Jenis Obat Nyeri Haid dan Penanganan Haid Secara Mandiri

Posted on

Nyeri datang bulan atau nyeri haid sering dialami oleh wanita terutama mereka yang memiliki siklus haid tidak teratur. Secara umum nyeri haid bisa diatasi dengan obat-obatan khusus atau dengan bantuan medis.

Biasanya solusi paling cepat dengan mengonsumsi obat pereda nyeri untuk menghentikan rasa nyeri yang muncul.

Selain obat nyeri haid yang bisa dibeli di apotik keluhan nyeri setiap menstruasi bisa diatasi dengan penanganan secara mandiri. Penanganan sendiri ini sifatnya hanya untuk mengurangi nyeri, bukan untuk menyembuhkan secara total.

Mengatasi Nyeri Haid dengan Obat-Obatan

Untuk menyembuhkan nyeri haid secara efektif berikut beberapa jenis obat yang direkomendasikan.

Obat Anti Inflamasi Non-steroid (OAINS)

Untuk kasus nyeri haid yang tergolong ringan biasanya dokter akan memberi resep OAINS. Jenis obat OAINS yang kini sudah dijual bebas contohnya aspirin dan ibuprofen.

Untuk dosis, cara penggunaan dan efek samping sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Perhatikan dosis serta semua informasi yang tertera di label atau kemasan.

Paracetamol

Paracetamol bisa menjadi alternatif lain jika OAINS tidak memberi efek apapun. Selain efek sampingnya sangat minim paracetamol juga sudah dijual bebas di apotik dan toko obat.

Pilihan lainnya yaitu Kodein, namun untuk obat penghilang rasa sakit ini hanya bisa didapat dengan menggunakan resep dokter.

Pil Kontrasepsi

Obat nyeri haid yang tak kalah ampuh untuk meredakan nyeri dan pegal yaitu kontrasepsi oral atau pil KB. Obat ini bekerja dengan menipiskan lapisan pada dinding rahim sekaligus mengurangi senyawa prostaglandin yang dikeluarkan oleh tubuh.

Saat lapisan rahim menipis otomatis otot-otot tidak perlu terlalu sering berkontraksi sehingga rasa nyeri bisa jauh berkurang.

Mengatasi Nyeri Haid Secara Mandiri

nyeri haidSeperti yang disebutkan sebelumnya selain menggunakan obat nyeri haid, rasa nyeri sewaktu haid dan pegal-pegal bisa dikurangi dengan penanganan sendiri. Artinya hanya bersifat meringankan, bukan menyembuhkan secara total.

Mandi Air hangat atau Botol Air Panas

Seaktu nyeri haid datang sebaiknya rutin mandi dengan air hangat. Selain mampu meredakan nyeri, mandi air hangat membuat tubuh terasa santai dan nyaman.

Cara lain untuk mengurangi nyeri haid yaitu dengan botol berisi air panas. Caranya, isi botol (usahakan dari beling) dengan air panas lalu kompreskan pada perut bagian bawah yang sakit untuk mengurangi nyeri.

Suplemen Makanan

Mengonsumsi vitamin B1, B6, E, magnesium dan omega-3 menurut studi juga efektif mengurangi nyeri haid. Imbangi dengan kebiasaan hidup sehat dengan berhenti merokok dan berhenti minum minuman beralkohol. Rokok dan minuman beralkohol justru memicu nyeri yang lebih hebat.

Lakukan Relaksasi

Memberikan pijatan ringan di area perut ternyata cukup ampuh untuk meredakan nyeri haid. disamping itu mencoba mengalihkan rasa sakit dengan kegiatan yoga atau pilates juga efektif memanipulasi rasa nyeri akibat haid.

Obat Nyeri Haid Akibat Kondisi Lain

Adakalanya obat anti-inflamasi non-steroid atau obat nyeri haid lainnya tidak mampu lagi mengatasi nyeri haid. Jika kondisi tersebut terjadi disarankan segera berkonsultasi dengan dokter spesialis. Dengan begitu segera diketahui penyebab nyeri haid yang tidak kunjung sembuh tersebut.

Biasanya pengobatan yang dilakukan mengacu pada penyebab penderita mengalami nyeri haid berkepanjangan.

Mungkin pada awalnya rasa nyeri cukup dihilangkan dengan obat nyeri haid, namun tetap saja perlu diobati penyebab dasarnya.

Satu contoh nyeri haid disebabkan fibroid atau endometriosis, pada kondisi tersebut mungkin satu-satunya jalan untuk menyembuhkan rasa nyeri hanya dengan jalan operasi atau bila perlu pengangkatan rahim jika tidak punya rencana memiliki anak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *