golongan darah o

Mengenal Ciri-ciri, Fakta Serta Kelebihan Golongan Darah O

Banyak yang mengatakan golongan darah O adalah golongan darah yang ‘baik’ mengingat golongan darah ini adalah satu-satunya golongan darah yang bisa didonorkan ke semua golongan darah A, AB, B, maupun O itu sendiri dengan catatan dalam keadaan darurat.

Karena bagaimanapun juga mendonorkan darah sangat lebih disarankan dan lebih bagus apabila golongan darahnya sama untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan seperti kehancuran sel darah merah (lisis).

Masing-masing golongan darah memiliki fakta yang berbeda-beda termasuk ciri-ciri, sifat, maupun kelebihan masing-masing. Perbedaan karakter seseorang juga sering dikaitkan dengan golongan darah orang tersebut. Artikel ini akan membahas semua informasi tersebut terkait dengan golongan darah O.

6 Fakta Golongan darah O

Golongan darah O bisa dikatakan cukup berbeda dibandingkan dengan golongan darah lainnya. Beberapa fakta dan keunikan mengenai golongan darah O, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Terdiri dari 2 jenis, yaitu O positif dan O negatif

O PositifO Negatif
Mengandung faktor Rh tanpa penanda A atau BTidak mengandung faktor Rh dan tanpa penanda A atau B
Memiliki anti-A antibodi dan antibodi anti-B yang bertindak melawan tipe darah A dan tipe darah BTidak memiliki anti-A antibodi dan antibodi anti-B
Dapat menerima darah dari O negatif maupun O positifHanya bisa menerima darah dari O negatif
Orang yang bergolongan darah O positif dapat memberikan darahnya kepada orang-orang dengan golongan darah A positif, B positif, AB positif, dan O positifOrang yang bergolongan darah O negatif dapat mendonorkan darahnya kepada orang-orang dengan golongan darah A, B, AB, dan O sehingga disebut donor universal

2. Pendonor universal

Seperti dapat kita ketahui melalui tabel di atas, seseorang yang memiliki golongan darah ‘baik’ ini dapat atau diperbolehkan mendonorkan darah untuk golongan darah lainnya baik A, B, AB maupun O sendiri (khususnya O negatif yang disebut sebagai donor universal).

Sebaliknya golongan darah ini tidak bisa dengan mudah menerima donor dari semua golongan darah dan hanya bisa menerima darah dari golongan yang sama yaitu O karena jika itu terjadi zat antibodi dalam tubuh akan melakukan perlawanan.

3. Tidak memiliki antigen

Apa itu antigen? Antigen merepukan bagian dari komponen sel darah merah dimana terdapat kumpulan molekul protein, karbohidrat, asam nukleat, atau lipid yang terdapat di dalamnya dan dianggap berbahaya sehingga memicu antibodi untuk melawan. Antigen ini sering disebut juga sebagai zat asing.

Sedangkan antibodi atau yang dikenal dengan istilah immunoglobin (lg) adalah serum protein yang ditemukan di dalam darah sebagai racun yang dihasilkan untuk menghadapi zat asing yang menyerang tubuh. Jadi bisa dibilang antigen adalah zat jahat sedangkan antibodi adalah zat baik.

Hal inilah yang menyebabkan golongan darah O bisa menjadi pendonor untuk semua golongan darah karena tidak memiliki zat jahat yang bisa memicu perlawanan dari golongan darah lain ketika terjadi transfusi.

fakta golongan darah o

4. Mempengaruhi kesuburan wanita

Wanita yang memiliki golongan darah O memiliki kadar FSH (follicle stimulating hormone) yang tinggi sehingga bisa menyebabkan adanya kemungkinan cadangan sel telurnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan wanita dengan golongan darah lain.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi seorang wanita bergolongan darah O untuk hamil, karena kesempatan untuk hamil pasti tetap ada tergantung kondisi wanita tersebut. Karena hal ini tentu saja tidak bisa dijadikan patokan untuk generalisasi kondisi setiap wanita yang bergolongan darah O.

5. Dominan

Golongan darah O ini banyak ditemukan dan mendominasi golongan darah di seluruh penduduk dunia dengan persentase 35-40%. Sedangkan perbandingan antara O positif dan O negatif persentasenya adalah 85% dan 15%.

Baca Juga:  Mengatasi Lemah Syahwat dengan Terapi Tanpa Obat

6. Memiliki fakta kesehatan sebagai berikut:

Dari segi kesehatan dan ilmu evolusi genetika, golongan darah O memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki kemampuan lebih dalam mencerna makanan yang berupa produk hewani
  • Sistem kekebalan yang tinggi dan berlebih
  • Sangat cocok dan disarankan untuk mengandung makanan yang tinggi kandungan protein dan rendah kandungan lemak dan karbohidratnya
  • Rentan terhadap penyakit seperti disfungsi tiroid, kekurangan zat iodin, hormon tiroid rendah, lambung yang sensitif sehingga mudah terserang asam lambung naik, dan mag
  • Hormon adrenalin yang tinggi

sifat golongan darah o

Sifat dan Ciri Golongan Darah O

Perbedaan sifat dan karakter seseorang juga erat dikaitkan dengan golongan darah walaupun pada dasarnya tidak hanya golongan darah yang mempengaruhi karakter dan watak seseorang tetapi juga lingkungan dan pengalaman hidup. Berdasarkan penelitian, orang-orang yang memiliki golongan darah O memiliki kecenderungan sifat-sifat berikut ini:

1. Mudah berteman dan bersosialisasi

Jiwa sosial yang tinggi dan mudah menjalin pertemanan merupakan karakter yang dimiliki orang bergolongan darah O karena pembawaannya yang ceria, ramah, dan supel sehingga orang di sekitarnya selalu merasa senang dan nyaman.

Mereka senang memberi manfaat kepada orang lain dan murah hati sehingga hal ini menjadikan mereka mudah dicintai banyak orang. Selain itu, jika kita membutuhkan teman untuk curhat, orang dengan bergolongan darah O adalah orang yang tepat untuk itu karena selain bijak mereka juga bisa menjadi pendengar yang baik.

2. Tegas dan keras kepala

Orang yang bergolongan darah O akan bersikap tegas dalam mempertahankan pendapatnya bahkan tak jarang menjadi keras kepala dan tidak mau mendengar pendapat orang lain. Cenderung tidak mau mengalah karena merasa pendapatnya adalah yang paling benar.

Namun, mereka juga tidak mudah goyah dalam mempertahankan sesuatu yang mereka anggap baik dan benar karena mereka tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain.

ciri ciri golongan darah o

3. Ekspresif

Mereka biasanya mudah spontan ketika melakukan sesuatu dan apa adanya. Pembawaannya selalu ceria dan mudah membawa suasana menjadi lebih menyenangkan. Mereka juga selalu mengatakan segala sesuatu secara langsung tanpa basa-basi alias ceplas-ceplos. Namun, jika sedang galau mereka tidak bisa sendiri dan harus ada teman yang berada di dekatnya.

Ekspresi yang mereka sampaikan tak hanya melalui ekspresi wajah, terkadang mereka juga membuatnya dalam sebuah karya bisa berupa puisi, cerpen, dan novel sebagai salah satu cara untuk meluapkannya.

Karena sifatnya yang ekspresif ini membuat mereka menjadi mudah meluapkan emosi namun hanya sesaat saja dan setelahnya akan kembali ceria. Hal ini mereka lakukan agar tidak ada uneg-uneg dalam hati mereka sehingga membuat perasaannya lebih lega.

4. Ambisius dan kompetitif

Mereka cenderung tidak akan menyerah dengan apa yang sudah ditargetkan dan apa yang sudah menjadi impian mereka. Mereka juga selalu siap bersaing dan sportif. Kecenderungan untuk tidak akan menyerah sebelum berhasil menjadikan orang-orang bergolongan darah O bisa lebih sukses dalam hal karir dan pekerjaan.

5. Selalu ingin menjaga perasaan orang lain

Istilah lainnya adalah ‘nggak enakan’. Mereka cenderung terlalu memikirkan apa kata orang lain sehingga mudah merasa tidak enakan.

kelebihan golongan darah o

6. Memiliki jiwa kemimpinan yang tinggi

Salah satu karakter orang bergolongan darah O dengan jiwa kepemipinannya adalah mereka juga problem solver. Kemampuan problem solver-nya juga selalu menghasilkan keputusan yang bijak.

Baca Juga:  Begini Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dengan Cepat

Sehingga mungkin banyak kita jumpai orang-orang yang menjadi pimpinan kebanyakan adalah orang-orang yang bergolongan darah O. Jika tidak percaya coba tanyakan teman-temanmu yang seorang pemimpin apa golongan darahnya?

7. Setia dan komitmen terhadap pasangannya

Mereka akan memiliki rasa cinta yang kuat dan cenderung posesif terhadap pasangannya karena mereka mudah cemburu. Mereka tidak akan mudah membuka hatinya untuk seseorang sehingga begitu menemukan orang yang tepat, orang bergolongan darah O akan menjaganya sebaik mungkin dengan segenap hati.

8. Fleksibel

Orang-orang yang memiliki golongan darah O akan lebih mudah beradaptasi terhadap lingkungan yang baru, makanan yang baru, dan cenderung bersikap fleksibel alias mudah menerima.

Kelebihan Golongan Darah O

Dengan ciri-ciri serta sifat golongan darah O seperti tersebut di atas, maka kita bisa mengambil kesimpulan beberapa kelebihan dari orang-orang yang memiliki golongan darah O ini, di antaranya:

  • Mudah memaafkan, dengan sifatnya yang ekspresif dan cenderung ceplas-ceplos sebenarnya hanyalah luapan emosi sesaat saja. Karena setelahnya mereka akan kembali bersikap baik dan melupakan kesalahan orang lain tersebut.
  • Tipe teman yang paling banyak dicari, dengan kelebihannya yang supel, ramah, periang, dan murah hati menjadikannya mudah dicintai banyak orang. Sahabat dan teman dekatnya akan betah berlama-lama dengan orang bergolongan darah O ini. Apalagi mereka terkenal bijak dan selalu ada di saat sahabatnya membutuhkan.
  • Mudah sukses dan mudah mencapai karir tertinggi dalam suatu perusahaan, dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi, kemampuan mengatasi masalah, dan kemurahan hatinya, menjadikan orang-orang bergolongan darah O ini banyak dicari perusahaan untuk dijadikan pemimpin. Tak jarang mereka akan mudah menduduki jabatan tinggi dan sukses dalam karirnya.

menu diet golongan darah o

Menu Diet Golongan Darah O

Banyak riset yang mengatakan orang bergolongan darah O ini nafsu makannya sangat tinggi. Beberapa menu diet yang baik untuk orang dengan golongan darah O, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menu Sarapan

a. Roti gandum bakar dan teh hijau

diet gol darah oJika tak sempat menyiapkan sarapan yang ribet, selain menu makanan ini sederhana ternyata juga bisa menjadi menu diet yang baik untuk orang bergolongan darah O. Cukup dengan menyiapkan roti gandum 2 lapis kemudian olesi dengan mentega lalu panggang sampai masak. Jangan tambahkan selai, susu, gula, maupun coklat karena mengandung lemak yang tinggi.

Menu ini akan seimbang jika dikombinasikan dengan teh hijau yang memilik fungsi untuk membunuh racun di dalam tubuh. Selain itu juga bisa membantu metabolisme tubuh sehingga sangat cocok untuk menjadi menu diet sehat orang bergolongan darah O.

b. Buah segar

Selain tidak ribet dan gampang menyiapkan sarapan buah ini karena tinggal dicuci lalu dimakan, buah mengandung banyak manfaat karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Buah segar seperti apel, pir, kiwi, anggur, atau plum bisa dikonsumsi juga dengan cara membuat jus dari buah-buahan tersebut. Dijamin badan akan lebih segar dan bisa mengurangi asupan karbohidrat dan lemak karena buah ini mampu membuat kita tidak mudah lapar dan kenyang sampai siang hari.

2. Menu makan siang

beras meraha. Nasi merah dan sayur-sayuran

Nasi merah sangat baik untuk kesehatan tubuh karena rendah glikemik dan less-carbo. Kandungan karbohidratnya lebih sedikit dibanding nasi putih. Kelebihan lainnya adalah membuat kita mudah kenyang walaupun makannya sedikit dan tidak mudah lapar. Walaupun tidak banyak makan nasi putih, tetap bisa membuat tubuh bertenaga dan sehat. Sayur-sayuran juga sangat baik bagi tubuh seperti brokoli, bayam, oyong, wortel karena banyak kandungan vitamin dan gizi di dalam sayuran ini.

Baca Juga:  Akibat Memakai Behel: Akibat Positif dan Akibat Negatif

b. Salad sayur dan jus buah

Makanan yang mengandung banyak kalori sangat cocok untuk menu makan siang karena untuk mendukung aktifitas ketika siang hari. Salad sayur bisa menjadi pilihan menu makan siang yang tepat untuk diet. Sedangkan untuk minumannya bisa dikombinasikan dengan jus yang banyak mengandung vitamin C seperti jus jeruk.

c. Telur rebus dan air putih

Telur rebus mengandung protein yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika dikombinasikan dengan nasi merah. Asupan nutrisi untuk tubuh akan tercukupi namun tetap terkontrol kandungan lemak, karbohidrat, dan kolesterolnya. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup selama satu hari minimal 2 liter air karena sangat baik untuk kesehatan terutama untuk ginjal.

d. Daging

Memakan daging untuk menu diet tentu saja tidak dilarang, karena bagaimanapun juga tubuh kita tetap membutuhkan asupan gizi yang bisa kita dapat dari daging. Namun harus diingat untuk tetap menjaga porsinya agar tidak terlalu banyak dan usahakan makan daging yang rendah lemak seperti daging ayam. Tips untuk mengolah daging agar lebih sehat salah satunya adalah menumisnya dengan minyak zaitun.

seafood dan sayuran

3. Menu makan malam

a. Umbi-umbian

Mengonsumsi umbi-umbian terutama ubi ungu ketika malam sangat baik untuk diet. Namun, cara memasaknya harus dikukus jangan digoreng biar tidak banyak mengandung kolesterol. Selain itu dengan cara mengukus makanan, nutrisi dan gizi dalam makanan akan tetap ada dan tidak hilang.

b. Makanan laut

Ikan, udang, kepiting bisa dijadikan pilihan untuk menu diet asal dibatasi dalam mengonsumsinya dan tidak berlebihan. Makanan laut mengandung protein yang tinggi dan sangat cocok untuk menu diet. Terlebih apalagi memasaknya dengan tidak menggunakan minyak goreng karena akan sangat membantu untuk mengurangi kolesterol.

c. Sayur-sayuran

Tak ketinggalan sayur-sayuran juga bisa menjadi menu andalan untuk diet bagi orang bergolongan darah O untuk dikonsumsi ketika malam hari.

Yang harus diperhatikan bagi orang yang bergolongan darah O untuk diet adalah lebih memperhatikan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat. Sangat disarankan untuk menghindari makanan yang berbahan dasar tepung terigu seperti mie, berbagai jenis kue, aneka pasta, juga gorengan.

Buah-buahan yang memiliki asam tinggi juga harus diperhatikan dan dibatasi. Makanan dan sayuran yang berasal dari golongan jamur yang berklorofil tinggi juga harus dihindari.

Hindari beberapa jenis kacang-kacangan, jagung,karena bisa menghambat kerja hormon tiroid. Apalagi orang yang bergolongan darah O cenderung memiliki fungsi hormon tiroid yang tidak stabil.

Jangan lupa untuk melakukan aktifitas olahraga yang teratur seperti senam sehat, jogging, badminton, dan masih banyak lagi. Dan tentu saja banyak-banyak minum air putih minimal 2 liter per hari akan sangat membantu untuk menjaga badan tetap sehat, bugar, dan dengan berat badan ideal.

Semoga informasi mengenai golongan darah O ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *