cara membuat infused water lemon

Manfaat Infused Water Lemon Serta Cara Membuatnya

Infused water adalah minuman yang terbuat dari air mineral yang diberi potongan aneka buah segar dan bahan herbal. Air yang sudah didiamkan sekitar 7 jam lebih ini memiliki rasa yang asam cenderung pahit dan sama sekali tidak enak.

Namun, banyak orang yang menggunakan infused water untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi salah satu langkah melakukan diet. Mengapa hanya dengan memasukkan potongan buah saja ke dalam air minum bisa menyehatkan? Karena air minum tersebut memiliki larutan kandungan vitamin yang terdapat dalam buah.

Apabila buah yang terendam air dalam waktu lebih dari 10 jam pada suhu ruangan akan membasi dan mulai membusuk, namun tidak dengan kandungan airnya yang justru kaya akan vitamin.

Vitamin tersebut sudah berpindah ke air sehingga tidak heran apabila strawberry yang berwarna merah menyala akan berubah menjadi pucat tanpa warna lagi setelah dimasukkan ke dalam air dalam waktu berjam-jam.

Banyak wanita yang mengklaim bahwa dengan minum air rendaman potongan buah tersebut bisa secara otomatis menurunkan berat badan dan hingga kini hal tersebut menjadi tren di kalangan masyarakat.

Bagi Anda yang vegan, tentu minuman ini haruslah wajib ada setiap hari. Kenyataan bahwa hal ini dapat menurunkan berat badan dan mengecilkan perut, ternyata terdapat beberapa fakta dibaliknya baik yang positif dan negatif yang perlu diketahui.

resep infused water

Cara Membuat Infused Water Lemon dan Cara Menyimpannya

Buah-buahan atau baan lain yang akan Anda masukkan ke dalam satu botol air mineral sebenarnya bebas jenis buah apa saja, namun umumnya buah yang digunakan adalah buah dari golongan citrus; seperti lemon atau jeruk nipis, atau dari jenis buah beri, yang pada intinya adalah buah yang memiliki kandungan asam, antioksidan dan vitamin C yang tinggi.

Untuk takaran dan jumlah potongan atau jumlah jenis buah yang ingin Anda gunakan adalah bebas, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Lebih baik apabila takarannya hanya untuk sekali minum dalam sekali buat, dengan arti lain Anda harus membuat minuman ini setiap hari agar selalu fresh dan rasanya tidak terlalu asam. Adapun langkah-langkah detailnya yang bisa Anda contoh sebagai cara membuat infused water adalah:

  1. Cuci tangan Anda dengan bersih menggunakan sabun cuci tangan.
  2. Pastikan peralatan yang digunakan seperti pisau, gelas, botol, telenan, dll dalam keadaan bersih.
  3. Siapkan satu gelas atau botol air putih yang sudah di masak. Gunakan air suhu biasa, bukan air panas.
  4. Cuci bersih dengan air mengalir beberapa bahan yang Anda pilih.
  5. Potong tipis-tipis atau bisa juga potong dadu buah, jahe, atau lainnya.
  6. Masukkan ke dalam gelas atau botol tersebut lalu tutup rapat.
  7. Masukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih 3 jam, atau tunggu 1 jam pada suu ruangan.
  8. Infused water siap diminum. Masukkan ke dalam botol minum untuk dibawa sebagai bekal dengan menambahkan es batu yang banyak agar tahan lama.
  9. Apabila membuat stok banyak dan ingin disimpan untuk beberapa hari, maka setelah 24 jam Anda harus buang potongan buah tersebut agar air tidak menjadi basi.
  10. Alternatif lainnya, Anda bisa menambahkan teh hijau, bunga sepatu yang dikeringkan, atau sereh.
  11. Ketika sudah diminum habis airnya dan potongan buah dengan bahan lainnya masih sangat segar, Anda bisa menambahkan air kembali ke sisa bahan tersebut.
Baca Juga:  Cara Cek Tensi Darah Tinggi dan Bagaimana Mengatasinya

Apabila Anda membuat minuman ini lalu tidak dimasukkan ke lemari pendingin, maka dalam waktu sehari itu juga harus segera dihabiskan karena air justru akan menjadi basi dan tidak baik bagi tubuh.

Namun, jika disimpan dalam lemari es, maka minuman ini bisa bertahan hingga 3 hari lamanya. Sebaiknya, minum infused water yang tidak lebih dari 3 jam dalam lemari es agar rasanya tidak asam berlebih atau malah justru pahit.

manfaat infused water lemon

Resep Infused Water Mudah

Resep infused water yang paling umum adalah menambahkan irisan lemon dan daun mint ke dalam satu gelas air putih. Resep ini sebenarnya tidak memiliki patokan khusus yang memiliki bahan wajib, namun Anda bisa bebas memasukkan jenis buah yang Anda sukai tanpa adanya batas jumlah jenis buah tersebut.

Infused water lemon adalah yang paling dipilih dan dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan diet ketat karena diklaim dapat menghilangkan perut buncit dalam waktu singkat bila dibandingkan harus menjaga kalori sehat untuk tubuh.

Namun, ada juga resep air buah sehat ini dengan campuran bahan lain. Berikut 20 tips resep yang mencampurkan beberapa bahan seperti berikut:

  • Mentimun + daun mint + semangka
  • Strawberry + blueberry + kayu manis
  • Nanas + strawberry + lemon
  • Blueberry + daun mint + melon
  • Blueberry + strawberry + raspberry
  • Jeruk nipis + daun mint + mentimun +strawberry
  • Ceri + daun mint + nanas
  • Sunkist + strawberry + bunga sepatu (hibiscus) kering (melalui prose pengeringan seperti daun teh)
  • Raspberry + rosemary + lemon
  • Kiwi + blueberry + strawberry
  • Kurma + kayu manis
  • Jahe + lemon + nanas
  • Apel hijau + kiwi + rosemary
  • Kayu manis (gunakan yang masih dalam bentuk batangan, bukan bubuk) + nanas + ceri
  • Delima + lemon + rosemary
  • Rosemary (1 tangkai sepanjang jari telunjuk) + pear + raspberry
  • Jeruk nipis + jahe (1-2 ruas) + daun basil
  • Semangka + daun mint + melon
  • Jeruk + blueberry + basil
  • Jeruk + jeruk nipis + lemon
Baca Juga:  Akibat Memakai Behel: Akibat Positif dan Akibat Negatif

Resep infused water diatas bisa Anda ganti, ditambah dengan buah lain, ataupun dikurangi bahannya sesuka hati sesuai kemauan. Resep buah dan bahan herbal lainnya ini tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan baik kandungan ataupun dampaknya bagi tubuh.

Maka dari itu, imbangi dengan makanan dan minuman lain yang menyehatkan dan jangan jadikan minuman di atas sebagai minuman utama Anda. Seimbangkan dengan air putih biasa, susu, teh hijau, dan jus buah dan sayur tanpa campuran gula agar sehat yang Anda dapatkan dari air minum bisa terpenuhi dengan benar.

lari pagi

Manfaat Infused Water Lemon dan Buah Lainnya

Manfaat infused water lemon bisa sangat berguna untuk membantu kinerja tubuh untuk membuang racun yang ada di dalam usus, sehingga pencernaan dan penyerapan nutrisi akan semakin baik dan dengan sebab itulah perut tidak lagi membuncit sehingga berat badan bisa turun.

Tentu hal itu bukanlah hal yang praktis, perlu keteraturan dan kedisiplinan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang dalam waktu yang tidak sebentar agar hasilnya benar-benar maksimal. Selain dengan cara dijus, cara memasukkan potongan buah ke dalam air minum Anda juga sangatlah efisien dan praktis.

Infused water bisa menjadi minuman pengganti kopi, teh, atau jus instan yang lebih banyak mengandung kandungan gula buatan.

Memang sampai saat ini belum ada penelitian yang membahas tentang dampak minuman tersebut bagi tubuh dengan penemuan-penemuan fakta lain, namun hal ini sudah sangat terbukti ampuh sebagai salah satu cara detoksifikasi tubuh secara alami dan yang paling mudah dilakukan.

Setelah beberapa kali mencoba minum minuman dengan rendaman buah ini, tubuh akan terasa ringan, fresh, dan lemak pada perut akan mengecil. Manfaat infused water lemon lainnya adalah, mengatasi susah BAB dan meringankan nyeri wasir, bahkan bisa membantu kinerja ginjal.

riset

Fakta Negatif Infused Water

Air yang dimasuki potongan buah tersebut tertanya tidak selalu berdampak posotif bagi tubuh dan justru menjadi media utama membawa penyakit.

Mengapa bisa? Karena bahan buah yang bisa saja terdapat bakteri mematikan atau sejenis parasit yang menempel pada kulit ataupun di dalam daging buah meski terlihat segar. Akan lebih baik apabila buah yang dipakai adalah bua organik.

  • Beberapa bakteri pernah ditemukan dalam buah segar, seperti bakteri E. Coli dan Candida. Adapun telah ditemukan jenis bakteri yang mengakibatkan masalah kulit. Usahakan bahwa Anda cuci tangan dan mencuci bersih bahan-bahan tersebut sebelum dipotong-potong agar terbebas dari sisa-sisa pestisida, mikroborganisme dan kotoran yang menempel karena mengingat bahwa bahan yang digunakan adalah bahan yang masih mentah dan segar. Tentunya hal itu juga untuk mencegah masalah pencernaan seperti sakit perut, alergi, atau diare. Air yang digunakan juga air matang. Anda boleh menambakan beberapa balok es batu agar semakin segar dan tidak cepat basi saat dibawa pergi jalan-jalan.
  • Kurang baik untuk gigi. Air lemon apabila diminum terlalu sering maka email gigi lama-lama akan terkikis. Air lemon sebaiknya dikonsumsi sebelum gosok gigi dan diamkan hingga dingin apabila air yang digunakan adalah air hangat. Sifat asam yang terdapat pada lemon akan meningkatkan risiko pembusukan gigi, sehingga air lemon sebaiknya diminum tidak terlalu sering.
  • Air dengan potongan lemon yang biasa diminum pagi hari setelah bangun tidur oleh Anda yang sedang diet ternyata tidak semua bisa cocok. Beberapa orang akan merasa baik-baik saja meminumnya, namun ada beberapa juga yang merasa nyeri di lambung karena jumlah produksi asam lambung yang menjadi tinggi. Orang yang memiliki sensitifitas lambung terhadap makanan dan minuman yang asam akan membawa dampak kurang baik. Baiknya, gunakan potongan jahe dan mentimun atau hanya cukup dengan memasukkan beberapa buah kurma ke dalam air untuk membuat infused water apabila untuk dikonsumsi pagi hari. Barulah bisa menggunakan potongan buah lemon untuk resep selanjutnya untuk siang hari.
Baca Juga:  Begini Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dengan Cepat

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai manfaat infused water lemon beserta dampak positif dan dampak negatifnya. Menjaga pola makan memang sangat diperlukan, selain tren press juice, minuman ini sampai sekarang masih sangatlah eksis bahkan beberapa kedai jus juga menjual minuman ini.

Tentu, apabila dengan memilih untuk langsung membeli dan tidak membuat sendiri, harganya sebanding dengan pilihan buah karena harga beberapa buah yang tidaklah murah dan variasi mix buahnya yang banyak. Perhatikan cara membuatnya dengan benar agar tidak salah dampaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *