senam kegel

Manfaat Senam Kegel & Cara Latihan Kegel Untuk Pria

Posted on

manfaat senam kegelManfaat senam kegel tidak hanya bagi wanita yang baru melahirkan untuk mengencangkan Miss V, namun senam ini juga membawa banyak manfaat untuk pria agar lebih perkasa saat berhubungan intim.

Konon jika dilakukan secara rutin latihan kegel mampu membuat ereksi Mr P lebih keras sehingga tidak mudah loyo ketika melakukan aktivitas seksual.

Tujuan utama latihan kegel untuk menambah kekuatan otot pubococcygeus (PC) atau disebut juga otot panggul. Pada pria maupun wanita otot panggul berada membentang mulai dari tulang ekor hingga tulang kemaluan.

Hampir semua pakar senam meyakini bahwa senam kegel secara signifikan mampu meningkatkan kesehatan pria. Dengan demikian ereksi Mr P lebih keras dan lebih tahan lama dalam urusan ranjang.

Oleh sebab itu metode cara latihan kegel ini banyak dianjurkan oleh ahli terapi seksual untuk penderita impotensi, disfungsi ereksi maupun permasalahan seksual pria lainnya.

Letak Otot Dasar Panggul

Pada prinsipnya cara latihan kegel untuk pria ini cukup mudah dilakukan. Namun yang paling penting Anda harus menemukan dimana letak otot dasar panggul Anda. Cara paling mudah untuk mengetahui letak otot dasar panggul yaitu dengan memperlambat aliran air kencing saat Anda buang air kecil.

Otot-otot yang Anda gunakan untuk memperlambat aliran air kencing itulah yang merupakan otot dasar panggul.

Anda harus fokus untuk mengangkat dasar panggul ke atas. Ketika melakukan kontraksi pada otot panggul, Anda harus tetap bernafas secara normal.

Jika Anda sukses memperlambat aliran air kencing maka berarti Anda sudah berhasil menemukan sekaligus mengontraksi otot-otot dasar panggul.

Jika otot dasar panggul sudah Anda temukan maka cara latihan kegel sudah siap Anda mulai dengan prinsip kontraksi – tahan – lepas – ulangi.

Kontraksikan Otot Dasar Panggul

Cara latihan kegel yang pertama, kontraksikan (kencangkan) otot-otot dasar panggul Anda. Cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan posisi berbaring dengan kaki mengangkang lalu ditekuk. Posisi pertama ini harus Anda lakukan dengan benar karena akan berpengaruh pada tahap selanjutnya.

Tahan Kontraksi Otot Dasar Panggul

Setelah mengambil posisi yang benar seperti yang dijelaskan sebelumnya, cobalah se-lama mungkin Anda tahan kontraksi. Lebih lama lebih bagus.

Mayoritas pria yang baru pertama melakukan teknik senam kegel ini hanya mampu menahan kontraksi selama beberapa detik saja. Atau bahkan ada juga pria yang terus-terusan gagal melakukannya.

Meskipun sering gagal tapi Anda harus terus mencoba. karena ada beberapa variasi atau cara untuk mengantisipasi kondisi tersebut.

Untuk mengetahui seberapa besar perkembangan Anda dalam menahan kontraksi, sebaiknya Anda membuat catatan dari awal latihan. Lihat perkembangannya dalam beberapa minggu.

senam kegel pria

Lepaskan Kontraksi dan Ulangi Lagi

Jika Anda sanggup menahan kegel dalam beberapa lama lepaskan kontraksi kemudian ulangi hal yang sama sebanyak 10 kali.

Setiap kali mengulang upayakan dapat menahan kontraksi lebih lama dari kontraksi sebelumnya hingga Anda mampu menahannya selama 10 detik atau lebih. Lakukan latihan ini secara rutin dan tingkatkan intensitas menahan kontraksi lebih lama.

Jika cara latihan kegel yang Anda lakukan benar maka hasilnya Anda akan merasa bagian testis seperti terangkat.

Hanya saja hal tersebut tidak sepenuhnya dialami oleh pria yang melakukan latihan kegel. Ada banyak pria yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai pada fase tersebut.

Apabila cara latihan kegel ini dilakukan secara teratur biasanya dalam waktu tak lebih dari 6 minggu Anda sudah bisa merasakan peningkatan kekuatan otot dasar panggul Anda.

Dan jika otot dasar panggul sudah terlatih maka latihan kegel ini bisa Anda lakukan dengan posisi berbaring, duduk maupun berdiri.

Manfaat Senam Kegel Untuk Pria

Sebenarnya latihan kegel pertama kali diperkenalkan untuk mengatasi inkontinesia urine pada wanita pasca melahirkan. Dalam sebutan sehari-hari inkontinesia sering disebut dengan beser, yaitu ketidakmampuan menahan aliran urine atau air kencing secara terus-menerus.

Jadi manfaat senam kegel bagi wanita yaitu untuk membantu mengencangkan kembali otot-otot Miss V yang sebelumnya mengendur karena persalinan.

Mengontraksikan Otot-otot Dasar Panggul

latihan kegelLatihan kegel pada pria dilakukan dengan cara mengontraksikan kemudian merenggangkan otot kemih serta otot rectum. Otot-otot tersebut disebut dengan otot dasar panggul.

Secara singkat, dengan latihan kegel maka otot-otot tersebut menjadi lebih kuat sehingga memberi dampak meningkatnya ketahanan pria sewaktu berhubungan intim.

Jadi manfaat senam kegel bagi pria adalah untuk menguatkan ereksi Mr P sekaligus membuatnya lebih tahan lama saat melakukan aktivitas seksual dengan pasangan.

Perlu diketahui, otot dasar panggul merupakan kumpulan otot di area dasar panggul atau lebih tepatnya diantara 2 pangkal tungkai tubuh. Posisinya membentang dari tulang kemaluan ke ruas-ruas tulang ekor.

Untuk menemukan otot-otot dasar panggul ini cukup mudah yaitu dengan menahan atau menghentikan aliran air kencing ketika buang air kecil. Otot yang digunakan untuk menahan dan menghentikan aliran urine itulah yang disebut otot dasar panggul.

Manfaat Senam Kegel untuk Seksualitas Pria

cara latihan kegelSeperti yang diuraikan sebelumnya, manfaat senam kegel bagi pria yaitu meningkatkan kekuatan ereksi Mr P sekaligus mempertahankan kekuatan itu lebih lama.

Lebih tepatnya latihan kegel ini adalah solusi terbaik bagi pria yang memiliki keluhan impotensi, ejakulasi dini atau disfungsi ereksi. Bahkan pada pria usia lanjut senam kegel bermanfaat untuk mengurangi inkontinesia urine atau beser.

Layaknya otot-otot di bagian tubuh lain, otot dasar panggul atau otot-otot di area kandung kemih semakin kuat jika dilatih secara rutin.

Senam kegel ini sangat dianjurkan bagi pria yang semasa hidupnya pernah menjalani bedah atau operasi pengangkatan kelenjar prostat.

Mengingat inkontinensia urine merupakan risiko yang berkaitan dengan pembedahan, dengan sendirinya senam kegel setelah operasi mampu mengembalikan kekuatan otot-otot dasar panggul, sekaligus mengurangi dampak buruk operasi pengangkatan kelenjar prostat.

Lantas mengapa latihan kegel diklaim mampu membuat pria lebih kuat dan tahan lama sewaktu berhubungan intim? Hal ini karena otot-otot dasar panggul berkaitan erat dengan fungsi ereksi dan ejakulasi.

Dengan sendirinya memperkuat otot dasar panggul sama artinya dengan meningkatkan fungsi seksual pria. Lebih jelasnya, latihan mengencangkan dan melepaskan otot-otot dasar panggul secara terus menerus sangat efektif untuk menguatkan ereksi Mr P. Dengan sendirinya tercipta kepuasan seksual yang lebih lama.

kegelSenam kegel juga berhubungan erat dengan masalah ejakulasi. Kaum pria yang rutin melakukan senam kegel tidak menutup kemungkinan mendapatkan multi orgame serta penigkatan sensasi sewaktu mencapai orgasme.

Disinilah “keajaiban” latihan kegel yang mampu mempertahankan ejakulasi sekaligus mengatasi gangguan seksualitas lain seperti impotensi dan disfungsi ereksi.

Untuk mengawali latihan kegel bisa dimulai dengan mengosongkan kandung kemih. Selanjutnya dengan duduk atau berbaring, kencangkan (kontraksikan) otot panggul dan tahan 3 detik selanjutnya rileks 3 detik. Tahan kembali 3 detik lalu rileks lagi 3 detik. Ulangi hingga 10 kali.

Di kesempatan berikutnya lakukan latihan yang sama namun kontraksi dan relaksasi ditingkatkan menjadi 5 detik. Begitu terus hingga latihan bisa mencapai 10 detik kontraksi dan 10 detik relaksasi.

Lakukan setiap 3 kali sehari dan dalam waktu kurang dari 6 minggu Anda sudah bisa merasakan manfaat senam kegel saat berhubungan intim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *