penyebab tekanan darah rendah

Penyebab dan Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah – Darah adalah hal yang sangat penting untuk memompa jantung dan menggerakan seluruh jaringan pada tubuh. Maka dari itu sangat penting sekali untuk menjaga kestabilan darah dalam tubuh Anda.

Tekanan darah rendah biasanya menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi karena kurangnya tekanan darah pada dinding pembuluh darah.

Biasanya penyakit ini mempengaruhi kondisi kesehatan di dalam tubuh, dan tentunya berpengaruh pada penurunan fungsi di beberapa organ tubuh. Permasalahan darah rendah ini biasanya disebut dengan Hipotensi.

Tekanan darah rendah dapat menyerang segala usia dan tentunya memiliki jangka waktu yang berbeda. Ada beberapa orang yang dapat langsung sembuh selama beberapa saat, namun ada yang menjadi penyakit setiap tahun dan sulit untuk disembuhkan.

cara mengatasi tekanan darah rendah

Penyebab tekanan darah rendah sangatlah banyak, dan biasanya berkaitan erat dengan kebiasaan sehari-hari yang tidak menguntungkan bagi tubuh.

Apabila Anda mengalami tekanan darah yang rendah ini, maka dipastikan bahwa Anda harus mulai mencari tahu cara mengatasi tekanan darah rendah dan mulai mengatur pola makan Anda.

Tekanan darah yang rendah ini sebenarnya dapat dilihat gejala yang muncul di dalam tubuh seseorang. Beberapa akan memiliki gejala seperti kebingungan, lalu hal yang paling buruk adalah pingsan karena shock yang diderita oleh pasien.

Maka dari itu jika Anda sudah melihat atau merasakan gejala dari darah rendah harap segera melakukan konsultasi agar tidak timbul hal yang semakin buruk.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Dengan Mengetahui Penyebabnya

Beberapa penyebab tekanan darah dapat kita ketahui dan ada baiknya untuk dihindari sebelum tekanan darah rendah terjadi pada tubuh Anda.

Penyebab ini berbeda untuk masing-masing orang karena memang pola setiap individu berbeda-beda. Beberapa penyebab tekanan darah rendah tersebut dapat Anda ketahui seperti di bawah ini :

Cuaca

Ternyata tanpa Anda ketahui cuaca yang sangat panas dapat menyebabkan tekanan darah yang rendah. Hal ini terjadi pada siapa saja tanpa terkecuali, baik Anda sedang berada dalam tubuh yang rileks atau bahkan saat aktif berolahraga.

Maka dari itu, ada baiknya apabila cuaca sedang panas, Anda menggunakan penutup kepala atau misalnya saja topi sebagai cara mengatasi tekanan darah rendah yang paling mudah Anda lakukan.

sarafPenyakit saraf

Biasanya tentu orang yang sudah sedikit berusia produktif sekitar 30 tahun ke atas sudah sangat rawan terkena penyakit saraf karena padatnya aktivitas. Penyakit saraf ini termasuk salah satu penyebab tekanan darah yang rendah masuk ke dalam sistem saraf tersebut.

Apabila hipotensi ini terjadi maka akan terdapat sedikit gangguan pada pengaturan beberapa organ tubuh dalam apalagi yang berhubungan dengan pengendalian tekanan darah seperti jantung.

Baca Juga:  Berbagai Penyebab Kemandulan Pada Pria

Anemia

sel darah merahAnda pasti pernah mendengar tentang anemia. Anemia sering disebut juga dengan kekurangan darah, salah satu efeknya adalah tubuh yang lemas dan sulitnya melakukan gerak secara lincah.

Hipotensi atau tekanan darah yang rendah dapat berasal dari penyakit ini. Anemia memiliki kondisi minimnya kandungan hemoglobin atau satu zat darah yang rendah, maka dari itu kekurangan darah ini akan memicu tekanan darah dalam tubuh.

Sebelum menggunakan Obat tekanan darah rendah, ada baiknya Anda mencari obat penambah darah yang aman bagi tubuh.

kurang cairanKurang cairan

Kurangnya cairan atau dehidrasi di dalam tubuh akan membuat tubuh memiliki suhu yang cukup panas. Selain itu kekurangan cairan ini ternyata bisa terjadi saat Anda diare atau melakukan puasa.

Kondisi dehidrasi ini tidak menguntungkan bagi tekanan darah Anda, apabila tubuh Anda sangat berpengaruh dan tidak terbiasa dengan minimnya cairan di dalam tubuh Anda.

Maka dari itu sangat dianjurkan, apabila Anda sedang dalam keadaan melakukan puasa dan terkena diare, untuk langsung melakukan konsultasi ke dokter demi penanganan yang terbaik.

obat tekanan darah rendah

Salah minum obat

Salah meminum obat, atau terkena efek samping dari obat. Terdapat beberapa pengobatan yang memiliki efek samping yaitu darah rendah.

Anda dapat memberitahukan kepada dokter ketika Anda sakit, bahwa Anda terkena darah rendah untuk pemberian obat lainnya yang lebih aman. Biasanya obat yang dapat memiliki efek samping tersebut adalah obat depresi, obat deuretik, dan beberapa obat yang lainnya.

Beberapa cara di atas adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah adanya tekanan darah yang tidak stabil pada tubuh Anda. Anda harus mengetahui bahwa mengatur pola konsumsi Anda dapat membantu mengurangi datang tekanan darah yang tidak stabil.

Pilihlah obat yang aman juga untuk tubuh Anda, jika sudah merasakan beberapa gejala darah rendah.

Cara Menaikkan Tekanan Darah Dengan Sehat

Setelah mengetahui penyebab tekanan darah rendah yang dapat Anda hindari, Anda dapat mulai menggunakan beberapa cara menaikkan tekanan darah dengan sehat, yang dapat Anda lakukan di rumah.

Tentunya hal ini dapat menggunakan bahan yang ada di sekitar Anda seperti buah dan sayuran. Bahan-bahan yang mudah digunakan tidak akan membuat Anda kerepotan ketika harus membuatnya sendiri di rumah.

kopi– Kopi dengan kafein yang kuat dapat menjadi pilihan untuk Anda yang suka dengan kopi. Tekanan darah rendah yang paling awal memiliki gejala kepala yang sedikit pusing. Kopi yang mengandung kafein perlu Anda ketahui dapat menstabilkan setiap tekanan darah pada tubuh Anda.

Tidak heran jika banyak sekali orang yang menyukai kopi dengan kafein yang cukup kuat.

Baca Juga:  Mengenal Manfaat dan Kandungan Obat Lansoprazole

buah bit– Apakah Anda pernah mengetahui buah bit? Apabila di sekitar Anda terdapat toko yang memiliki buah ini, maka Anda dapat membuat jus dan meminumnya. Sama seperti kopi, buah bit memiliki khasiat untuk membuat tekanan darah menjadi stabil.

– Meminum teh dalam keseharian Anda, akan membantu sebagai cara menaikkan tekanan darah Anda. Namun bukan sembarang teh saja yang dapat Anda minum, biasanya Anda dapat menggunakan licorice yang dapat menstabilkan darah dan kandungan di dalamnya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan.

– Kismis. Buah kering yang satu ini biasa Anda temukan di kue atau roti. Meskipun bentuknya kecil, kismis memiliki banyak sekali kandungan zat besi dan zat ini berguna untuk menjaga kesehatan darah Anda dalam tubuh.

buah delima– Buah delima baik delima merah maupun delima biasa, memiliki kandungan zat yang juga bagus untuk meningkatkan tekanan darah.

Bahkan bagi Anda yang kekurangan darah, Anda dapat mencoba mengonsumsi buah yang satu ini. Buah ini memiliki banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan Anda.

– Terakhir, terdapat dua jenis air yang dapat Anda gunakan dengan mudah dalam minuman Anda. Pertama adalah air madu, dan kedua adalah air garam. Air madu yang asli ternyata dapat membantu menghilangkan gejala rasa pusing yang timbul karena darah rendah.

air garamAir garam juga memiliki fungsi yang lama, Anda dapat meminum dua kali dalam sehari air yang telah Anda campurkan dengan setengah sendok garam ke dalamnya. Gunakan takaran yang tepat, yaitu menggunakan setengah sendok teh saja.

Cara menaikkan darah rendah di atas, dapat menggunakan bahan yang sudah ada di dapur Anda bukan? Cara-cara di atas akan membantu untuk meredakan gejala pusing Penyebab tekanan darah rendah.

Namun sangat disarankan apabila sudah sampai dalam tahap pingsan ketikan darah rendah, maka harus segera berkonsultasi ke dokter ahli.

Cara Mengetahui Hipotensi Dengan Mengukur tekanan darah

Mengukur tekanan darah dapat Anda lakukan di rumah, apabila Anda memiliki alat yang lengkap.Alat yang dapat mengukur tekanan darah ini adalah tensimeter atau menggunakan alat biologis lainnya seperti spignomanometer. Cara menggunakan alat tersebut adalah sebagai berikut :

  • Pasien yang mengalami darah rendah dapat diperiksa dengan cara duduk atau berbaring di tempat tidur. Seperti biasa, gunakan manset tensimeter yang diikat pada lengan pasien.
  • Anda harus menggunakan stetoskop yang ditempelkan pada daerah arteri brakhialiis. Biasanya arteri ini diletakkan pada sebuah lipatan siku pasien.
  • Stetoskop ini digunakan untuk mendengar tekanan dalam denyut nadi Anda. Tensimeter dinaikkan menjadi 140 mmHg, dengan menggunakan alat ini Anda dapat mengetahui tekanan darah pada ukuran 160 mmHg sudah tidak akan terdengar di dalam stetoskop. Saat hal tersebut sudah terjadi, maka tensimeter dapat diturunkan dengan pelan.
  • Apabila tensimeter sudah dapat diturunkan, maka denyut nadi akan mulai terdengar dan Anda dapat melihat berapa tekanan darah yang ada di tubuh Anda. Cara membaca tekanan ini adalah dengan melihat pada batas air raksa pada tensimeter tersebut.
Baca Juga:  Apa Saja Ciri Ciri Pria Mandul dan Faktor Penyebabnya?

Cara tersebut adalah cara yang dapat mengukur tekanan darah menggunakan tensimeter. Dikatakan normal apabila tekanan darah berada sekitar 110 mmHg untuk sistolnya, dan 82 mmHg untuk tekanan darah diastol pada tubuh Anda.

cara menaikkan tekanan darah

Obat Tekanan Darah Rendah Yang Aman Dan Tepat Untuk Tubuh

Beberapa hal yang ada di atas tentu dapat membantu Anda menjaga tubuh dari munculnya darah rendah. Namun apabila Anda sudah mengalami darah rendah, maka pilihlah Obat Tekanan Darah Rendah yang cocok dan sesuai dengan tubuh Anda.

Terdapat beberapa jenis obat yang harus Anda hindari jika sedang mengalami darah rendah, seperti misalnya obat yang sering digunakan untuk batuk dan demam. Obat seperti ini biasanya mengandung NSAID yang dapat membantu menghilangnya nyeri pada tubuh. Namun memperburuk tekanan darah dan tentunya denyut nadi Anda menjadi lemah.

Obat migrain memang dapat digunakan untuk menghilangkan kepala nyeri, namun apabila tidak cocok untuk Anda, juga dapat memperburuk tekanan darah karena dapat menyempitkan pembuluh darah yang berfungsi penting dalam menyalirkan aliran darah ke tubuh Anda.

Selain mengurangi penggunaan obat tersebut, hindari pola hidup dengan menggunakan obat yang cukup berbahaya misalnya obat diet atau penurun badan, dan obat anti depresi.

Kedua obat tersebut mengandung senyawa kimia yang dapat berpengaruh pada organ dalam dan memiliki efek yang cukup signifikan untuk tubuh Anda.

Memang beberapa obat tersebut sering disebut dapat mengatasi gejala darah rendah namun ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter ahli.

Biasanya terdapat resep obat yang dapat membantu Anda untuk menaikkan darah rendah. Lebih baik Anda mengurangi penyebab tekanan darah rendah dengan mengonsumi obat yang tepat dan aman.

Konsumsi buah dan jus buah bit serta bahan alami yang lain, akan sangat membantu dalam mengurangi gejala yang timbul. Maka dari itu, pola makan yang sehat dibarengi dengan obat yang aman tentu membantu menyembuhkan darah rendah atau hipotensi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *