benjolan di ketiak kiri

Penyebab dan Cara Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Cara Menghilangkan Benjolan di Ketiak – Saat mandi atau tengah memakai baju, pernahkah meraba ketiak Anda? Apakah Anda menemukan sebuah kejanggalan, seperti benjolan misalnya? Jika iya, segeralah ketahui apa yang terjadi dengan tubuh Anda sesegera mungkin

Terkadang, benjolan muncul tanpa Anda sadari. Penyebabnya pun beragam, namun memang umumnya benjolan terjadi karena terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening yang terdapat di bawah ketiak. Meski memang tidak semua benjolan berasal dari kelenjar getah bening.

Jika menemukan tanda-tanda benjolan sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter. Apalagi, jika benjolan sudah menimbulkan ketidaknyamanan dan menyakitkan. Sebab, banyak kemungkinan yang terjadi pada kasus seperti ini.

Mengapa bisa tumbuh benjolan di ketiak?

Benjolan kecil di ketiak maupun yang tumbuh membesar bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, seperti pembengkakan kelenjar getah bening, kista, abses, masalah hormon, lipoma, kanker, hingga yang paling ringan alergi. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai penyebab benjolan di ketiak:

penyebab benjolan di ketiak

Pembengkakan kelenjar getah bening

Jika mendengar seseorang yang memiliki benjolan di ketiak kiri atau kanan pasti banyak orang lainnya yang menyimpulkan, bahwa ia terkena pembengkakan kelenjar getah bening.

Memang penyebab yang paling umum dari terjadinya bejolan pada ketiak adalah pembengkakan kelenjar getah bening.

Namun, sebenarnya getah bening tidak hanya ada pada ketiak saja, melainkan tersebar di beberapa tempat di seluruh bagian tubuh, ada yang di leher, di paha, dan sebagainya. Kelenjar getah bening akan membengkak, ketika organ tersebut mengalami infeksi.

Khusus untuk pembengkakan di daerah ketiak, indikasi infeksinya biasanya ada pada tempat lain disekitarnya, umumny pada payudara, lengan, atau sistemik yang melibatkan seluruh bagian tubuh.

Cara paling mudah untuk mengetahui penyebab benjolan di ketiak secara sederhana adalah dengan menekan benjolan, apakah benjolan yang sakit hanya disalah satu ketiak atau keduanya.

Jika terjadi hanya pada salah satu bagian, misalnya benjolan di ketiak kiri atau benjolan di ketiak kanan kemungkinan terdapat masalah pada payudara, demam, tanda akan munculnya bisul, atau hanya goresan.

Sedangkan, jika benjolan di ketiak ada di dua sisi, kemungkinan besar terjadi infeksi virus Epstein-Barry, terinfeksi parasit yang menyebar melalui kotoran kucing, sakit tenggorokkan, demam ringan, atau infeksi bakteri lainnya.

benjolan di ketiak kanan

Kista

Selama ini banyak orang mengetahui kista hanya menyerang perempuan dan hanya terjadi pada ovaruium. Padahal kista bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan dan bisa menyerang bagian tubuh mana saja.

Kista adalah tumor jinak yang terbungkus semcam selaput jaringan yang paling sering ditemui di tubuh manusia. Bentuknya hampir mirip seperti anggur dengan daiameter yang beragam. Isinya ada yang berupa cairan, udara, nanah, hingga bahan lainnya.

Baca Juga:  13 Cara Mengusir Lalat Menggunakan Barang di Rumah

Abses atau penimbunan nanah

Berbeda dengan bisul, benjolan nonkanker yang satu ini berasal dari kelenjar minyak berlebih. Ukurannya kecil dan tumuh secara lambar. Cirinya terdapat bintik hitam pada bagian tengah benjolan.

Awal mula benjolan kecil di ketiak ini muncul tidak terasa sakit, namun saat ada bakteri masuk dan mulai berkembang biak di dalamnya, maka terjadilah yang dinamakan abses.

Abses terjadi ketika di dalam kista terdapat penumpukan nanah dan lama kelamaan tertimbun. Sementara itu, kulit bagian luar benjolan akan berwarna kemerahan. Ini terjadi karena adanya proses peradangan.

Abses sejatinya tidak melulu didahului oleh kemunculan kista, melainkan juga bisa terjadi secara langsung. Baik kista ataupun abses, keduanya disebabkan karena penggunaan antiperspirant yang berlebihan atau proses mencukur bulu ketiak yang salah dan tidak steril.

benjolan kecil

Lipoma

Benjolan yang tidak menimbulkan rasa sakit berlebihan dan teksturnya sangat lunak bisa juga disebabkan karena Lipoma. Lipoma adalah benjolan kecil pada ketiak yang tumbuh secara lambat di antara lapisan kulit dan otot.

Ciri lipoma adalah apabila Anda tekan dengan jari, benjolan ini bisa bergerak atau bergeser. Lipoma biasanya dalami oleh orang paruh baya dan bisa diatasi dengan melakukan tindakan pembedahan apabila mengganggu aktivitas.

Kanker

Benjolan di ketiak kanan atau kiri yang perlu diwaspadai apabila benjolan terasa sangat keras dan tidak bergerak saat disentuh. Ditambah lagi, Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kanker payudara.

Besar kemungkinan ini adalah gejala awal dari kanker payudara. Selain itu, pembengkakan kelenjar getah bening yang sebelumnya telah dijelaskan juga erlu diwaspadai sebagai gejala awal dari adanya kanker getah bening.

berjalan

Hormon

Benjolan di ketiak juga kerapkali dikeluhkan oleh perempuan yang tengah berada dalam masa mestruasi. Salah satu yang paling dicurigai karena timbulnya timur jinak mammary dysplasia yang muncul karena hormon yang timbul saat siklus menstruasi.

Benjolan ini akan membesar menjelang menstruasi dan baru akan menghilang setelah mestruasi selesai, kira-kira sekitar 5-7 hari paska menstruasi.

Tidak hanya pada wanita, pria juga bisa mendapatkan benjolan pada ketiak karena hormone. Pada beberapa pria, produksi hormon tiroid yang berlebihan juga bisa menyebabkan benjolan pada ketiak. Namun, akan menghilang dengan sendirinya, jika tiroid normal kembali.

Alergi

Benjolan pada ketiak bisa juga disebabkan oleh hal yang paling biasa Anda temui, yaitu terkena alergi. Apabila pada benjolan terasa gatal, maka besar kemungkinan benjolan ini karena alergi.

Baca Juga:  Begini Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dengan Cepat

Biasanya, hal ini terjadi karena alergi terhadap makanan atau jenis obat-obatan tertentu. Jika hal ini terjadi, disarankan untuk segera menghubungi dokter atau bisa juga dengan meminum obat alergi yang banyak tersedia di pasaran.

cara menghilangkan benjolan di ketiak

7 Cara Menghilangkan Benjolan di Ketiak Secara Alami

Berbagai penyebab benjolan yang telah dijelaskan pada sub sebelumnya bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Memang tak nyaman bagi banyak orang yang merasakannya, terutama bagi perempuan yang mengira kuat bahwa benjolan tersebut merupakan pertanda kanker payudara.

Kekhawatiran ini sah-sah saja dialami banyak orang dan tidak ada salahnya. Namun, sebaiknya tidak diikuti dengan rasa panik yang berlebihan dan menimbulkan asumsi-asumsi sendiri.

Oleh karenanya, penting juga untuk mencari tahu sebanyak-banyaknya perihal benjolan yang terjadi pada ketiak dan cara mengatasi atau menghilangkannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah sejumlah cara menghilangkan benjolan di ketiak kiri dan kanan yang cukup ampuh yang bisa dilakukan banyak orang. Yuk, simak!

1. Menggunakan jus lemon

lemonLemon merupakan buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C yang kerap digunakan sebagai peutih alami kulit.

Tak hanya itu, sifat anti inflamasi pada lemon dapat dikategorikan sangat tinggi, karenanya jus lemon juga dipercaya mampu mengurangi pembesaran benjolan yang terjadi pada ketiak. Bahkan, jika benjolan disertai rasa sakit. Caranya:

  • Celupkan kapas pada jus lemon segar
  • Aplikasikan langsung pada benjolan ketiak
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit
  • Bilas ketiak menggunakan air hangat
  • Ulangi proses ini selama 2-3 kali sehari sampai benjolan mengempis

Penggunaan jus lemon ini bisa juga diminum sebagai penyembuhan dari dalam. Anda hanya perlu mencampurkan perasan lemon dan 1 sendok madu asli, kemudian campurkan dengan segelas air hangat. Minum secara rutin setiap 2 kali sehari.

teh hijau2. Rutin meminum teh hijau

Sejak lama teh hijau sudah dipercaya mampu mengatasi berbagai permasalahan dalam hal kesehatan dan kecantikan. Hal ini karena teh hijau memiliki kadar anti oksidan yang sangat tinggi di dalamnya. Anti oksidan ini senantiasa mampu menangkal segala bentuk radikal bebas di dalam tubuh. Caranya:

  • Seduh teh hijau seperti menyeduh teh biasanya
  • Jangan tambahkan gula. Jika ingin menambahkan pemanis, pilihlah madu asli 1 sebanyak satu sendok the sebagai pemanisnya.
  • Minumlah 2-3 kali seminggu

Teh hijau biasanya banyak dijual di toko obat atau di supermarket. Jika Anda menyukai yang tradisional, Anda juga bisa memilih teh hijau bubuk.

3. Mengkonsumsi atau megolesi ketiak dengan vitamin E

Baca Juga:  Kenali Lebih Dekat Tentang Laju Endap Darah Tinggi

vitaminVitamin E merupakan salah satu vitamin yang paling banyak dibutuhkan oleh kulit manusia.

Benjolan pada ketiak juga bisa diatasi oleh vitamin E, baik yang dikonsumsi secara langsung, yang terdapat dalam buah-buahan, maupun mengolesinya pada benjolan sebagai obat luar. Cara pengobatan dari luar:

  • Sediakan minyak atau cairan vitamin E, biasanya sudah tersedia di apotek-apotek
  • Ambillah beberapa tetes menggunakan pipet
  • Oleskan ke area benjolan dan pijat perlahan selama beberapa menit
  • Lakukanlah treatment ini 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Biasanya dalam beberapa minggu benjolan akan menghilang dengan sendirinya

madu4. Mengoleskan madu

Manfaat madu memang sangat banyak dan diminati banyak orang untuk banyak pengobatan. Pilihlah madu asli untuk treatment ini agar hasilnya sempurna. Caranya:

  • Oleskan madu asli menggunakan tangan atau kuas pada benjolan dan sekitar ketiak Anda
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit
  • Setelahnya, bilas dnegan air hangat
  • Untuk hasil maksimal, Anda bisa mengaplikasikannya secara rutin setiap 2-3 kali sehari

Madu asli bisa juga digunakan untuk pengobatan dari dalam dengan cara mencampurkan madu 1 sendok teh dengan air hangat. Minumlah 3 kali sehari selama beberapa minggu hingga benjolan mengempis.

5. Kompres dengan air hangat

air hangatCara paling mudah untuk mengatasi benjolan adalah dengan mengompresnya. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana dan paling mudah dilakukan.

Cara ini juga merupakan cara tradisional yang sering dilakukan orang zaman dulu. Pasalnya suhu panas yang dihasilkan dari kompresan akan meningkatkan sirkulasi darah di sekitaran benjolan, sehingga dipercaya mampu mengurnagi benjolan pada ketiak.

Mengompres benjolan juga mampu mengatasi rasa sakit yang timbul pada benjolan.

lidah buaya6. Menggunakan lidah buaya

Tidak perlu lagi diragukan khasiat tanaman ajaib yang satu ini. Untuk urusan kesehatan kulit dan perawatan wajah, khasiat lidah buaya memang sudah terkenal luar biasa. Caranya:

  • Potong lidah buaya menjadi beberapa bagian
  • Kupas bagian luarnya dan ambil gel di dalamnya. Pastikan Anda mengambil tanaman yang masih segar, agar gel memiliki kualitas terbaik
  • Oleskan langsung gel lidah buaya pada benjolan dan sekitar benjolan
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Bilas ketiak menggunakan air dingin

7. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa juga dikenal berkhasiat. Anda hanya tinggal megoleskan minyak kelapa yang banyak dijual di pasaran, kemudian pijat perlahan. Lakukan secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *