keputihan saat hamil

Mengatasi Keputihan Saat Hamil Untuk Menghindari Prematur

Posted on

Fluor Albus atau sering disebut keputihan adalah proses keluarnya cairan dari organ kewanitaan yang bisa dikatakan peristiwa abnormal. Jika keputihan terjadi pada wanita hamil biasanya disebabkan perubahan hormon dan aliran darah di area rahim yang memicu peningkatan sekresi di area kewanitaan.

Adanya perubahan yang bersifat hormonal tersebut akhirnya mengubah tingkat keasaman area kewanitaan sehingga menyebabkan jamur. Puncaknya akan muncul iritasi di area tersebut.

Sekresi yang normal biasanya tidak disertai rasa gatal di organ kewanitaan. Namun sebaliknya sekresi atau keputihan yang sudah terinfeksi akan menimbulkan rasa gatal, panas dan kemerahan di organ vital disertai rasa sakit sewaktu buang air kecil.

Keputihan pada wanita hamil yang tidak segera diatasi berpotensi menular pada bayi. Bahkan ketika proses persalinan kembali akan menular pada ibu menyusui sehingga mengakibatkan mastitis. Mastitis adalah peradangan pada payudara terutama dibagian puting susu.

Penyebab Keputihan Saat Hamil

mengatasi keputihan saat hamilMengatasi keputihan saat hamil kurang lebih sama dengan mengatasi keputihan pada umumnya karena penyebabnya juga tidak jauh beda. Keputihan pada wanita hamil umumnya terjadi ketika usia kehamilan masih muda. Penyebab paling umum adalah masalah kebersihan di organ kewanitaan.

Ada dua sifat keputihan yang terjadi, yang pertama keputihan yang bersifat normal (fisiologis) dan yang kedua tentu saja keputihan tidak normal (patologis). Keputihan fisiologis biasanya ditandai dengan keluarnya cairan bening, tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa gatal.

Sebaliknya keputihan patologis ditandai keluarnya cairan putih kekuningan atau kehijauan, berbau dan menimbulkan rasa gatal di organ vital. Mereka yang menderita keputihan patologis umumnya juga merasakan nyeri di organ kewanitaan sewaktu buang air kecil.

Sebagian wanita hamil tidak begitu mempedulikan keputihan yang dideritanya.

Mungkin mereka beranggapan gejala yang muncul tidak begitu mengganggu. Namun jika dibiarkan berlarut-larut tanpa penanganan maka keputihan bisa membahayakan kehamilan.

Keputihan saat hamil bisa menyebabkan ketuban pecah sebelum waktunya atau bisa juga bayi lahir secara prematur. Oleh karena itulah mengatasi keputihan saat hamil menjadi sangat penting untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk.

Langkah-langkah Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Bagi Anda wanita hamil yang cemas dengan kasus keputihan, terutama keputihan patologis, berikut cara mengatasi keputihan saat hamil yang harus Anda perhatikan mulai sekarang.

  • Hindari membersihkan area kewanitaan dengan air yang kurang bersih. Perhatikan hal ini terutama jika Anda menggunakan toilet umum.
  • Hindari menggunakan celana terlalu ketat. Hindari pula celana dalam dari bahan sintetis. Untuk pakaian dalam disarankan menggunakan bahan dari katun yang lembut.
  • Tidak perlu terlalu sering memakai panty-liners. Panty-liner dapat membuat area vital menjadi lembab sehingga justru mempermudah munculnya jamur.
  • Ketika pakaian dalam sudah terasa lembab sebaiknya segera mengganti dengan yang kering.
  • Bersihkan area kewanitaan dengan cara tepat. Setelah buang air kecil atau besar basuh area tersebut dengan air bersih dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Cara ini untuk menghindari kontaminasi saluran kantung kemih dari mikroorganisme yang mungkin ada di anus.
  • Kurangi mengonsumsi makanan yang terlalu manis. Hindari juga semua jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein tinggi.
  • Jika harus menggunakan obat sebaiknya hanya mengonsumsi obat yang diresepkan dokter. Atau jika ingin menggunakan obat pilihan sendiri sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.
  • Hindari menggunakan parfum atau wangi-wangian pada area kewanitaan termasuk sabun dengan aroma wangi yang kuat.

Sepertinya cukup mudah mengatasi keputihan saat hamil terutama jika Anda menerapkan beberapa cara diatas. Kuncinya hanya satu yaitu disiplin dan konsisten.

Jika Anda konsisten menjaga area kewanitaan niscaya penyakit keputihan patologis akan menjauh dan kehamilan Anda tetap aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *