makanan penderita tipes

Berbagai Jenis Makanan untuk Penderita Tipes

Makanan untuk Penderita Tipes – Tipes adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi yang menginfeksi tubuh. Bakteri penyebab tipes ini biasanya terdapat pada makanan atau pun minuman.

Terdapat beberapa gejala dari penyakit tipes ini antara lain sakit perut disertai mual, demam yang tinggi, denyut nadi yang tiba-tiba melambat, lemas, dan perubahan warna lidah menjadi putih pucat.

Selain itu, penderita tipes biasanya mengalami penurunan berat badan yang cukup banyak karena penderita tidak boleh memakan makanan berat yang banyak mengandung karbohidrat.

Jenis makanan untuk sakit tipes harus memiliki kandungan yang dapat mengembalikan tenaga, rendah serat, tidak peda, rendah asam dan makanan dengan tekstur yang lunak.

Rekomendasi Buah untuk Sakit Tipes

Pisang

pisangBuah pisang memiliki begitu banyak manfaat yang baik bagi tubuh, dan merupakan jenis makanan untuk orang tipes yang dianjurkan.

Hal tersebut karena penderita tipes tidak boleh mengonsumsi makanan berat yang mengandung karbohidrat sehingga banyak kehilangan tenaga. Oleh sebab itu, pisang bisa menjadi asupan yang baik untuk mengembalikan tenaga.

alpukatAlpukat

Orang yang sedang sakit, biasanya proses metabolismenya akan terganggu. Oleh sebab itu, dia memerlukan asupan makanan yang dapat memperbaiki metabolisme dengan baik. Salah satu yang bisa dimakan adalah buah alpukat.

Buah yang satu ini kaya akan kandungan serat dan lemak baik bagi tubuh. Kandungan asam lemak dalam alpukat bermanfaat untuk menguatkan sel hati dan juga memproduksi antibodi.

Apel

apelBuah apel banyak mengandung vitamin B komplek dan C yang bermanfaat meningkatkan energi dan kekebalan tubuh. Kandungan tersebut diperlukan oleh orang yang sakit tipes untuk membantu proses penyembuhan.

Selain itu, apel juga mengandung antioksidan yang menangkal zat-zat tidak baik untuk tubuh. Konsumsilah apel selama masa peyembuhan dan setelah sembuh agar mencegahnya datang lagi.

Baca Juga:  Mengenal Ciri-ciri, Fakta Serta Kelebihan Golongan Darah O

pepayaPepaya

Orang yang sedang menderita penyakit tipes akan terganggu pencernaannya. Salah satu buah yang dapat membantu melancarkan pencernaan adalah pepaya.

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang dapat membantu menguatkan sistem imun. Selain itu, mengonsumsi buah pepaya dapat menghindarkan penderita tipes dari dehidrasi. Teksturnya yang lembut merupakan jenis makanan penderita tipes yang cocok.

anggur

Anggur

Buah anggur merupakan makanan yang dianjurkan bagi penderita tipes. Anggur memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh apalagi saat sedang sakit.

Buah anggur ini bisa dikonsumsi secara langsung atau pun bisa dengan dibuat jus tanpa menggunakan es dan gula. Teksturnya yang lembut juga cocok bagi lambung penderita tipes.

Mangga

manggaJenis makanan untuk penderita tipes selanjutnya adalah buah mangga. Buah mangga kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Mengonsumsi buah mangga dapat membantu proses penyembuhan penyakit tipes. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau pun diblender tanpa mencampurkan gula, sebagai gantinya campurkanlah susu rendah lemak karena lebih bagus bagi penderita tipes.

semangkaSemangka

Buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita tipes adalah semangka. Kandungan vitamin pada semangka dapat membantu proses penyembuhan penyakit tipes. Selain itu, semangka memiliki efek menenangkan dan mendinginkan sehingga akan terasa nyaman jika semangka masuk ke dalam tubuh dan dicerna.

Semangka bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diblender dengan susu.

Naga Merah

buah nagaJenis makanan untuk sakit tipes lainnya adalah buah naga merah. Buah naga merah memiliki kandungan yang sangat baik bagi penyembuhan penyakit tipes.

Buah ini dapat langsung dinikmati atau pun diblender untuk dijadikan jus. Selain itu, bisa juga membuat salad buah yang terdiri dari buah-buahan di atas kemudian dicampur dengan susu.

Makanan untuk Orang Tipes yang Direkomendasikan

ikanIkan rebus

Baca Juga:  5 Obat Kapalan Sederhana dan Paling Mujarab

Jenis makanan untuk orang tipes sebaiknya mengandung banyak protein untuk mengembalikan tenaga, salah satunya adalah ikan. Cara pengolahannya pun bisa direbus atau pun ditim sehingga membuat tekstur ikan semakin lembut.

Jenis ikan yang direkomendasikan yaitu ikan salmon. Selain menambah energi, ikan juga bisa menambah berat badan penderita tipes.

Daging ayam rebus

ayamSumber makanan lain yang memiliki kaya akan kandungan protein adalah daging ayam. Cara pengolahan yang disarankan adalah dengan merebus daging ayam agar lebih lunak dan bebas minyak.

Bagian ayam yang dianjurkan adalah dada karena memilki kandungan kalori yang rendah. Protein yang terkandung dalam daging ayam lebih dari cukup untuk meningkatkan energi.

Hati ayam

Jenis makanan untuk penderita tipes yang dianjurkan adalah hati ayam. Kandungan protein yang ada pada hati ayam sangat membantu proses penyembuhan penyakit tipes, dan juga sebagai asupan energi bagi tubuh.

Tekstur hati ayam yang lembut menjadikannya mudah dicerna. Apalagi, penderita tipes dianjurkan untuk memakan makanan yang bertekstur lunak.

tahu

Tahu

Sudah tidak diragukan lagi, kandungan protein pada tahu sangat tinggi sehingga baik bagi penderita tipes. Tahu juga memiliki tekstur yang lembut sehingga akan mudah dicerna.

Cara pengolahan tahu untuk penderita tipes sebaiknya direbus agar tidak mengandung minyak. Jika ingin digoreng, maka pilihlah minyak yang rendah kalori atau diganti menggunakan minyak zaitun.

Kacang Kedelai

kedelaiJenis makanan untuk penderita tipes yang kaya akan protein adalah kacang kedelai. Protein nabati yang tinggi pada kedelai sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan protein penderita tipes.

Konsumsilah kacang kedelai dengan cara merebusnya. Bisa juga dikombinasikan dengan makanan lain yang memiliki kandungan baik agar lebih enak.

margarinMargarin

Penderita tipes juga dianjurkan untuk mengonsumsi margarin namun dalam takaran yang wajar. Hal tersebut karena margarin memiliki kandungan protein dan lemak yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga:  7 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut Yang Perlu Dicoba

Kandungan lemak pada margarin dapat membantu menambah energi dan menaikkan berat badan walaupun tidak banyak. Anda bisa menggunakan margarin sebagai pengganti minyak saat menggoreng tahu atau lainnya.

Bubur

Makanan yang bertekstur lunak sangat diprioritaskan bagi penderita tipes. Jenis makanan untuk penderita tipes yang bertekstur lunak adalah bubur.

Buatlah bubur menggunakan kaldu ayam karena memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi. Tekstur bubur yang lembut dan encer memudahkan tubuh untuk mencernanya.

nasi tim

Nasi Tim

Selain bubur, makanan lunak lain yang bisa diberikan kepada penderita tipes adalah nasi tim ayam. Nasi tim dapat dijadikan sebagai pengganti nasi biasa karena lebih memiliki tekstur yang lembut.

Penambahan daging ayam dapat memberikan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan begitu, nasi tim memiliki kandungan yang lengkap yaitu karbohidrat dan protein.

Kentang Tumbuk

Jenis makanan untuk penderita tipes lainnya adalah kentang. Kandungan yang dimiliki oleh kentang dapat membantu proses penyembuhan dan memberikan energi bagi penderita tipes.

Cara pengolahan yang dianjurkan yaitu dengan direbus kemudian ditumbuk sampai halus. Tekstur yang seperti ini memudahkan penderita tipes untuk mencernanya. Apalagi, mereka belum boleh memakan makanan berat.

Puding

Puding merupakan jenis makanan untuk penderita tipes yang direkomendasikan. Teksturnya yang lunak, dan komposisinya yang kaya akan bermanfaat untuk menambah energi bagi tubuh.

Puding juga bisa dicampur dengan beberapa buah-buahan yang aman bagi penderita tipes agar manfaat yang diberikan semakin berlipat. Memakan puding juga akan memberikan sensasi nyamanpada perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *