penyebab bab keluar darah

Ini Penyebab BAB Keluar Darah Paling Berbahaya

Posted on

Mungkin seseorang akan panik luar biasa begitu mendapati feses yang keluar saat BAB disertai darah. Hal ini cukup beralasan mengingat darah yang keluar secara tidak wajar seperti melalui batuk darah, muntah darah atau BAB keluar darah merupakan sesuai yang mengerikan.

Banyak yang beranggapan kondisi tersebut adalah efek dari penyakit dalam yang kronis. Benarkah demikian? Lalu apakah BAB berdarah dapat disembuhkan?

Waspada BAB Disertai Darah

Keluarnya darah segar dengan volume tertentu saat buang air besar atau BAB memang patut diwaspadai. Memang benar, darah yang keluar bersama feses entah itu sedikit atau banyak mengindikasikan ada yang tidak beres dengan organ bagian dalam terutama organ pencernaan dan area disekitarnya.

Nah, berikut beberapa penyakit yang disinyalir menjadi penyebab BAB keluar darah.

Peradangan Tukak Lambung

Peradangan di tukak lambung merupakan penyebab yang paling ditakuti. Pada kondisi ini permukaan lapisan lambung mengalami iritasi akibat virus maupun bakteri.

Tukak lambung atau peradangan lambung akan semakin parah apabila penderita minum jenis obat anti-inflamasi semacam ibuprofen atau aspirin. Seperti yang kita tahu kedua jenis obat tersebut mudah menyebabkan perdarahan.

Ketika terjadi tukak lambung darah merah segar keluar saat buang air besar meski penderita tidak mengejan. Hal ini mengindikasikan area tukak lambung semakin melebar. Kondisi tersebut bisa diperparah ketika jaringan terkontaminasi zat-zat kimia yang terkandung pada obat anti-inflamasi.

Colitis

Sama seperti tukak lambung, colitis penyebab BAB keluar darah juga dipicu oleh peradangan berat atau iritasi. Bedanya colitis ini terjadi di usus besar. Peradangan berat pada usus besar ini menyebabkan perdarahan akibat pembuluh darah yang pecah.

Kondisi inilah yang menyebabkan ketika buang air besar keluar darah segar. Untuk kasus yang lebih parah darah bisa keluar meskipun penderita tidak sedang buang air besar.

Divertikular

Terdapat semacam kantung kecil di usus besar yang bernama divertikular. Divertikular sendiri berfungsi untuk membangun dan melindungi usus besar. Apabila dinding usus besar atau tempat divertikular berada pecah, maka akan terjadi perdarahan. Darah akan keluar dengan sendirinya atau ketika penderita buang air besar.

Fisurra Ani

Istilah ini mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing. Fisurra Ani merupakan sayatan yang mengakibatkan sobek pada permukaan anus atau mungkin juga bagian dalam anus. Kondisi tersebut membuat perdarahan dan darah keluar bersamaan dengan feses saat buang air besar. Biasanya saat darah dan feses keluar disertai rasa panas dan nyeri hebat di area anus (rectum).

Wasir atau Ambeien

Wasir atau ambeien disebut-sebut sebagai penyebab BAB keluar darah yang paling umum. Artinya mayoritas orang yang mengalami buang air besar disertai darah disebabkan oleh wasir ini.

Wasir atau ambeien merupakan kondisi dimana terjadi pelebaran atau pembesaran pembuluh darah vena di area anus bagian dalam.

Ini menyebabkan pembuluh darah tersebut melemah. Efeknya terjadi iritasi dan perdarahan yang mengalir bersama feses saat BAB.

Bagi penderita wasir dibutuhkan makanan khusus agar gejala wasir tidak bertambah parah. Ada beberapa penyebab wasir yang mungkin belum diketahui banyak orang seperti diare, kehamilan, sembelit, timbunan lemak, diet rendah serat, anal seks juga karena faktor usia.

Adapun komplikasi yang kemungkinan terjadi akibat wasir sehingga menyebabkan BAB berdarah diantaranya: anemia, strangulasi hemoroid dan kanker kolorektal.

Apapun penyebab BAB keluar darah, kondisi tersebut merupakan warning bahwa telah terjadi hal berbahaya pada organ dalam Anda.

Jika beberapa penyebab diatas salah satunya Anda alami, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan secepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *