cara menghitung siklus menstruasi

Mudah! Cara Menghitung Siklus Haid dengan Tepat

Posted on

Haid adalah sesuatu yang alami dan akan dialami oleh wanita. Haid atau yang juga sering disebut dengan menstruasi merupakan sebuah proses di mana meluruhnya dinding rahim yang menebal akibat tidak terjadinya pembuahan pada sel telur yang ada.

Meskipun para wanita mengalaminya, hal ini bukan berarti bahwa tidak ada pertanyaan yang sering menjadi tanda tanya banyak wanita termasuk mengenai cara menghitung siklus haid.

Karena itulah bagi anda yang belum begitu paham mengenai hal yang satu ini, anda bisa langsung simak penjelasan mengenai cara hitung siklus haid seperti pada paragraf di bawah ini.

Tentang Haid atau Menstruasi

Pada umumnya, wanita akan pertama kali menstruasi saat mereka menginjak umur 9 hingga 14 tahun. Sebelum membahas mengenai cara menghitung siklus menstruasi, ada baiknya anda paham tentang proses menstruasi.

Mengenai proses terjadinya haid atau menstruasi ini seperti yang telah dijelaskan sebelumnya ialah meluruhnya dinding rahim akibat tidak pembuahan sel telur.

Dalam hal ini, hormon yang bekerja menjelang haid adalah hormon progesteron dan juga estrogen. Kerja kedua hormon tersebut membuat dinding rahim menebal.

Tujuan menebalnya dinding rahim ini adalah sebagai persiapan saat adanya pembuahan sel telur. Dengan kata lain, apabila nanti terjadi pembuahan, sel telur yang telah dibuahi tersebut telah memiliki tempat.

Namun, ketika tidak terjadi pembuahan maka dinding rahim atau yang juga dikenal sebagai lapisan endometrium pun akan akan meuluruh. Dalam hal ini, pembuluh darah yang ada dalam rahim pun akan ikut pecah sehingga terjadilah yang namanya haid atau menstruasi.

Karena meluruhnya lapisan endometrium yang dibarengi dengan pecahnya pembuluh darah pada rahim inilah membuat wanita rasakan nyeri haid.

cara menghitung siklus haidSiklus Haid atau Menstruasi

Kemudian bicara soal siklus menstruasi, siklus menstruasi yang normal pada wanita akan terjadi secara teratur tiap bulannya. Artinya ialah setiap bulannya seorang wanita akan haid. Lantas, bagaimana jika dalam 1 bulan seseorang alami 2 kali siklus menstruasi?

Atau siklus yang dialami tidak teratur? Apabila anda alami siklus haid semacam ini, anda jangan panik terlebih dahulu. Disini, anda sebaiknya menghitung siklus menstruasi anda tersebut. Bagaimana caranya? Inilah cara menghitung siklus menstruasi yang harus anda pahami.

Cara Menghitung Siklus Haid atau Menstruasi

Untuk anda yang belum paham mengenai cara menghitung siklus haid, berikut penjelasan singkatnya untuk anda. Dalam menghitung siklus haid atau menstruasi disini, anda hitung dari tanggal saat hari pertama haid.

Jadi, jika anda haid pada tanggal 2 bulan kemarin dan haid lagi tanggal 3 bulan ini, itu artinya adalah anda menghitung barapa lama siklus haidnya dari tanggal 2 bulan kemarin sampai dengan tanggal 3 bulan ini.

Setelah anda tahu cara menghitung siklus menstruasi, anda bisa menyimpulkan bahwa siklus haid anda termasuk siklus yang teratur atau tidak dilihat dari 3 kali periode haid. Jadi, nantinya anda yang ingin tahu apakah siklus haid anda termasuk yang teratur atau tidak, anda bisa lakukan penghitungannya sebagai berikut.

Dalam menghitung siklus menstruasi, ada rumus rata-rata siklus haid yang harus anda tahu adalah 21 hingga 35 hari.

Artinya ialah pada siklus haid yang normal, antara tanggal pertama haid dan kembali haid lagi selama minimal 21 hari dan maksimal 35 hari. Jika lebih cepat dari 21 hari atau lebih lama, kemungkinan anda memiliki masalah mengenai kesehatan organ reproduksi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *