasi wanita.

Pengetahuan tentang bagaimana siklus menstruasi pada wanita merupakan pengetahuan yang khususnya harus dipahami oleh setiap wanita. Menstruasi merupakan hal alami yang terjadi pada wanita yang mulai menginjak usia produktif.

siklus menstruasi wanitaDilihat dari proses biologisnya menstruasi merupakan proses luruhnya dinding rahim dan keluarnya darah beserta serpihan lapisan endometrium dari alat reproduksi wanita karena telur dalam rahim yang telah matang tidak dibuahi.

Ketika seorang wanita mulai mengalami menstruasi, artinya ia telah masuk dalam masa puber, masa dimana seorang wanita menginjak usia matang secara biologis.

Berbagai hal mungkin dialami oleh wanita dalam urusan menstruasi, salah satunya perubahan atau ketidakteraturan siklus haid. Walaupun tidak selalu, namun siklus haid yang bermasalah dapat menjadi tanda terjadinya masalah kesehatan pada tubuh Anda. Normalnya siklus menstruasi pada wanita terjadi selama 28 atau paling tidak rentang antara 25-35 hari.

Dalam siklus ini dibagi dalam 2 tahap yaitu pra ovulasi dan pasca ovulasi. Pra ovulasi terjadi dari hari pertama haid hingga ovulasi (lamanya biasanya sekitar 2 minggu atau 14 hari, namun bisa saja berbeda untuk tiap wanita).

Kemudian tahap pasca ovulasi yaitu dari ovulasi hingga haid berikutnya (tahap yang satu ini tetap dan sama rata-rata 14 hari atau rentang 10-16 hari).

Ovulasi sendiri merupakan proses pelepasan sel telur wanita dari ovarium menuju tuba fallopi untuk menunggu dibuahi oleh sperma pria. Masa ovulasi disebut pula dengan masa subur. Lamanya haid pada wanita adalah kisaran 3-7 hari.

Remaja perlu mengetahui bagaimana siklus menstruasi wanita salah satunya untuk memprediksikan bagaimana kondisi kesehatan organ reproduksinya juga kesehatan secara umum.

Saat terjadi ketidakteraturan siklus haid maka Anda patut curiga atas kondisi kesehatan tubuh Anda. Juga pada kondisi psikologis karena hal-hal seperti stres, banyak pikiran, terlalu sedih atau terlalu gembira juga sangat berpotensi mempengaruhi siklus mentruasi seorang wanita.

Jika sudah terjadi demikian maka remaja perlu untuk menceritakannya kepada orangtua. Begitu pula jika orangtua mengetahuinya maka perlu untuk mengajak anak memeriksakan diri ke dokter.

Sementara untuk orang dewasa ada pula manfaat lainnya yaitu untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan proses pembuahan melalui perkiraan masa subur. Begitu banyak manfaat mengetahui siklus menstruasi wanita dan juga berbagai pendidikan seks lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *