macam macam keputihan

Macam Macam Keputihan dan Penyebabnya

Posted on

Keputihan merupakan salah satu masalah klasik para wanita. Namun ternyata masih banyak wanita yang tidak tahu mengenai penyebab dan juga macam macam keputihan ini serta menganggapnya sebagai hal yang sepele. Apabila tidak ditangani dengan benar, keputihan bisa memiliki akibat yang fatal.

Termasuk di antaranya adalah kemandulan serta kehamilan ektopik atau hamil di luar kandungan. Resiko lain yang dapat terjadi dari keputihan yang tidak segera ditangani adalah kanker rahim.

Penting bagi kita untuk mengetahui sejak ini apa saja penyebab keputihan dan juga macam macam keputihan yang ada.

Macam Macam Keputihan Yang Umum Diderita

Terdapat dua macam keputihan. Pertama adalah yang bersifat fisiologis. Jenis keputihan yang satu ini umum diderita saat masa subur, sesudah serta sebelum menstruasi. Keputihan fisiologis disebut juga sebagai keputihan normal, di mana lendir muncul berlebih, tidak berbau serta tidak gatal.

Keputihan fisiologis yang terjadi pada wanita hamil tidak akan berpengaruh pada janin karena adanya selaput ketuban yang melindungi janin. Ciri-ciri dari keputihan fisiologis ini di antaranya adalah cairan keputihan encer, berwarna bening atau krem, tidak berbau, tidak gatal dan jumlahnya sedikit.

Berikutnya macam macam keputihan yang kedua adalah keputihan patologis atau keputihan yang tidak normal. Keputihan patologis ini termasuk sebagai penyakit. Keputihan patologis terutama dapat menyebabkan aneka efek kesehatan yang membahayakan bagi wanita.

macam keputihanKeputihan patologis terjadi karena adanya infeksi sehingga akan meningkatkan resiko lahirnya bayi prematur pada wanita hamil dan bayi juga akan terkena infeksi tersebut.

Bayi dapat mengalami gangguan pencernaan hingga pernapasan yang dalam beberapa kasus akan berujung pada kematian.

Ciri-ciri keputihan patologis di antaranya adalah cairan bersifat kental, berwarna putih susu, kuning atau hijau, menyebabkan rasa gatal, bau tidak sedap, menyisakan bercak pada celana dalam wanita dan juga memiliki jumlah yang sangat banyak.

Baca Juga:  Mengatasi Keputihan Saat Hamil Untuk Menghindari Prematur

Penting untuk segera mencari pengobatan dalam macam macam keputihan patologis ini mengingat bahaya kesehatan yang mengintai di baliknya.

Penyebab keputihan sendiri di antaranya adalah kebersihan yang kurang dijaga dengan baik, terutama di daerah seputar organ kewanitaan. Kelembaban pada organ kewanitaan yang meningkat akan membuat adanya infeksi bakteri patogen dan akan menyebar dengan sangat mudah.

Selain masalah kebersihan, stress juga dapat menjadi pemicu keputihan. Reseptor otak yang mengalami stres akan menyebabkan perubahan serta keseimbangan hormon yang berujung pada keputihan.

Penyebab terakhir adalah pemakaian obat-obatan tertentu seperti obat-obatan KB dan antibiotik dalam waktu yang lama.

Penggunaan obat dalam jangka waktu lama akan dapat menyebabkan sistem imunitas dalam tubuh terganggu, demikian juga dengan keseimbangan hormonal yang akan turut terganggu. Demikian adalah informasi terkait keputihan yang harus kita tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *