penyebab wajah berminyak

Penyebab & Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Efektif

Cara Mengatasi Wajah Berminyak – Memiliki wajah cerah, bersih dan bercahaya tentu menjadi idaman banyak orang tidak terbatas wanita saja tetapi juga pria. Ada banyak permasalahan wajah yang dapat membuat tampilan wajah menjadi kurang optimal, salah satunya adalah wajah berminyak.

Wajah berminyak ini sering dirasa mengganggu oleh beberapa orang karena dapat membuat tampilan wajah menjadi kurang sempurna dan membuat riasan menjadi mudah luntur.

Banyak orang mencari cara mengatasi wajah berminyak mulai dari cara tradisional hingga cara-cara yang modern seperti melakukan perawatan ke dokter-dokter maupun klinik kecantikan.

Beberapa Nilai Plus Memiliki Wajah Berminyak

Wajah berminyak seringkali dianggap sebagai sesuatu yang negatif dan mengganggu tampilan. Oleh sebab itu banyak orang melakukan berbagai cara mengatasi wajah berminyak.

Akan tetapi, memiliki wajah berminyak sebenarnya tidak selalu negatif karena sebenarnya kulit yang berminyak justru dapat mendatangkan beberapa keuntungan seperti :

Proses penuaan terjadi lebih lambat

Kulit yang memproduksi banyak minyak dapat membantunya tetap elastis dan kencang, berbeda dengan kulit kering yang justru dapat mengalami proses penuaan dengan lebih cepat.

Kulit yang kering akan mudah mengalami keriput dan pengenduran. Sebaliknya, kulit yang produksi minyaknya tinggi akan jauh lebih awet muda.

cara mengatasi wajah berminyak

Tekstur kulit lebih lembut

Pada sebagian orang, memiliki kulit yang kering akan membuat permukaannya cenderung terasa kasar. Pada orang-orang betrtipe kulit berminyak kulit akan terasa lebih lembut karena lebih lembab.

Makeup dapat melekat lebih lama

Penggunaan makeup memang harus sangat memperhatikan tipe kulit dari penggunanya. Pemilik kulit berminyak sebaiknya cukup menggunakan riasan tipis karena riasan tebal justru akan terlihat jelek ketika wajah sudah memproduksi minyak dalam jumlah banyak.

Keuntungannya, para pemilik kulit berminyak ini tidak perlu menggunakan foundation terlalu tebal karena minyak yang ada di permukaan kulit dapat membantu riasan melekat dengan lebih mudah dan tahan lama.

Baca Juga:  Variasi Warna Rambut Untuk Kulit Sawo Matang Yang Cocok

Penyebab Wajah Berminyak dari Dalam dan Luar Tubuh

Jika Anda merasa terganggu dengan produksi minyak berlebih pada wajah, maka sudah saatnya Anda mengambil tindakan untuk mengatasi permasalahan ini.

Sebelum mengambil langkah untuk mengatasi wajah berminyak, Anda harus tahu dulu apa penyebab produksi minyak berlebih ini. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab wajah berminyak diantaranya :

Konsumsi makanan berlemak dan berminyak

Wajah Anda akan mencerminkan makanan yang Anda konsumsi. Perkataan ini memang sangat tepat dan menggambarkan kondisi yang sebenarnya pada tubuh manusia.

Bagian wajah pada manusia akan menjadi representasi dari apa saja yang Anda makan sehari-hari. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak akan membuat kadar minyak di dalam tubuh menjadi meningkat dan akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit wajah.

tubuh

Produksi hormon di dalam tubuh

Ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab dari kondisi wajah yang berminyak. Minyak berlebih pada wajah ini biasanya terjadi pada masa-masa pubertas baik pada perempuan maupun laki-laki ataupun pada masa kehamilan pada perempuan.

Kelebihan minyak akibat hormon ini selanjutnya dapat menyebabkan permasalahan kulit lainnya seperti munculnya jerawat.

Tidak cocok dengan produk perawatan kulit atau kosmetik yang digunakan

Penggunaan kosmetika ataupun produk perawatan kulit yang tidak sesuai juga ternyata bisa menjadi penyebab wajah berminyak yang jarang disadari. Zat-zat kimia tertentu yang terkandung dalam kosmetika ini dapat memicu kelenjar minyak di kulit wajah untuk bekerja melebihi kondisi normalnya.

Genetik/keturunan

Faktor ini merupakan faktor bawaan yang sudah melekat di dalam tubuh seseorang. Apabila wajah berminyak yang Anda alami ini serupa dengan anggota keluarga lain seperti orangtua ataupun saudara-saidara dekat lainnya maka Anda tidak perlu khawatir.

Baca Juga:  Tips Memilih Foundation untuk Kulit Berminyak

Anda hanya perlu mengambil tindakan untuk mengatasi kelebihan produksi minyak ini karena faktor keturunan sebenarnya sulit untuk diperbaiki.

stress

Stress

Stress dan banyak pikiran ternyata juga mampu mempengaruhi kondisi wajah. Ketika dilanda stress, tubuh akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak daripada kondisi normal. Hormon kortisol ini akan membuat aktivitas kelenjar minyak meningkat sehingga wajah akan terlihat berminyak.

Suhu dan kelembaban udara

Suhu tinggi dan kelembaban udara juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit wajah. Pada suhu tingi tubuh akan memperoduksi minyak lebih banyak sehingga wajah akan lebih cepat berkeringat dan terlihat mengkilap daripada biasanya.

Pola hidup tidak teratur

Pola hidup yang berantakan seperti waktu tidur yang tidak teratur serta kurang istirahat juga dapat memicu tubuh khususnya wajah memproduksi minyak berlebih.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Menggunakan Bahan Sederhana

Mengatasi wajah berminyak sebenarnya tidak sulit, ada banyak cara-cara sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dilakukan untuk mengurangi kelebihan minyak ini. Jika Anda ingin mendapatkan wajah cerah bebas kilap lakukan cara-cara berikut ini :

Rutin membersihkan wajah dengan benar

Membersihkan wajah merupakan tindakan wajib yang harus Anda lakukan setiap harinya. Produksi minyak pada wajah sebaiknya rutin Anda bersihkan menggunakan sabun khusus yang dirancang untuk tipe wajah berminyak. Bersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Kurangi konsumsi makanan berlemak dan perbanyak konsumsi sayur dan buah

Makanan berlemak dapat membuat wajah juga ikut berminyak. Mengurangi konsumsi makanan berlemak seperti daging dan gorengan perlu Anda lakukan agar minyak di wajah juga tidak berlebih.

Membersihkan riasan wajah hinga bersih sempurna

Bagi Anda yang rutin mengunggunakan riasan setiap harinya, usahakan untuk selalu membersihkan wajah dari semua produk makeup yang menempel di wajah hingga bersih. Sisa makeup yang dibiarkan menempel di wajah dapat memicu banyak permasalahan kulit seperti kulit berminyak, kulit kusan maupun jerawat.

Baca Juga:  6 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Merusak Rambut

perasan jeruk nipis

Jeruk nipis

Cara mengatasi wajah berminyak selanjutnya bisa Anda lakukan menggunakan air perasan jeruk nipis. Caranya adalah dengan mengambil air sari jeruk nipis dan mengoleskannya ke permukaan kulit wajah.

Cara alami ini cukup efektif untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah. Tetapi, sifat jeruk nipis yang asam ini belum tentu cocok untuk semua tipe wajah.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif penggunaan jeruk nipis ini perlu disesuaikan baik intensitas maupun durasi penggunaannya agar tidak membuat masalah baru pada wajah Anda.

Apel

Masker apel juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi wajah berminyak berikutnya. Buah apel mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat membuat wajah menjadi lebih segar. Selain itu, masker apel juga dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati di permukaan kult wajah penyebab kulit kusam.

Setelah mengetahui apa penyebab wajah berminyak yang Anda alami Anda bisa melakukan cara mengatasi wajah berminyak yang paling tepat.

Produksi minyak wajah yang terkontrol dengan baik tentu dapat membuat wajah menjadi lebih segar dan sehat serta terhindar dari jerawat. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah dengan baik bisa jadi investasi masa depan untuk wajah yang senantiasa awet muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *