senam yoga pemula

5 Gerakan Senam Yoga Pemula untuk Anda

Gerakan Senam Yoga Pemula – Olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan olahraga secara rutin, tubuh kita akan terasa lebih sehat dan bugar. Berbagai rasa sakit pada tubuh seperti pegal dan pusing kadang dapat disebabkan karena kita kurang berolahraga.

Ada banyak jenis olahraga yang dapat kita lakukan. Selain olahraga tanding yang harus dilakukan dengan lawan main, Anda juga bisa melakukan olahraga sederhana yang dapat dilakukan sendiri di rumah.

Salah satu olahraga yang masuk dalam kelompok tersebut adalah yoga. Yoga adalah olahraga yang dapat dilakukan di rumah tanpa memerlukan peralatan khusus. Olahraga yoga juga dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kelenturan serta keseimbangan tubuh.

Selain itu, yoga memiliki efek yang dapat menenangkan pikiran sehingga Anda tidak mudah merasa stres. Tidak heran jika olahraga ini banyak dilakukan oleh para wanita dan pria karier yang bekerja di bawah tekanan.

Jika Anda belum pernah melakukannya sama sekali, Anda dapat mulai belajar yoga dengan melakukan gerakan senam yoga pemula.

Gerakan Senam Yoga Pemula

Gerakan yoga yang salah menjadi hal yang perlu diwaspadai. Bagi Anda yang belum berpengalaman dalam melakukan olahraga jenis ini hendaklah memulai dengan gerakan yoga yang dapat dilakukan oleh pemula.

Sebelum mulai melakukan senam yoga sebaiknya kita juga melakukan pemanasan terlebih dahulu seperti akan memulai olahraga lainnya. Pemanasan menjadi hal yang penting karena dapat menghindarkan kita dari cedera.

Oleh karenanya, jangan sepelekan pemanasan dan lakukan pemanasan dengan baik dan benar agar kita terhindar dari cedera yang tidak diinginkan.

Selain melakukan pemanasan, melakukan yoga yang baik adalah dengan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman terutama bagi Anda yang baru memulai. Hal ini menjadi hal yang sangat penting agar Anda dapat melakukan gerakan dasar yoga dengan baik dan benar.

Baca Juga:  Akibat Memakai Behel: Akibat Positif dan Akibat Negatif

Jika Anda sudah menguasai gerakan dasar dengan baik dan benar, Anda dapat melakukan gerakan yoga tingkat yang lebih tinggi dengan lebih mudah.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan gerakan apa saja yang dapat dilakukan oleh pemula pada senam yoga, berikut beberapa gerakan diantaranya.

mountain pose
image : yogabasics.com

Mountain pose

Senam yoga pemula yang pertama adalah mountain pose. Jika dilihat, pose ini sangat sederhana. Hampir siapa saja dapat melakukannya. Hanya saja, tidak semua orang dapat melakukan postur ini dengan baik dan benar.

Jika Anda berhasil melakukan gerakan ini dengan baik dan benar, Anda akan merasakan perubahan postur tubuh Anda karena gerakan ini sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh serta kemampuan keseimbangan Anda.

Adapun cara melakukan gerakan ini cukup sederhana. Anda hanya harus berdiri tegap dengan tumit yang terpisah dan tangan yang berada di samping badan. Pastikan tulang selangka Anda terentang dan kepala tegap sejajar bahu (tidak menunduk).

Posisikan dagu sejajar lantai dan panggul serta punggung tidak melengkung (dalam posisi netral). Tahan gerakan sederhana ini selama 30 detik sampai dengan 1 menit.

Downward facing dog

Gerakan kedua yang dapat dilakukan adalah downward facing dog. Gerakan satu ini sangat bermanfaat untuk meregangkan bagian otot lengan, kaki, punggung, dan dada. Pose ini juga bekerja untuk meregangkan tubuh bagian atas dengan baik.

Cara melakukan pose yang menyerupai segitiga ini cukup mudah. Pertama, Anda mengambil pose seperti merangkak. Setelah itu, Anda bisa menekan telapak dan jari kaki ke lantai.

Selanjutnya, letakkan tangan Anda ke depan melebihi bahu. Ambil napas, kemudian luruskan kaki. Angkat bagian pantat Anda dan dorong bagian tumit sampai menempel lantai.

Baca Juga:  Apa Itu Ejakulasi Dini dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Buat kepala Anda rileks dan tahan gerakan sampai dengan 3 menit sesuai kemampuan.

image : ekhartyoga.com

Pose warrior

Pose warrior adalah pose yang dilakukan dengan memisahkan kaki setidaknya 4 langkah. Setelah itu, tekuk salah satu kaki sampai 90 derajat sampai kaki satunya tertarik kurus.

Buat bahu menjadi lebih santai, kemudian rentangkan tangan kesamping dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah. Lakukan gerakan ini selama 1 menit. Setelah itu, Anda bisa mengganti posisi pada sisi yang berbeda.

Pose tree

Selain tiga pose di atas, ada juga gerakan yang dinamai dengan tree pose. Gerakan ini akan melatih konsentrasi serta keseimbangan Anda. Caranya dengan menekuk salah satu kaki dan tempatkan pada paha kaki sisi lainnya.

Seimbangkan tubuh Anda saat melakukan gerakan tersebut. Setelah seimbang, atur napas dan angkat tangan ke atas dengan telapak tangan saling berhadapan satu dengan lainnya namun tidak sampai menyentuh. Jaga pose beberapa saat kemudian ganti pose dengan sisi lainnya.

image : drkoop.com

Pose jembatan atau bridge

Pose ini dapat dilakukan dengan meregangkan tulang paha dan dada. Pertama Anda harus berbaring dilantai dengan kaki ditekuk dan posisi kaki sejajar. Tempatkan tangan Anda pada samping tubuh dan mulai rileks-kan badan. Setelah itu, Anda bisa mengangkat pinggul Anda sampai bagian dada. Tahan gerakan ini sampai 1 menit.

Selain 5 gerakan yang terbilang sederhana di atas, ada juga gerakan dasar lainnya yang dapat Anda pelajari. Walaupun terkesan sederhana, Anda akan merasa sangat lelah dan dapat membakar kalori jika dilakukan dengan baik dan berat.

Jika Anda menggunakan jasa trainer, pastikan Anda memilih trainer yang sudah jelas dan bersertifikat agar keamanan gerakan yang Anda lakukan terjamin terutama bagi pemula. Mari berolahraga agar kita dapat memiliki tubuh bugar dan sehat sehingga dapat melakukan aktivitas setiap hari dengan semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *