penyakit kelamin pada wanita

Jenis Penyakit Kelamin Pada Wanita dan Pria

Posted on

Penyakit kelamin merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada alat kelamin serta disebarkan melalui kontak seksual. Penyebar penyakit kelamin sendiri dapat berupa mikoorganisme yang umum ditemukan hidup dalam lendir, selaput kulit ataupun cairan. Penyakit ini termasuk sebagai Penyakit Menular Seksual atau PMS.

Kontak seksual yang turut melibatkan cairan tubuh dapat menyebabkan penularan secara cepat. Area kelamin juga memiliki sifat yang lembab sehingga akan sangat berpotensi dalam menjadi tempat tinggal bagi mikroorganisme.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit kelamin pada pria dan wanita yang penting untuk kita ketahui, lengkap dengan gejala yang sering muncul.

Beberapa Jenis Penyakit Kelamin Pada Wanita dan Pria

jenis penyakit kelaminJenis yang pertama adalah cervicitis. Penyakit ini berupa peradangan yang terjadi pada mulut rahim atau serviks. Awal dari penyakit ini seringkali tidak disertai gejala sehingga banyak wanita tidak memperhatikan atau merasakannya.

Terkadang gejala ringan seperti pendarahan akan terjadi akan tetapi seringkali dianggap seperti menstruasi biasa. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual.

Kedua adalah chlamydia. Penyakit yang satu ini dapat terjadi pada pria ataupun wanita. Chlamydia umumnya terjadi pada wanita muda serta remaja.

Chlamydia termasuk jenis penyakit kelamin yang mudah untuk diobati serta seringkali tidak menyebabkan gejala sehingga banyak dari penderitanya yang tidak menyadari bahwa mereka tengah mengidap penyakit kelamin.

Penyakit yang lainnya adalah epididimitis. Pada penyakit yang satu ini, akan terdapat peradangan pada epididimitis, yaitu bagian yang letaknya tepat di bagian belakang dari testis pria. Penyakit ini dapat terjadi pada pria dari segala usia. Epididimitis terutama terjadi karena bakteri yang dapat mengakibatkan chlamydia ataupun gonore.

Baca Juga:  Sipilis Pada Wanita dan Resikonya Terhadap Kandungan

Selanjutnya adalah penyakit gonore. Gonore bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Penyakit ini terutama dapat menyebabkan masalah pada saluran kencing, tenggorokan hingga rektum.

Pada wanita, gonore bisa menyebabkan infeksi di serviks atau leher rahim. Gonore umumnya menular akibat hubungan seksual. Ibu yang terinfeksi gonore serta melahirkan seorang bayi, maka sang bayi dapat mengalami infeksi di bagian matanya.

Penyakit kelamin lain yang umum diderita adalah vaginitis. Vaginitis merupakan peradangan pada organ seksual wanita. Gejala vaginitis umumnya adalah nyeri, gatal serta keputihan berlebihan. Penyebab dari vaginitis di antaranya adalah penurunan tingkat estrogen pada wanita yang telah mengalami menopause serta masalah terkait keseimbangan pH di dalam vagina.

Jenis penyakit kelamin pada wanita atau pria lainnya adalah urethritis. Penyakit yang satu ini merupakan infeksi pada bagian uretra, yaitu saluran kencing. Infeksi yang satu ini juga kerap menyebabkan pengaruh pada bagian prostat, organ reproduksi serta kandung kemih.

Urethritis yang sudah parah dapat berlanjut pada komplikasi seperti chlamydia hingga herpes. Pria dan wanita sama-sama berpotensi untuk mengidap penyakit ini, namun wanita memiliki resiko yang lebih besar.

Jenis penyakit kelamin yang lainnya adalah trichomoniasis. Penyakit menular seksual yang satu ini terutama disebabkan oleh parasit. Trichomoniasis termasuk penyakit menular seksual yang bisa disembuhkan namun tidak akan menampakkan gejala sampai benar-benar buruk. Baik pria maupun wanita sama-sama dapat terkena penyakit ini sebagai akibat dari hubungan seksual.

Terakhir adalah prostatitis. Sesuai namanya, penyakit ini menyerang bagian prostat pada laki-laki. Kelenjar prostat akan meradang hingga membengkak sebagai akibat dari prostatitis. Penyakit ini dapat membuat pria merasa sakit saat buang air kecil serta rasa yang tidak nyaman hingga flu.

Baca Juga:  Mengetahui Ciri Ciri Penyakit Sipilis dan Resikonya

Demikian adalah beberapa jenis penyakit kelamin yang dapat menyerang pria maupun wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *