penyakit pada sistem reproduksi

Waspadai Penyakit Pada Sistem Reproduksi Wanita

Posted on

Sistem reproduksi pada tubuh manusia melibatkan beberapa organ khusus seperti hormon dan alat kelamin. Sama seperti organ tubuh lain sistem reproduksi tersebut juga bisa mengalami penyakit ataupun kelainan.

Secara umum penyakit pada sistem reproduksi mayoritas adalah penyakit menular. Selain faktor genetik, penyebab kelainan atau penyakit tersebut biasanya infeksi virus (bakteri), penurunan kadar hormon, konsumsi obat-obatan, minuman beralkohol dan menurunnya fungsi organ reproduksi itu sendiri.

Selain beberapa faktor tersebut diatas, gaya hidup juga sangat mempengaruhi kesehatan sistem reproduksi.

Di samping itu perilaku seksual juga membawa dampak khusus pada organ-organ reproduksi. Intinya seseorang baik pria atau wanita jika memiliki perilaku seksual kurang baik memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit pada sistem reproduksi.

Jenis-jenis Kelainan dan Penyakit Sistem Reproduksi Wanita

Kelainan yang memicu gangguan atau penyakit pada sistem reproduksi wanita bisa Anda simak di bawah ini.

Gangguan Menstruasi

Dikatakan gangguan menstruasi apabila siklus menstruasi atau haid berlangsung abnormal. Adapun gangguan yang berkaitan dengan menstruasi sehingga mempengaruhi sistem reproduksi yaitu Amenore Primer dan Amenore Sekunder.

Yang dimaksud Anemore Primer adalah wanita yang tidak / belum mendapatkan menstruasi sampai usia 17 tahun. Sedangkan Anemore Sekunder merupakan kondisi dimana wanita yang telah mengalami siklus menstruasi tapi tidak mendapatkan mesntruasi lagi selama 3 – 6 bulan.

Gangguan Endometriosis

Penyakit pada sistem reproduksi wanita salah satunya dipicu oleh endometriosis. Endometriosis adalah kelainan yang ditandai adanya jaringan endometrium di luar jalur rahim seperti ovarium dan oviduk.

Endometriosis ini terjadi karena adanya aliran darah haid yang berbalik melalui tuba fallopi ketika menstruasi. Efeknya muncul rasa nyeri di bagian pinggang saat menstruasi. Jika dibiarkan tanpa penanganan risikonya wanita akan sulit hamil.

Baca Juga:  Apa Itu Herpes dan Bagaimana Cara Mengobatinya?

Sindrom Pramenstruasi

Kondisi sindrom pramenstruasi lebih tepat disebut gangguan emosi. Selain emosi yang tidak stabil biasanya ada gejala yang menyertainya seperti nyeri payudara, sakit kepala, dan bengkak pada tungkai.

Biasanya gejala sindrom pramenstruasi ini terjadi beberapa hari sebelum hari pertama siklus menstruasi. Penyebabnya adalah meningkatkan kadar hormon estrogen, hormon progesterone menurun, dan gangguan psikis.

Gangguan Vulvovaginitis

penyakit sistem reproduksiPenyebab penyakit sistem reproduksi wanita berikutnya adalah vulvovaginitis. Kondisi ini terjadi akibat peradangan pada vulva dan vagina yang memicu keputihan tidak normal.

Keputihan biasanya berwarna kehijauan atau kekuningan yang keluar dari vagina akibat infeksi bakteri Gardnerella Vaginalis. Gangguan ini umumnya menyerang wanita usia produktif. Yang perlu diwaspadai penyakit ini bisa menular pada pasangan melalui hubungan seksual.

Penyempitan Saluran Oviduk

Sistem reproduksi wanita bisa saja mengalami masalah akibat penyempitan saluran oviduk. Penyempitan ini terjadi karena faktor bawaan maupun infeksi kuman. Akibat penyempitan saluran oviduk membuat sperma sulit menjangkau sel telur sehingga menyebabkan wanita sulit hamil.

Kehamilan Mola Hidalidosa

Kehamilan Mosa (Mola Hidalidosa) lebih populer dengan sebutan hamil anggur. Hamil anggur merupakan kelainan dimana kehamilan berisi bekuan darah dan gelembung-gelembung mola, bukan berisi janin. kehamilan Mola Hidalidosa bisa memicu perdarahan hebat yang bisa mengakibatkan infeksi, dinding rahim tembus karena proses mola, dan kematian.

Kanker serviks

Kanker leher rahim atau kanker serviks hampir bisa dipastikan menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi. Kanker serviks sendiri terjadi karena pertumbuhan sel-sel abnormal di lapisan sepitel serviks.

Secara umum penyakit ini menyerang wanita usia 40 tahun keatas. Penyebabnya adalah infeksi human papilloma virus dan virus herpes simples dua.

Selain beberapa gangguan diatas penyakit pada sistem reproduksi wanita juga dipicu oleh kanker payudara dan kanker ovarium. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika mengalami gangguan-gangguan diatas untuk menjaga sistem reproduksi tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *