kelinci jenis anggora

Cara Merawat Kelinci Anggora Serta Makanan Yang Cocok

Posted on

Kelinci anggora merupakan jenis kelinci yang cukup banyak disukai dan dipelihara. Kelinci ini adalah sebuah jenis kelinci yang memiliki ciri berbulu tebal dan juga lebat. Tekstur dari bulu anggora juga halus dan lembut. Hal inilah yang membuat kelinci jenis anggora banyak diinginkan untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Cara merawat kelinci anggora dapat dikategorikan sebagai hal yang mudah namun diperlukan ketelitian serta hati-hati untuk merawat kelinci. Kelinci jenis anggora juga dikenal sebagai kelinci yang berasal dari kota Ankara, Turki.

Kelinci anggora di Indonesia memiliki jenis yang cukup beragam, seperti kelinci Inggris, kelinci giant dan berbagai jenis kelinci lainnya. Selain varietas asli, jenis anggora juga banyak didapat dengan melakukan perkawinan silang.

Kelinci anggora terkenal sebagai hewan peliharaan yang cukup jinak dan memiliki bentuk yang menarik. Dengan bulunya yang indah menjadi daya tarik tersendiri untuk kelinci jenis ini. Dibutuhkan perhatian serta perawatan yang lebih terhadap kelinci dengan bulu yang tebal serta halus.

Cara merawat kelinci anggora sendiri meliputi kebersihan tubuh dari kelinci, kebersihan kandang hingga jenis makanan yang sesuai untuk kelinci anggora.

makanan kelinci anggora

Makanan Kelinci Anggora serta Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Sebagai sebuah hewan peliharaan, kelinci jenis anggora sebaiknya diberi makan dengan makanan yang sesuai dengan kebutuhan kelinci. Pemberian pakan palet menjadi cara merawat kelinci. Ini karena dalam pakan yang dibuat oleh pabrikan mengandung nutrisi yang tepat serta dibutuhkan oleh anggora.

Nutrisi yang terkandung dari pakan anggora baik untuk membantu menjaga keindahan dari bulu-bulu kelinci. Pemberian pakan pelet juga dapat diiringi dengan pemberian pakan berupa sayuran hijau untuk menjaga kesehatan kelinci. Secara alamiah, kelinci merupakan jenis hewan peliharaan yang harus dijaga kesehatannya dengan memberikan makanan yang tepat.

Namun pemberian pakan, terutama pakan alamiah sebagai cara merawat kelinci anggora harus sangat diperhatikan. Pemberian pakan kelinci berupa sayuran hijau sebaiknya dilakukan dengan mengurangi kadar air dalam sayuran. Pengurangan kadar air dalam sayuran memiliki manfaat agar kelinci tidak mudah terkena diare.

anggoraKadar air yang berlebih pada pakan kelinci dapat menyebabkan kelinci mudah terkena diare. Selain diare, pemberian pakan yang tidak sesuai juga dapat membuat kelinci mengalami kembung. Maka dari itu, cara merawat kelinci anggora terbaik yaitu dengan memberi pakan yang tepat.

Selain memberikan jenis makanan dengan kadar air yang sudah ditentukan, cara untuk menjaga lainnya yaitu dengan menentukan waktu pemberian pakan. Pemberian makan pada kelinci dengan menggunakan sayuran hijau sebaiknya dilakukan tidak setiap hari.

Baca Juga:  Cara Memelihara Kambing Agar Sehat dan Cepat Berkembang Biak

Pemberian pakan berupa sayuran hijau sebaiknya dilakukan maksimal 2 hingga 3 kali sehari. Sementara jenis pakan alami berupa brokoli, kubis serta bunga kol dapat membuat kelinci mengalami masalah pencernaan seperti diare serta masalah pencernaan lainnya.

Maka dari itu, cara merawat kelinci anggora dapat dilakukan dengan menghindari pemberian jenis pakan alami tersebut pada kelinci. Selain dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan pemberian pakan alami jenis tersebut juga dapat menyebabkan keindahan dari bulu anggora menjadi berkurang.

kelinci lucu anggoraCara merawat kelinci anggora yang tepat melalui jenis pakannya dapat dilakukan dengan mengetahui jenis pakan yang dibutuhkan oleh kelinci serta manfaat dari bahan pakan tersebut. Seperti misalnya, jerami kering memiliki manfaat untuk menjaga kualitas dari bulu kelinci jenis anggora.

Jerami kering sendiri berguna untuk mencegah terjadinya penyumbatan internal bulu atau yang lebih sering disebut dengan wool block. Selain itu, pemberian tablet pepaya juga memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya penyumbatan internal bulu.

Pemberian beberapa jenis vitamin juga memiliki manfaat yang hampir sama.

Sementara itu, kelinci jenis anggora sebaiknya tidak diberi makan dengan jenis makanan yang sama secara terus-menerus. Beberapa jenis ubi bahkan dapat menjadi makanan kelinci seperti jenis ubi jalar.

Selain itu, bahan digunakan untuk memberi makan kelinci jika itu berasal dari alam sebaiknya tidak dicuci terlebih dahulu agar kandungan air dalam pakan tidak tinggi. Jika setiap jenis pakan yang akan diberikan dikeringkan terlebih dahulu, hal itu akan menjadi lebih baik untuk kelinci.

Pemberian makan yang demikian untuk kelinci sebenarnya tidak hanya berlalu untuk jenis anggora namun jenis kelinci lainnya. Mengetahui cara memberi makan yang tepat dapat menjadi cara merawat kelinci anggora agar hewan peliharaan yang satu ini tetap sehat.

Cara merawat kelinci jenis anggora selain dilakukan dengan pemberian pakan yang tepat, juga dilakukan dengan selalu memperhatikan kebersihan kelinci. Baik itu kebersihan tubuh kelinci maupun kebersihan lingkungan kelinci berupa kandang.

2. panjang kelinci

Dengan bulu yang dimiliki oleh anggora lebih lebat dibandingkan dengan jenis kelinci lainnya, maka membutuhkan perhatian yang lebih. Menjaga kebersihan dari kelinci menjadi hal penting dari perawatan kelinci. Dengan menjaga kebersihan tubuh maupun kandang dari kelinci, akan membantu kelinci untuk terhindar dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya seperti rabies.

Menjaga kebersihan serta kesehatan kelinci dapat dimulai dengan rajin memandikan kelinci. Bulu kelinci yang panjang serta lebat juga harus rajin disisir. Dalam memandikan anggora sebaiknya menggunakan air hangat untuk membilas.

Baca Juga:  Cara Memelihara Kambing Agar Sehat dan Cepat Berkembang Biak

Selain itu, penggunaan shampoo khusus juga dapat sebaiknya digunakan dalam proses memandikan kelinci. Setelah dimandikan kelinci sebaiknya dikeringkan sesegera mungkin.

Selain menjaga kebersihan tubuh kelinci, kebersihan kandang kelinci sangat penting untuk dijaga. Cara menjaga kebersihan kandang kelinci dapat dilakukan dengan membersihkan kandang secara rutin. Selain itu, kandang juga sebaiknya dibiarkan tetap kering. Penampung kotoran kelinci juga sebaiknya dibersihkan setiap hari.

Menjaga kebersihan tentunya akan memberikan dampak pada kesehatan kelinci. Kelinci anggora yang selalu dijaga kebersihannya akan cenderung tetap sehat. Selain menjaga makanan kelinci, menjaga kebersihan tubuh dan kandang kelinci menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan kelinci.

Cara merawat kelinci anggora dengan menjaga kebersihan kandang kelinci juga dapat dilakukan dengan memperhatikan peletakan kandang. Kandang sebaiknya diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara cukup setiap harinya.

Kelembapan kandang juga harus selalu dalam keadaan yang baik. Jika kelembapan kandang dalam kondisi yang buruk, maka kelinci akan sangat rentan terhadap bakteri dan juga jamur. Selain itu, sirkulasi udara dalam kandang juga harus diperhatikan.

Harga Kelinci Anggora

harga kelinci anggoraSebagai salah satu jenis kelinci unggulan, kelinci anggora memiliki jenis yang cukup beragam. Begitu juga dengan harga yang ditawarkan untuk dapat memiliki hewan peliharaan lucu yang satu ini. Jenis serta bentuk dari kelinci menjadi faktor yang paling mempengaruhi harga.

Untuk harga kelinci anggora jenis biasa atau campuran lokal memiliki harga yang cukup bervariasi. Salah satu hal yang cukup berpengaruh terhadap harga dari kelinci yaitu usia kelinci.

Kelinci dengan usia yang lebih muda atau baru lahir memiliki harga yang cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan harga kelinci anggora yang sudah berusia.

Harga kelinci anggora yang sudah mencapai usia produktif berkisar antara Rp 500.000,- hingga Rp 600.000,-. Sementara harga untuk anggora yang baru lahir atau anakan memiliki harga sekitar Rp 25.000,- hingga Rp 50.000,- untuk tiap ekor kelinci.

anggora lucuHarga kelinci anggora hias sendiri cukup tinggi dibandingkan dengan harga dari anggora biasa. Harga untuk kelinci hias sendiri yang mencapai usia produktif berkisar antara Rp 700.000,- hingga Rp 800.000,-.

Sementara harga untuk kelinci hias anakan atau yang baru lahir berkisar antara Rp 50.000,- hingga Rp 55.000,-. Harga kelinci anggora biasa usia 2 bulan yaitu sekitar Rp 50.000,- sampai dengan Rp 70.000,-.

Baca Juga:  Cara Memelihara Kambing Agar Sehat dan Cepat Berkembang Biak

Untuk harga dari anggora biasa yang sudah mencapai usia 5 bulan memiliki harga sekitar Rp 120.000,- sampai dengan Rp 130.000,-.

Untuk harga kelinci anggora Inggris yang pada usia produktif dapat mencapai harga Rp 500.000,- hingga Rp 3.200.000,-. Harga kelinci anggora tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh jenis serta usia dari kelinci, banyak faktor lainnya yang memberikan pengaruh terhadap harga kelinci anggora.

Tempat membeli kelinci juga dapat menjadi penentu dari harga kelinci. Harga seekor kelinci dengan jenis dan umur yang sama antara satu peternak dengan peternak lainnya dapat berbeda.

Itulah informasi mengenai cara merawat kelinci anggora. Ketika memiliki sebuah hewan peliharaan terutama kelinci, tentunya wajib bagi pemilik hewan peliharaan untuk menjaga serta merawat hewan tersebut.

Sementara dibutuhkan ekstrak perhatian dalam merawat kelinci jenis anggora, perawatan kelinci yang salah pada anggora dapat mempengaruhi keindahan bulu kelinci.

merawat anggoraKelinci anggora menjadi jenis kelinci yang dikenal sebagai kelinci yang memiliki bulu yang indah, maka dari itu perawatan kelinci sangat perlu untuk diperhatikan.

Bahkan pemberian pakan yang salah pada kelinci jenis anggora dapat menyebabkan bulu pada kelinci mengalami kerontokan. Selain itu, keindahan dari bulu kelinci juga akan berkurang jika kelinci tidak dijaga dengan baik.

Sementara usia dari kelinci yang dijual cukup beragam, mulai dari kelinci yang baru saja lahir hingga kelinci yang sudah memasuki usia 2 bulan, 3 bulan dan juga 5 bulan. Harga dari anggora terkenal memiliki harga yang lebih mahal jika tidak dapat menemukan penjual yang tepat.

Harga kelinci yang dipengaruhi oleh usia kelinci tentunya membutuhkan jenis perawatan yang berbeda. Misalnya kelinci yang baru saja lahir membutuhkan perawatan yang lebih serta pengawasan yang lebih agar kelinci tumbuh dengan baik.

Sementara jenis kelinci yang memiliki usia yang lebih tua akan lebih jauh mudah dalam hal perawatan.

Banyak hal yang perlu diperhatikan sebagai cara merawat kelinci anggora. Cara merawat kelinci dapat tergolong menjadi hal yang mudah karena kelinci tidak membutuhkan perawatan istimewa.

Namun kelinci juga dikenal sebagai hewan kecil yang rentan maka dari itu perawatan untuk seekor kelinci membutuhkan kecermatan. Kelinci juga menjadi jenis hewan peliharaan yang memiliki sikap serta tingkah yang lucu hingga dapat membuat pemiliknya menjadi senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *