penyebab haid tidak lancar

Antara Penyebab Haid Tidak Lancar & Kanker Serviks

Posted on

Wanita memiliki siklus haid berbeda-beda setiap bulannya. Selain fase haid yang tidak sama, wanita ada yang mengalami haid yang lancar namun ada juga yang tidak lancar. Dikatakan haid lancar atau normal jika siklus haid antara 21 sampai 35 hari. Lama haid 5 hingga 7 hari dengan jumlah darah di bawah 80 ml.

Wanita dikatakan mengalami haid tidak lancar atau abnormal biasanya ditandai adanya perbedaan yang cukup signifikan pada volume darah dan terjadi pada rentang siklus haid yang lebih pendek atau bahkan lebih panjang.

Nah, apa sebenarnya penyebab haid tidak lancar dan apakah benar ada hubungannya dengan kanker serviks?

Penyebab Haid Tidak Lancar

Faktor penyebab haid tidak lancar bisa dikaitkan dengan banyak hal, misalnya wanita terlalu banyak beraktivitas, stress, dan kelelahan.

Namun jika haid yang tidak lancar terjadi dalam jangka panjang maka perlu diwaspadai karena ada kemungkinan penyebabnya adalah beberapa penyakit berikut ini.

Polycystic Ovaries (PCO)

Polycystic Ovaries adalah semacam kista yang tumbuh di rahim yang membuat wanita mengalami gangguan kesuburan. Gejala yang sering muncul yaitu haid tidak teratur atau jarang dan dengan volume darah yang sedikit. Jika hal ini berlangsung lama biasanya penderita akan mengalami pendarahan. Solusinya hanya pengobatan jangka panjang atau melalui jalan operasi.

Kista Ovarium

Kista ovarium juga disebut-sebut penyebab haid tidak teratur. Kista ovarium berupa tumor jinak yang menyerang wanita sehingga menyebabkan gangguan menstruasi. Pada kasus yang lain haid yang terganggu juga disebabkan oleh kista follikel.

Jika haid tidak teratur disertai nyeri hebat ada kemungkinan kista semakin membesar. Pemeriksaan medis tentu sangat dibutuhkan untuk tindakan lebih lanjut.

Polip

Ketika menstruasi diikuti dengan pendarahan berlebihan hampir bisa dipastikan itu adalah gejala polip. Meski untuk siklus menstruasi tergolong teratur sekalipun.

Tanda-tanda berikutnya terjadi perdarahan setelah melakukan hubungan intim. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami kondisi seperti gejala polip diatas.

Kanker Serviks

Kanker serviks atau kanker rahim disinyalir juga menjadi penyebab haid tidak teratur. Kasus kanker serviks bisa berawal dari siklus menstruasi yang jarang namun sebaliknya untuk penderita kanker serviks stadium lanjut umumnya mengalami perdarahan dengan volume darah lebih banyak.

Gejala kanker serviks tidak hanya ditandai haid tidak lancar tapi untuk memastikannya perlu serangkaian test, misalnya tes pap smear.

penyebab menstruasi tidak lancar

Haid Tidak Teratur Bukan Berarti Menderita Kanker Serviks

Terganggunya siklus haid banyak sekali penyebabnya seperti ketidakseimbangan hormon, kelainan organic, atau kelainan fungsi rahim yang belum diketahui penyebabnya. Jadi perlu digarisbawahi, wanita yang mengalami haid tidak teratur tidak harus dinyatakan menderita kanker serviks.

Meskipun begitu sebuah penelitian menemukan bahwa wanita berusia 50 tahun yang memiliki riwayat haid tidak teratur berisiko tinggi terhadap kanker serviks.

Hal ini karena mayoritas keluhan atau gejala kanker serviks banyak ditemukan pada wanita ketika memasuki usia menopause dengan gejala sering mengalami perdarahan.

Wanita yang sering mengalami perdarahan meskipun belum memasuki usia menopause pada kasus ini juga perlu waspada. Ada kemungkinan kondisi tersebut adalah tanda-tanda kanker serviks.

Untuk memastikannya tentu saja hanya melalui pemeriksaan medis. Tindakan preventif ini sangat dibutuhkan sekaligus untuk pencegahan dini kanker serviks atau kanker leher rahim.

Kanker serviks bisa jadi adalah penyebab haid tidak lancar meskipun tidak bisa dipastikan hanya dengan mengacu pada siklus haid yang tidak teatur. Jadi pemeriksaan medis adalah langkah paling efektif untuk mendeteksi kemungkinan seorang wanita menderita kanker serviks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *