cek tensi darah tinggi

Cara Cek Tensi Darah Tinggi dan Bagaimana Mengatasinya

Tensi Darah Normal – Bagi semua orang baik kaya atau pun miskin, kesehatan tentunya menjadi hal yang sangat penting seperti salah satunya memiliki tensi darah normal. Banyak sekali upaya untuk menjaga kesehatan tubuh yang bisa dilakukan seperti menggunakan pola makan yang sehat, tidak telat makan, istirahat yang cukup, tenaga tidak terlalu tervorsir dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, tidak salah jika muncul beberapa keluarga yang akhirnya mengagendakan olahraga bersama minimal satu kali dalam seminggu.

Beberapa jenis penyakit baik yang biasa atau pun yang berbahaya seharusnya benar-benar dihindari. Sayangnya, di masyarakat masih ada saja jenis penyakit yang sering dianggap sepele dan bahkan tidak disadari kehadirannya, salah satunya adalah darah tinggi.

Cara Cek Tensi Darah dengan Mudah

cek tensi darahBagi Anda yang tidak memiliki waktu luang pergi ke dokter atau pergi ke puskesmas untuk mengecek tensi darah apakah tensi darah normal atau tidak, bisa Anda lakukan sendiri di rumah tentu saja dengan cara yang mudah dan sederhana.

Tanpa menjadi seorang ahli medis, ternyata Anda bisa memastikan sendiri kondisi kesehatan tubuh. Anda tidak perlu repot-repot meminta izin kerja atau libur kerja karena hal tersebut bisa teratasi.

Lalu bagaimana cara mengeceknya? Jangan khawatir karena pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai cara mengecek tensi darah.

Alat yang dibutuhkan untuk bisa melakukan pengecekan salah satunya adalah tensimeter yang bisa Anda beli di beberapa toko penyedia alat kesehatan. Alat tersebut memiliki pelengkap manset atau lilitan yang secara langsung bisa digunakan bersama stetoskop.

Anda harus sangat teliti ketika mengecek tekanan darah karena metode pemeriksaannya dengan menggunakan detak jantung yang terdeteksi. Pemeriksaan yang baik setidaknya dilakukan paling tidak 3 kali sehingga keakuratannya bisa terbukti dengan baik.

Baca Juga:  13 Cara Mengusir Lalat Menggunakan Barang di Rumah

Selain itu, faktor lain yang bisa menentukan akurat tidaknya pemeriksaan adalah posisi tubuh, ketika diperiksa, posisi tubuh harus dalam keadaan duduk dengan lengan dalam kondisi yang rileks.

Akan lebih baik jika pemeriksaan dilakukan ketika pagi hari sebelum mengkonsumsi berbagai jenis kopi dan tentunya belum mengalami tekanan dan stres karena pekerjaan kantor yang selalu menumpuk.

tekanan darah

Tips untuk Mengetahui Tekanan Darah

Mengapa pemeriksaan di rumah penting sekali untuk dilakukan? Hal ini tentu saja sebagai konfirmasi diagnosis. Ada beberapa orang yang memiliki pengukuran tensi yang berbeda antara pemeriksaan yang dilakukan di rumah dengan pemeriksaan yang dilakukan di rumah sakit.

Barangkali, pemeriksaan yang dilakukan di rumah sakit akan memiliki hasil yang lebih tinggi daripada yang dilakukan ketika di rumah. hal ini tentu saja terjadi karena adanya faktor tertentu, salah satunya adalah karena munculnya rasa takut ketika bertemu dengan dokter atau suster.

Bagi orang yang memiliki rasa takut seperti ini, pengukuran di rumah menjadi solusi yang paling ampuh untuk mengetahui tekanan darah yang sebenarnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui tekanan darah ketika dilakukan di rumah.

  1. Pemeriksaan tekanan darah akan lebih baik jika dilakukan sebanyak tiga kali sampai dengan empat kali dalam seminggu dan tentu saja akan lebih baik lagi jika dilakukan setiap hari
  2. Pengecekan tekanan darah akan lebih baik dilakukan ketika pagi hari atau juga malam hari. jika tidak bisa, maka tentukan waktu rutin pemeriksaan. Misalnya saja, jika setiap hari Anda menjadwalkan memeriksa tekanan darah pukul sembilan pagi, maka lakukan di jam yang sama setiap harinya.
  3. Dalam satu kali pengukuran, lakukan dua sampai dengan tiga kali pengukuran agar hasil pengukuran yang Anda dapatkan lebih akurat dan juga terpercaya
  4. Dibutuhkan ketelitian untuk bisa menentukan berapa tensi darah tersebut. Lakukan pemeriksaan di tempat yang tenang dan pastikan jika kondisi tubuh Anda dalam keadaan rileks, tidak tertekan, tidak stres dan tidak mengalami rasa takut.
  5. Posisi tubuh dalam keadaan santai, duduk dalam keadaan yang nyaman, posisi tangan disangga dan punggung bersandar di kursi dengan tegap. Khusus bagi Anda yang baru saja melakukan aktivitas yang membuat tubuh terasa lelah dan berkeringat, maka tunggu beberapa menit kemudian sampai tubuh Anda benar-benar dalam keadaan stabil.
Baca Juga:  Kenali Lebih Dekat Tentang Laju Endap Darah Tinggi

alat ukur tensi

Cara Mencegah Tensi Darah Tinggi

Keberadaan penyakit darah tinggi mungkin tidak lagi asing ditemui, tidak hanya usia tua saja, beberapa anak muda bahkan terindikasi memiliki tensi darah yang cukup tinggi sehingga sangat diperlukan sekali suatu tindakan berupa pengobatan dengan beberapa cara yang tentu saja mudah dan sederhana.

Orang yang sudah menginjak usia lebih dari delapan belas tahun memiliki peluang menderita darah tinggi. Darah tinggi disebabkan karena adanya beberapa hal yang menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh seperti koresterol dan lemak, terlalu banyak mengkonsumsi daging, durian, alkohol, garam, kopi, rokok dan tentu saja karena karena terlalu jarang olahraga.

Selain itu, bagi orang yang mengalami obesitas juga memiliki peluang besar memiliki tensi darah yang tinggi.

Nah, jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini akan kami bahas mengenai beberapa tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan.

  • Menghindari beberapa jenis makanan seperti daging yang memiliki banyak kandungan lemak, gorengan, dan juga susu dengan beberapa campuran cream yang berlebihan. Selain itu, mengkonsumsi banyak telur juga bisa memicu munculnya tensi yang tinggi.
  • Jangan terlalu stres menghadapi berbagai hal. Usahakan untuk selalu bersantai dengan lebih sering menikmati hiburan ketika indikasi stres muncul.
  • Melakukan diet dengan membatasi mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung banyak garam, selain itu pastikan ketika memasak, gunakan garam dalam porsi yang sedikit saja,
  • Hentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol karena menjadi salah satu faktor pemicu paling kuat munculnya tensi tinggi.
  • Lakukan olahraga dengan teratur, jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang untuk pergi ke taman, Anda bisa melakukan olahraga kecil di rumah setiap pagi atau dengan sesekali datang ke tempat fitness.
  • Jika memungkinkan, turunkan berat tubuh Anda dengan melakukan diet sehat. Tentu saja masih dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat yang mengandung beberapa zat yang baik bagi kesehatan.
Baca Juga:  Kenali Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Ada banyak sekali pertimbangan yang perlu Anda pikirkan baik-baik, yaitu

  1. Tekanan darah yang cukup tinggi harus segera diturunkan ke batas yang normal sehingga Anda tidak akan menderita berbagai jenis penyakit yang muncul
  2. Manfaatkan beberapa bahan alami yang bisa digunakan dengan sangat baik seperti dengan memanfaatkan buah mengkudu, daun dan bunga jeruk nipis, pisang, bawang putih, daun meniran, mentimun, belimbing manis, daun seledri, daun alpukat.
  3. Obat-obatan herbal ini bisa di konsumsi paling tidak dalam sehari antara dua sampai dengan tiga kali. Alan lebih baik jika beberapa penyakit yang menyertai hipertensi ini bisa semaksimal mungkin Anda antisipasi sehingga kondisi kesehatan Anda akan membaik seiring berjalannya waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *