gangguan menstruasi

Mengenal Beberapa Gangguan Menstruasi Pada Wanita

Posted on

Perempuan merupakan makhluk yang disempurnakan dengan beragam keistimewaan yang dimilikinya. Tak hanya diciptakan dengan kesempurnaan, kaum wanita juga dianugerahi dengan keistimewaan berupa tanda kedewasaan berupa menstruasi. Menstruasi merupakan tanda kematangan organ seksual perempuan.

Namun ada pula beberapa gangguan menstruasi yang dapat membuat kaum wanita merasa tak nyaman ketika gangguan-gangguan tersebut menyerang.

Nah, Anda yang sering mengalami gangguan ketika menstruasi mungkin akan merasa tidak nyaman. Beberapa gangguan yang dialami oleh wanita saat menstruasi sesungguhnya dapat ditangani dengan mudah.

Jadi jika Anda ingin mengetahui beberapa gangguan saat menstruasi yang dialami oleh wanita, pertama-tama Anda juga harus mengetahui lebih dalam mengenai menstruasi tersebut.

Mengenal dan Memahami Gangguan Menstruasi

Menstruasi dapat dimaknai sebagai proses keluarnya darah yang dihasilkan oleh luruhnya dinding rahim. Luruhnya dinding rahim ini terjadi secara rutin setiap bulan.

Menstruasi sendiri merupakan salah satu tanda kematangan organ reproduksi wanita yang juga berfungsi untuk mempersiapkan tubuh kaum wanita untuk bereproduksi.

Menstruasi biasa dimulai pada saat wanita berusia 10 tahun. Namun, di beberapa kasus, menstruasi bisa dimulai pada usia 16 tahun. Gangguan menstruasi sendiri dapat dialami oleh semua wanita dalam siklus menstruasi mereka.

Nah, beberapa gangguan saat menstruasi yang biasa dialami oleh wanita adalah sebagai berikut:

Rasa sakit para perut bagian bawah

Proses peluruhan dinding rahim akan berpengaruh pada rasa sakit yang dialami oleh mayoritas kaum wanita saat mengalami menstruasi. Hal ini kemudian akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan terganggu.

gangguan menstruasiSakit pinggang dan pegal-pegal

Untuk gangguan saat menstruasi yang satu ini, Anda pasti sering mengalaminya. Rasanya sangat tidak menyenangkan dan membuat Anda harus menahan sakit saat beraktivitas. Nah, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai ‘tanda’ ketika Anda akan datang bulan.

Payudara yang membengkak

Seiring dengan berubahnya hormon dalam tubuh Anda, maka Anda akan mengalami beberapa hal yang membuat tubuh Anda merasa tak nyaman. Salah satunya adalah payudara yang membengkak. Pembengkakan pada payudara ini akan membuat aktivitas Anda terganggu.

Gelisah dan susah tidur

Perasaan yang tidak nyaman juga akan dirasakan ketika Anda hendak pergi tidur. Tubuh akan terasa pegal dan lelah. Anda juga bisa mengalami rasa gelisah sebelum tidur yang bisa mengakibatkan insomnia ketika Anda akan mengalami menstruasi.

Anemia

Pada saat menstruasi, Anda akan kehilangan banyak darah. Hal ini bisa mengakibatkan Anda mengalami penyakit anemia yang membuat tubuh Anda semakin terasa lemah lunglai.

Hal ini lumrah karena darah yang keluar saat menstruasi akan membuat Anda lebih lemas.

Perlu diketahui walaupun gangguan menstruasi ini merupakan hal yang lumrah dirasakan oleh kaum wanita, tapi tak semua wanita mengalami gangguan saat menstruasi, lho. Pasalnya, gangguan dan rasa tidak nyaman saat menstruasi bisa juga diakibatkan oleh tekanan pikiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *