sering buang air kecil

Penyebab Sering Buang Air Kecil Yang Normal dan Tidak

Posted on

Terlalu banyak minum atau suhu udara yang terlalu dingin kadang membuat kita sering buang air kecil. Namun bagaimana jika kedua hal tersebut dirasa tidak kita alami namun sering buang air kecil terjadi? Maka Anda perlu untuk waspada. Pasalnya beberapa penyakit memiliki gejala atau ciri-ciri seringnya buang air kecil.

Jika Anda mengalami gangguan ini maka pertama-tama perkirakan dulu apakah Anda terlalu banyak minum atau suhu udara sekitar Anda sedang dingin.

Selain kedua penyebab sering buang air kecil tersebut hal lainnya mungkin menjadi penyebabnya adalah karena jenis minuman yang beberapa waktu terakhir Anda minum seperti kopi atau teh. Beberapa minuman memang bisa menjadi penyebab Anda sering ke toilet.

Maka kurangi intensitas konsumsi minuman-minuman tersebut. Selain kopi dan teh hindari pula alkohol, minuman berkarbonasi, produk berbasis tomat, pemanis buatan, coklat, dan makanan pedas. Berbagai minuman dan makanan tersebut juga bisa menjadi penyebabnya.

Jika tetap terjadi masalah buang air kecil maka segeralah periksakan diri ke dokter.

Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Perlu Diwaspadai

Jika penyebabnya memang karena terlalu banyak minum atau cuaca yang dingin Anda bisa bernafas lega. Namun jika bukan maka Anda perlu waspada tentang kemungkinan penyebab sering buang air kecil yang Anda alami.

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa juga menjadi penyebab seringnya buang air kecil beserta gejala lainnya. Bukan untuk menakuti namun agar Anda lebih waspada dan sigap dalam menangani hal-hal yang kadang dianggap sepele seperti mengalami seringnya buang air kecil.

penyebab sering buang air kecilInfeksi saluran kemih

Jika Anda mengalami sering buang air kecil dengan dibarengi demam dan rasa tak nyaman juga nyeri sekitar perut maka bisa jadi infeksi saluran kemih yang menjadi penyebabnya. Infeksi saluran kemih merupakan sebuah kondisi di mana organ-organ sistem kemih diantaranya ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra mengalami infeksi.

Baca Juga:  Begini Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dengan Cepat

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja namun wanita lebih rentan karena wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek.

Masalah pada ginjal

Lebih spesifik lagi dari sistem kemih, penyebab sering ke toilet bisa jadi adalah adanya infeksi ginjal yang gejala lainnya adalah seperti sakit punggung, sakit pada pangkal paha, diare, demam, mual, muntah, dan sebagainya. Selain infeksi ginjal, bisa juga karena terjadi masalah lain pada organ ginjal misalnya batu ginjal.

Untuk batu ginjal gejala lainnya adalah air kencing yang keluar sedikit-sedikit disertai rasa nyeri, sakit perut bagian bawah, adanya darah dalam urine atau warna urine yang lebih gelap.

Diabetes

Sering buang air kecil juga bisa menjadi tanda Anda terserang penyakit diabetes. Ketika mengalami diabetes, tubuh akan berusaha membersihkan glukosa yang tak terpakai dalam urine maka selanjutnya Anda selalu ingin buang air kecil.

Gangguan prostat

Pada lelaki, biasanya yang sudah lanjut usia seringkali terjadi pembesaran kelenjar prostat. Prostat merupakan sebuah kelenjar yang fungsinya mengatur peredaran air seni dan air mani.

Ketika kelenjar ini membesar maka akan menekan uretra atau saluran kemih dan menghambat pengeluaran air seni. Kemudian dinding kandung kemih akan mengalami iritasi sehingga kandung kemih mudah berkontraksi meskipun hanya terdapat sedikit urine. Munculah rasa ingin buang air kecil yang menjadi penyebab sering kencing walaupun sedikit.

Faktor psikologis

Masalah kesehatan tak melulu karena fisik, sering juga karena faktor psikologis. Kecemasan berlebihan, stress, dan masalah psikologis lainnya bisa menjadi penyebab sering buang air kecil.

Jika sering kencing dibarengi dengan jantung berdebar, berkeringat, otot tegang, sulit tidur, mudah marah, sakit punggung, gemetar,dan lainnya maka bisa jadi psikologis Anda penyebabnya. Tentu Anda pun harus mengatasinya dengan menenangkan pikiran dan jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *