penyakit kulit herpes

Ketahui Gejala dan Penyebab Penyakit Kulit Herpes

Posted on

Penyakit kulit herpes adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus. Herpes kulit mempunyai gejala bintil-bintil transparan di suatu area pada kulit sesuai jalur saraf.

Penyakit kulit ini kebanyakan disebabkan oleh herpes simpleks 1 (HSV-1). Virus jenis ini adalah virus yang banyak menyerang pada area kulit yang sensitive seperti bibir, tangan, hingga alat kelamin.

Sekitar 30 sampai 90% dari orang yang terkena penyakit herpes kulit di Amerika Serikat adalah orang dewasa dengan atau tanpa gejala yang terlebih dulu terjadi. Penderita herpes kulit dapat mengalami suatu masa dimana virus herpes tidak kembali aktif dan virus tersebut tidak akan menular ke orang lain.

Namun seaktu-waktu virus herpes kulit bisa kembali muncul kapan saja, di mana saja, dan orang lain dapat tertular virus herpes kulit ini. Bahkan ada beberapa kasus di mana penderita herpes kulit tidak mengalami gejala timbulnya herpes kulit seperti luka.

Penyakit kulit herpes dapat ditularkan dengan beberapa cara penyebaran virus seperti lewat sentuhan misalnya berpegangan tangan, berpelukan, atau berciuman.

Penyakit kulit ini juga dapat menyebar lewat menggunakan barang bersama-sama seperti gelas, handphone, handuk, dan peralatan makan.

Lalu apa saja gejala-gejala dari penyakit herpes kulit?

  • Gejala penyakit herpes kulit biasanya mulai muncul 8 hari setelah penderita mengalami keluhan seperti demam.
  • Area kulit yang terkena virus herpes biasanya akan sering mengalami kesemutan.
  • Area kulit yang terkena virus herpes juga akan muncul lepuhan seperti gelembung kecil yang berisi cairan.
  • Area kulit yang terdapat gelembung kecil tersebut akan terlihat kemerahan pada bagian tepinya.
  • Pada kelenjar getah bening akan terjadi pembengkakan.

Untuk gejala herpes kulit yang masih ringan biasanya akan sembuh dalam 7 sampai 10 hari.

Baca Juga:  Penyakit Radang Panggul Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Penyakit Kulit Herpes

penyakit kulit herpesStres

Hindari stress jika Anda tidak ingin mengalami herpes kulit. Jika Anda mempunyai masalah yang tak kunjung selesai ataupun masalah yang rumit seperti ekonomi, hubungan percintaan, pekerjaan, atau rumah tangga maka bisa menyebabkan herpes kulit. Janganlah Anda terlalu memikirkan masalah Anda.

Cukup dibawa dengan santai dan berpikirlah dengan tenang agar masalah Anda bisa terselesaikan. Saat Anda sudah merasa stress lebih baik lakukan sesuatu yang akan membuat Anda senang seperti melakukan hobi, jalan-jalan, bersantai, mendengarkan musik, menonton film, dan masih banyak lagi cara untuk membuang stress.

Berdekatan atau bersentuhan dengan penderita herpes kulit

Resiko terkena herpes kulit akan meningkat jika Anda berdekatan atau bersentuhan dengan penderita herpes kulit. Jika kita berdekatan dengan penderita, maka akan terjadi sentuhan kulit. Dari situlah virus herpes akan terbang ke kulit Anda dan tumbuh dengan cepat.

Daya tahan tubuh menurun

Herpes kulit akan lebih mudah menyerang Anda jika daya tahan tubuh Anda sedang menurun. Tidak hanya herpes kulit, tapi semua penyakit bisa menyerang Anda saat daya tahan tubuh melemah. Maka dari itu jangan lupa untuk makan makanan yang mempunyai kandungan 4 sehat 5 sempurna agar imun tubuh Anda dapat meningkat. Anda juga bisa minum vitamin.

Faktor umur

Usia yang sudah lanjut biasanya akan rentan terhadap suatu penyakit seperti penyakit herpes kulit.

Bagi Anda yang memang sudah lanjut usia, maka harus menjaga kesehatan Anda lebih baik lagi mulai dari sekarang. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi, rajin berolahraga, dan terapkan pola hidup sehat.

Baca Juga:  Ketahui Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Gonore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *