Mengetahui Ciri Ciri Penyakit Sipilis dan Resikonya

Posted on

Ciri ciri Penyakit SipilisPenyakit Menular Seksual (PMS) yang paling sering dialami oleh pria maupun wanita adalah sipilis atau juga disebut raja singa.

Penyakit yang konon bisa menyebabkan kematian ini disebabkan oeh bakteri Treponema Pallidum dengan penyebaran melalui hubungan seksual. Tak hanya melalui kontak seksual namun sipilis juga bisa menular melalui darah, misalnya transfusi darah atau jarum suntik.

Penularan bakteri sipilis melalui hubungan intim bisa dalam bentuk hubungan seks anal, vaginal maupun oral. Kebiasaaan membuat tato atau menindik telinga juga berisiko tertular bakteri sipilis.

Wanita hamil yang terinfeksi bakteri sipilis kemungkinan besar juga menularkan penyakit yang sama pada bayi sejak dalam kandungan. Adapun gejala sipilis umumnya muncul 3 minggu pasca tubuh terinfeksi.

4 Tahapan Penyakit Sipilis

Gejala atau ciri ciri sipilis dibagi menjadi 4 tahapan yang saling berkaitan yaitu Sipilis Primer, Sipilis Sekunder, Sipilis Laten dan Sipilis Tersier.

Perlu diketahui, seseorang yang terinfeksi bakteri penyebab sipilis tidak menunjukkan gejala apapun dalam beberapa tahun. Namun luka yang diakibatkan penyakit ini bisa disembuhkan melalui pengobatan antibiotik.

Sipilis Tahap Pertama (Sipilis Primer)

Ciri ciri penyakit sipilis tahap pertama disebut dengan sipilis primer. Pada fase ini biasanya muncul beberapa luka (chancre) di area organ vital. Luka tersebut akan semakin mengecil dengan bentuk melingkar dan keras namun tidak menimbulkan rasa sakit.

Jika gejala ini dibiarkan selama 3-6 minggu tanpa pengobatan maka infeksi akan berlanjut pada sipilis tahap kedua atau sipilis sekunder.

Sipilis Tahap Kedua (Sipilis Sekunder)

Pada sipilis tahap kedua atau sipilis sekunder biasanya muncul ruam di telapak tangan atau kaki. Ruam atau bintil-bintil coklat kemerahan ini tidak menimbulkan gatal, hanya terasa kasar jika diraba. Selain pada telapak tangan dan kaki, pada beberapa kasus ruam juga muncul di beberapa bagian tubuh lain. kondisi ini biasanya kurang disadari oleh penderita sebagai gejala sipilis.

Gejala lain yang mengiringi munculnya ruam yaitu menurunnya kondisi fisik yang sering dikondisikan sebagai penyakit flu akibat stress. Gejala paling spesifik diantaranya: kelelahan, demam, sakit kepala, nyeri otot, radang tenggorokan, hingga pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Jika sipilis sekunder tetap dibiarkan tanpa pengobatan maka akan berlanjut ke sipilis tahap ketiga atau sipilis laten.

Sipilis Tahap Ketiga (Sipilis Laten)

Ciri ciri penyakit sipilis tahap ketiga atau sipilis laten umumnya muncul setelah sipilis tahap pertama dan kedua ‘menghilang’. Menghilang dalam hal ini bukan berarti sembuh namun sebenarnya tersimpan dan bertahan dalam tubuh namun tanpa gejala apapun. Sipilis tahap ketiga ini akan berlangsung selama beberapa tahun.

Jika memasuki sipilis tahap ketiga namun tetap tidak ada upaya pengobatan maka sipilis akan berkembang pada sipilis tahap keempat atau sipilis tersier dimana sangat mungkin terjadi kerusakan syaraf otak, hati, tulang, jantung, dan mata. Pada sipilis tahap akhir besar kemungkinan akan menyebabkan kematian pada penderita.

Sipilis Tahap Keempat (Sipilis Tersier)

Sipilis tahap keempat atau disebut sipilis tersier merupakan tahap sipilis paling serius. Pada fase terakhir ini biasanya penderita akan mengalami mati rasa, kebutaan, sulit menggerakkan otot dan lumpuh. Terjadi juga kelainan organ bagian dalam seperti kerusakan hati, jantung dan ginjal.

Ciri ciri sipilis kadang diabaikan meskipun bisa berujung kematian. Oleh sebab itu jika merasakan gejala sipilis tahap pertama sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan, sebelum bakteri Treponema Pallidum merenggut kehidupan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *