memakai krim foundation

Tips Memilih Foundation untuk Kulit Berminyak

Foundation untuk Kulit Berminyak – Manusia memang diciptakan dengan karakteristik yang berbeda-beda setiap individunya, termasuk dalam karakter wajah.

Tipe wajah manusia sangat beragam mulai dari yang memiliki tipe kulit kering, normal hingga kulit yang berminyak. Masing-masing jenis kulit ini membutuhkan perawatan dan penanganan yang berbeda supaya wajah tetap dapat tampil maksimal.

Perawatan dan penanganan ini meliputi pemilihan jenis skincare dan kosmetik yang harus disesuaikan dengan jenis kulit pemakainya.

Penggunaan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit selain dapat membuat tampilan kulit lebih cantik juga dapat menjaga kesehatan kulit Anda.

Ada banyak jenis kosmetik wajah mulai dari mulai foundation, bedak, blush on, concealer dan masih banyak lagi. Foundation adalah salah satu yang paling sering digunakan karena fungsinya sebagai alas yang melapisi permukaan wajah sebelum aplikasi kosmetik lainnya.

Pemilihan foundation harus dilakukan dengan benar dengan menyesuaikan dengan tujuan tampilan yang diinginkan maupun jenis kulit. Pemilihan jenis foundation yang salah justru dapat merusak tampilan makeup bahkan merusak kulit penggunanya.

Foundation untuk kulit berminyak tentu berbeda dengan foundation untuk kulit kering.

foundation untuk kulit berminyak

Bagaimana Memilih Foundation untuk Kulit Berminyak

Memperlakukan kulit dengan tipe kering dan berminyak memang harus berbeda. Penggunaan jenis foundation yang sama bisa memberikan hasil yang berbeda jika diterapkan pada jenis kulit yang berbeda pula.

Salah memilih foundation untuk kulit berminyak bisa berakibat pada tampilan wajah yang tidak sesuai dengan keinginan. Kelebihan minyak di wajah jika bertemu dengan kosmetik yang kurang tepat dapat membuat wajah semakin terlihat mengkilap seperti kilang minyak yang tentunya tidak Anda inginkan.

Ada beberapa tips untuk Anda pemilik kulit berminyak yang sedang memilih jenis foundation yang tepat :

Pilih jenis foundation bebas minyak

Baca Juga:  6 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Merusak Rambut

Banyak orang menginginkan hasil akhir riasan yang matte atau yang halus dan tidak terlihat mengkilap. Bagi yang memiliki kulit berminyak, hasil matte ini bisa sulit diperoleh jika Anda menggunakan kosmetik yang juga memiliki kandungan minyak di dalamnya.

Maka dari itu, pilihlah jenis foundation untuk kulit berminyak yang bebas minyak atau oil free. Penggunaan foundation yang oil free ini akan memberikan kesan yang ringan sehingga tetap terlihat cantik meskipun kulit Anda berminyak.

Pilih tipe foundation yang cair ataupun bubuk

Bagi Anda yang berkulit berminyak sebaiknya hindari penggunaan foundation berbentuk cream dengan konsistensi yang pekat dan lengket. Konsistensi foundation yang lengket justru akan membuat riasan menjadi berat dan akan terlihat aneh ketika wajah Anda berminyak.

Foundatin cair/liquid bisa jadi pilihan tepat karena jenis foundation ini lebih ringan, mudah diaplikasikan dan tidak terlihat berat di wajah Anda. Perlu diingat untuk memilih liquid foundation yang water based dan bebas minyak agar tidak semakin menambah kilap wajah Anda.

Selain foundation cair, ada pula jenis foundation untuk kulit berminyak lainnya yang berbentuk bubuk. Jenis foundation bubuk ini dapat sangat membantu mengurangi kilap pada wajah akibat minyak berlebih.

Penggunaan foundation jenis ini bisa memberikan kesan riasan wajah yang ringan dan natural. Aplikasi jenis powder foundation ini adalah dengan menggunakan brush agar aplikas merata ke seluruh permukaan wajah.

foundation wardah untuk kulit berminyak

Gunakan pelembab wajah dan primer sebelum aplikasi foundation

Sebaik apapun kualitas foundation yang digunakan, hasilnya tetap tidak akan maksimal jika kondisi kulit wajah tidak sehat. Kesehatan kulit wajah ini salah satunya ditandai dengan kondisi kelembabannya.

Kulit yang baik adalah kulit yang kelembabannya terjaga dan tidak kering. Pelembab atau moisturizer dapat digunakan untuk memberikan kelembaban pada kulit agar penggunaan foundation lebih melekat dan tahan lama.

Baca Juga:  Macam-Macam Trend Warna Rambut 2018

Pemilihan pelembab ini juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Pemilihan pelembab wajah yang tepat dapat membantu menurunkan produksi minyak di wajah dan memberikan kelembaban yang optimal.

Bagi pemilik kulit berminyak, jenis pelembab gel adalah pilihan yang tepat karena dapat membantu mengurangi produksi minyak wajah.

Hindari jenis stick foundation

Pemilik jenis kulit berminyak sebaiknya menghindari jenis foundation stik karena foundation ini memiliki tekstur yang berat dan dapat menyumbat pori-pori.

Foundation yang berat jika diaplikasikan pada kulit berminyak justru akan membuat produksi minyak akan semakin berlebih dan membuat riasan menjadi luntur akibat kelebihan minyak.

krim wajah

Penggunaan Foundation Wardah untuk Kulit Berminyak

Sebagai produsen kosmetik dalam negeri yang sudah cukup berpengalaman, Wardah telah mengeluarkan banyak produk kosmetik dan skincare termasuk foundation.

Foundation keluaran Wardah pun dibuat dalam beberapa varian yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Jenis foundation yang dikeluarkan oleh brand Wardah ini diantaranya :

Luminous Creamy Foundation

Jenis foundation wardah ini memiliki konsistensi krim yang dapat memiliki coverage cukup tinggi. Foundation ini mampu membantu menyamarkan bintik hitam dan noda bekas jerawat sehingga membuat tampilan wajah menjadi lebih mulus.

Akan tetapi jenis ini bukan merupakan foundation Wardah untuk kulit berminyak karena jenis krim ini tergolong cukup berat dan dapat membuat wajah berminyak menjadi semakin berminyak.

Luminous Liquid Foundation

Foundation cair ini memiliki tekstur yang ringan dan cocok untuk wajah berminyak. Foundation Wardah untuk kulit berminyak ini mampu menutupi noda-noda pada wajah dan meratakan warna kulit. Tekstur yang ringan membuat foundation cair ini mudah meresap di kulit dan tidak terasa lengket.

Exclusive Liquid Foundation

Foundation ini juga berbentuk cair dengan formulasi yang lebih lengkap. Foundation ini selain berfungsi untuk menutupi noda pada wajah dan meratakan warna kulit juga mampu melindungi wajah dari paparan sinar UV.

Baca Juga:  Variasi Warna Rambut Untuk Kulit Sawo Matang Yang Cocok

Foundation ini dirancang dengan formulasi yang ringan, mudah menyerap dan juga dapat membuat tampilan wajah lebih natural. Jenis foundation ini cocok digunakan oleh pemilik jenis kulit normal hingga berminyak.

foundation wajah

BB Cream

Jenis foundation ini merupakan jenis yang ringan dan dapat digunakan untuk sehari-hari. BB Cream dibuat untuk menyamarkan noda di wajah, mencerahkan warna kulit, melembabkan kulit dan juga dapat membantu mengontrol produksi minyak di wajah.

Karakteristik ini membuat BB cream menjadi salah satu foundation Wardah untuk kulit berminyak.

DD Cream C-Defense

DD Cream adalah krim pelembab yang juga dapat difungsikan sebagai foundation makeup. DD Cream ini memiliki kandungan yang lengkap dari mulai antioksidan, vitamin C dan SPF 30.

Krim ini terasa ringan di wajah dan dapat digunakan sebagai alas bedak sehari-hari. Kandungan yang lengkap membuat krim ini juga dapat membantu memperbaiki dan melindungi kondisi wajah.

Memilih foundation untuk kulit berminyak memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Salah memilih foundation bisa berakibat pada tampilan yang kurang maksimal bahkan hingga munculnya masalah wajah yang lebih berat seperti jerawat.

Selain perawatan dari luar lakukan pula perawatan kulit berminyak dari dalam seperti mengurangi konsumsi makanan berlemak dan berminyak. Diantara banyaknya merk kosmetik Wardah menyediakan pilihan-pilihan foundation yang dapat digunakan oleh pemilik kulit berminyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *