penyakit lambung

Penyakit GERD Adalah Penyakit Lambung Yang Jarang Diketahui

Posted on

GERD merupakan sebuah singkatan dari kata Gastroesophageal reflux disease. Penyakit GERD adalah penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan atau lebih tepatnya terjadi akibat asam lambung yang naik.

Asam lambung yang naik ke esofagus atau kerongkongan dapat membuat dapat membuat kedua bagian pencernaan tersebut mengalami korosif.

GERD membuat penderitanya mengalami mual hingga mengalami muntah. Dada hingga leher juga mengalami rasa sakit akibat asam yang naik. Penyakit merupakan jenis penyakit yang cukup banyak dialami oleh masyarakat Indonesia.

Penyebab Penyakit GERD

Penyebab penyakit GERD adalah naiknya asam lambung ke saluran pencernaan yang tidak seharusnya seperti kerongkongan. Ini karena tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter. Lower esophageal spinchter merupakan sebuah lingkaran otot yang berada pada bagian bawah dari penyakit esofagus.

Lower esophageal spinchter menjadi pintu yang secara otomatis terbuka jika makanan atau minuman ke lambung. Setelah makanan atau minuman masuk ke lambung, lower esophageal spinchter menutup agar asam lambung tidak ke bagian lain dari tubuh.

Jika lower esophageal spinchter tidak menutup dengan baik maka dapat menyebabkan penyakit asam lambung atau dikenal dengan istilah GERD.

Banyak hal yang dapat menjadi pengaruh dari GERD diantaranya yaitu stres, kelebihan berat badan. faktor genetik atau keturunan, konsumsi jenis obat tertentu, hamil, konsumsi makanan yang mengandung lemak dan beberapa pengaruh lainnya.

Gejala yang Timbul Akibat dari Penyakit GERD

Gejala yang dapat timbul dari orang yang mengalami GERD diantaranya yaitu merasa tidak enak pada mulut serta kerongkongan. Rasa nyeri pada bagian ulu hati atau dada karena korosi dari asam lambung pada bagian pencernaan lainnya. Ini akan mengakibatkan rasa tidak nyaman setelah makan.

Baca Juga:  Waspadai Penyakit Pada Sistem Reproduksi Wanita

Karena rasa tidak nyaman pada kerongkongan dan mulut akan membuat penderitanya mengalami kesulitan dalam menelan makanan.

Yang dibutuhkan oleh penderita penyakit GERD adalah perawatan yang serius jika penderita mengalami penderita mengalami gejala yang sama terus menerus.

sakit gerdPengobatan yang Dilakukan pada Penderita GERD

Penyakit GERD adalah penyakit yang membutuhkan segera perawatan. Ini karena asam lambung yang naik ke esofagus dapat menyebabkan korosif pada bagian pencernaan. Dan jika dibiarkan berlangsung terus menerus akan lebih berbahaya.

Pengobatan yang diberikan untuk penderita GERD sendiri memiliki tahapan yang disesuaikan dengan kondisi penyakit. Tahap awal dalam pengobatan yaitu mengganti jenis makanan yang dimakan.

Tidak mengonsumsi makan makanan yang mengandung lemak, makanan yang terlalu asin hingga makanan yang pedas merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit ini.

Tahap selanjutnya yaitu melakukan pengobatan dengan obat-obatan. Tahap ini dilakukan jika tahap penggantian menu makanan kurang berhasil dilakukan.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat untuk mengobati GERD ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Dokter akan melakukan diagnose, apakah penyakit yang dialami memang benar penyakit GERD atau tidak? Ini bertujuan untuk pemberian obat yang tepat.

Untuk melakukan diagnose, dokter biasanya menanyakan mengenai gejala apa saja yang timbul. Sementara prosedur dari penyakit GERD adalah endoskopi. Endoskopi merupakan prosedur medis yang dilakukan dengan menggunakan endoskop.

Alat ini dimasukan ke dalam mulut untuk melihat penyebab dari naiknya asam lambung serta luka yang terjadi akibat naiknya asam lambung pada esofagus. Itulah beberapa hal yang perlu diketahui dari GERD agar penderita dapat mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  Ketahui Gejala dan Penyebab Penyakit Kulit Herpes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *