obat keputihan gatal

Obat Keputihan Gatal dan Cara Mencegah Keputihan Abnormal

Posted on

Keputihan termasuk kondisi yang wajar dialami wanita. Namun yang membuat tidak nyaman biasanya keputihan diikuti bau tidak sedap dan gatal-gatal. Sebenarnya keputihan untuk jenis tertentu tidak terlalu berbahaya meski bisa dikatakan kondisi tersebut merupakan tanda perubahan fisiologis.

Jadi bagi siapa saja yang mengalami keputihan berwarna kekuningan atau kehijauan dan berbau amis maka harus diwaspadai sebab itu termasuk tanda-tanda keputihan abnormal.

Selain gatal dan berbau keputihan tidak normal memiliki gejala lain seperti nyeri sewaktu buang air kecil. Bahkan untuk kasus yang lebih serius biasanya akan timbul rasa nyeri saat berhubungan intim.

Yang tak kalah menyeramkan keputihan abnormal seperti ini dapat menular secara langsung kepada pasangan.

Tentu saja penularannya melalui hubungan seksual. Pria yang tertular akan mengalami infeksi jamur, biasanya Mr P terlihat memerah dan melepuh.

Gejala dan Ciri-ciri Keputihan Gatal

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai obat keputihan gatal, kita kenali terlebih dulu ciri-ciri keputihan gatal secara lengkap.

Ciri ciri keputihan gatal biasanya berwarna kekuningan, kehijauan dan kecoklatan disertai bau tidak sedap. Muncul iritasi akibat sensasi gatal berlebihan juga lendir yang keluar dari organ intim lebih banyak dari keputihan normal.

Obat keputihan gatal sebenarnya sama seperti obat untuk mengatasi masalah keputihan pada umumnya. Mungkin awalnya penyakit keputihan tidak berbahaya, namun jika dibiarkan tanpa penanganan akan sangat berbahaya sebab bisa menyebabkan kanker leher rahim (kanker serviks).

Jadi selain mengganggu, keputihan abnormal bisa menimbulkan komplikasi penyakit lain yang lebih serius.

Obat Keputihan Alami

Obat keputihan gatal cukup mudah didapat di toko obat atau apotik. Namun tak jarang komponen obat yang sebagian besar terdiri dari bahan-bahan kimia kadang justru memperparah keadaan.

Bahan-bahan kimia yang tidak cocok untuk area organ intim yang sensistif justru merusak keasaman (pH) organ kewanitaan sehingga keputihan justru semakin parah.

Mengatasi keputihan gatal dengan menggunakan obat keputihan alami adalah solusi paling tepat. Salah satunya dengan daun sirih.

Obat alami daun sirih terbukti ampuh sebagai antibiotik sehingga mampu membunuh kuman sekaligus membersihkan organ kewanitaan. Dengan sendirinya bahan ini sangat efektif untuk menghilangkan jamur dan melenyapkan rasa gatal akibat keputihan.

Cara Mencegah Keputihan Gatal

Selain obat keputihan gatal dari bahan daun sirih, ada cara penting yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit keputihan gatal. Minimal keputihan gatal yang mengganggu tidak semakin parah. Berikut caranya:

Jangan Digaruk

Organ intim yang gatal akibat keputihan justru akan semakin parah jika digaruk. Demikian juga menggunakan air panas sangat tidak disarankan karena bisa membuat Miss V memerah dan rasa gatal justru semakin parah dan sulit disembuhkan.

Memperhatikan Kebersihan Miss V

Produk pembersih Miss V yang sifatnya instan tidak sepenuhnya baik karena sebagian besar menggunakan zat kimia. Zat kimia berpotensi merusak bakteri baik (bakteri lactobacillus). Untuk menjaga kebersihan Miss V cukup bilas dengan air bersih kemudian dikeringkan dengan tissue atau handuk lembut.

Ganti Pembalut

Ada sebagian wanita beranggapan pembalut yang tidak terlalu banyak terdapat darah haid masih aman untuk dipakai. Namun kenyataannya ini justru berisiko menyebabkan iritasi.

Untuk kebersihan dan kesehatan Miss V saat haid sebaiknya mengganti pembalut setiap 4 jam sekali. Hal ini sekaligus untuk mencegah munculnya jamur dan bakteri.

Menjaga Kelembaban Miss V

Miss V memiliki kelembaban ideal antara pH 3,8 – 4, 2. Dalam kondisi ini bakteri baik atau lactobacillus akan meningkat untuk keseimbangan kelembaban alami. Untuk menjaga kelembaban Miss V tetap normal gunakan celana dalam dari bahan katun yang mampu menyerap keringat.

Demikian informasi tentang obat keputihan gatal dan cara mencegah keputihan abnormal. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *