penyebab haid tidak teratur

Penyebab Haid Tidak Teratur & Pengaruhnya Pada Kesuburan

Posted on

Ketika terjadi peluruhan selaput lapisan rongga rahim (endometrium) maka wanita dikatakan mengalami haid atau menstruasi. Umumnya kondisi ini diikuti keluarnya darah dari organ intim.

Secara singkat ini terjadi akibat ovarium telah mengurangi sekresi hormon, mengurangi stimulasi endometrium, juga karena sel-sel mati dan mengelupas.

Umumnya siklus haid berlangsung 28 hari namun ada juga yang lebih panjang atau lebih pendek. Siklus tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor emosi dan faktor-faktor lain yang memiliki peran krusial dalam perubahan siklus haid.

Ada kalanya wanita mengalami haid yang tidak lancar. Dikatakan tidak lancar jika wanita memiliki siklus haid kurang dari 21 hari atau malah lebih dari 35 hari. Salah satu penyebab haid tidak teratur tersebut adalah ketidakseimbangan hormon.

Biasanya tanda-tanda haid tidak teratur yaitu volume darah haid yang keluar hanya sedikit atau bahkan lebih banyak dari kondisi normal. Beberapa kondisi tersebut biasanya menjadi patokan haid tidak teratur.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ketidakseimbangan hormon bisa menjadi penyebab haid tidak teratur.

Kadang haid datang rutin satu bulan sekali namun di bulan berikutnya sama sekali tidak mendapatkan haid. Kondisi seperti itu jelas akan menimbulkan kecemasan pada wanita karena konon haid yang tidak teratur mengindikasikan wanita yang sulit hamil.

Memang benar, wanita yang sering mengalami keterlambatan haid atau haid terlalu cepat biasanya mengalami gangguan seputar kesuburan. Hal inilah yang perlu diwaspadai mengingat besar kemungkinan haid tidak teratur bisa berujung kemandulan.

Beberapa hal yang patut diwaspadai terkait penyebab haid tidak teratur yaitu:

  • Ketidakseimbangan hormon
  • Alat kontrasepsi (pil KB)
  • Kegemukan (obesitas)
  • Kelelahan
  • Gangguan tiroid
  • Gangguan pada organ kandungan
  • Terlalu banyak aktivitas
  • Diet
  • Periode menopause
  • Stress
Baca Juga:  Mengatasi Keputihan Saat Hamil Untuk Menghindari Prematur

Beberapa hal tersebut di atas sangat mempengaruhi siklus haid sehingga menyebabkan haid tidak teratur.

Bukan hanya dari faktor fisik, stress dan emosional dapat merubah siklus haid. Bisa jadi satu siklus haid dipersingkat atau bahkan haid datang 2 kali dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama.

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Untuk mendapatkan haid yang normal ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

  • Jaga pola hidup sehat dan pola makan sehat. Secara umum ketidakseimbangan hormon tubuh disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi. Perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah segar seperti nanas dan pepaya.
  • Hindari stress. Stress membawa dampak buruk untuk kesehatan fisik sehingga menganggu kesehatan. Untuk haid yang tetap lancar hindari stress berlebihan.
  • Jaga berat badan. Diet ketat menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur. Sebaliknya obesitas atau kegemukan juga bisa menimbulkan efek yang sama. Untuk mendapatkan berat badan ideal sebaiknya rajin berolahraga dibarengi dengan mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih.
  • Istirahat cukup. Haid yang tidak teratur sangat dipengaruhi kondisi fisik. Fisik yang terlalu lelah tentu saja menyebabkan haid tidak teratur. Untuk itu sebaiknya tubuh cukup mendapat istirahat minimal dengan tidur 8 jam sehari.
  • Berkonsultasi dengan dokter. Jika berbagai upaya dilakukan namun haid tetap tidak teratur sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberi solusi paling tepat untuk kasus tersebut sekaligus memastikan apakah masalah haid yang tidak teratur berpengaruh pada kesuburan atau tidak.

Apapun penyebab haid tidak teratur tentunya harus segera diantisipasi sejak dini.

Artinya haid tidak teratur jangan dibiarkan berlarut-larut yang pada akhirnya berpengaruh buruk pada kesuburan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *