gusi bengkak

Begini Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dengan Cepat

Posted on

Mungkin karena jarang terlihat, gusi kurang mendapat perhatian dibanding area tubuh lain yang mudah terekspos. Padahal sekali saja gusi bermasalah, bengkak misalnya, bisa membuat tidak nyaman bahkan mungkin gangguan mulut yang serius.

Pada prinsipnya gusi yang sehat adalah gusi yang tidak berdarah jika disentuh atau terkena bulu sikat gigi. Selain itu ciri-ciri gusi yang sehat warnanya merah muda, kesat, kencang dan mampu menopang gigi dengan kuat.

Lantas mengapa gusi bisa bengkak? Lalu bagaimana cara menyembuhkan gusi bengkak?

Penyebab Gusi Bengkak

Meskipun menimbulkan rasa kurang nyaman namun gusi bengkak lumrah terjadi pada siapa saja. Gusi yang membengkak biasanya ditandai dengan pembesaran gusi, menggelembung atau lebih menonjol. Untuk kasus yang parah, pembengkakan bisa lebih besar bahkan menutupi seluruh gigi.

Penumpukan plak pada gigi disebut-sebut sebagai penyebab utama gusi mengalami pembengkakan. Tumpukan plak yang lengket terbentuk sewaktu proses makan dan minum. Timbunan plak biasanya mengandung jutaan bakteri dimana beberapa diantaranya mengganggu kesehatan gusi.

Gejala masalah gusi ini juga dipicu oleh infeksi virus (jamur), gingivitis, kekurangan gizi dan skorbut (tubuh kekurangan vitamin C). Cara menyembuhkan gusi bengkak akibat skorbut bisa dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C.

Pemasangan gigi palsu juga bisa mengakibatkan gusi mengalami bengkak, demikian juga dengan perlengkapan gigi lain yang tidak sesuai dengan gusi.

Beberapa penyebab lainnya yaitu pasta gigi yang tidak cocok, obat kumur dan efek penggunaan obat dilantin seperti fenobarbital maupun obat-obatan penghambat saluran kalsium.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

cara menyembuhkan gusi bengkakCara menyembuhkan gusi bengkak cukup mudah, demkian juga cara pencegahannya. Gusi bengkak tergolong gangguan ringan yang mudah ditangani, salah satunya dengan selalu menjaga kebersihan mulut.

Baca Juga:  Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita Agar Bebas Kanker

Semua bisa diawali dengan rutin gosok gigi minimal 2 kali sehari disempurnakan dengan membersihkannya dengan benang gigi. Supaya terhindar dari masalah ini, dianjurkan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran.

Hindari minuman beralkohol, rokok dan jenis makanan dengan kandungan glukosa tinggi.

Pembengkakan gusi tidak hanya terjadi karena plak atau infeksi virus, tapi bisa juga karena gigi yang terlalu sensitif terhadap produk pasta gigi tertentu. Cara mengatasinya hanya dengan produk pasta gigi yang benar-benar cocok.

Demikian juga jika gusi terjadi bengkak akibat tidak cocok dengan produk obat kumur, maka harus segera dihentikan penggunaannya.

Lain halnya jika disebabkan reaksi obat yang dikonsumsi, maka satu-satunya cara menyembuhkan gusi bengkak tersebut hanya dengan berkonsultasi dengan dokter. Intinya hanya dokter yang tahu obat apa yang cocok sebagai pengganti obat yang menyebabkan iritasi atau gusi mengalami pembengkak.

Membersihkan Gigi dengan Prosedur Scalling

Prosedur scalling umumnya dilakukan oleh dokter gigi untuk mengatasi pembengkakan gusi akibat plak. Selain pembersihan gigi melalui prosedur scalling, pada kasus tertentu bisa dilakukan metode root planing. Gangguan kategori parah tentunya tidak bisa dianggap remeh lagi.

Dengan kata lain butuh penanganan lebih serius, misalnya pada kondisi Acute Necrotizing Ulcerative (ANUG). Pada kondisi tersebut butuh pengobatan dengan obat pereda rasa nyeri, antibiotik, atau menggunakan obat kumur khusus yang mengandung klorhediksin.

Cara menyembuhkan gusi bengkak memang bisa menggunakan obat-obatan maupun ramuan tradisional. Namun untuk hasil lebih efektif lebih baik menemui dokter untuk mendapat pengobatan yang lebih relevan.

Sebagai langkah pencegahan wajib menyikat gigi secara teratur. Ingat, jangan menggunakan sikat gigi dengan bulu terlalu keras karena bisa merusak jaringan gusi yang sensitif dan lembut. Pilih bulu sikat gigi dari nylon yang lembut dan ujungnya tumpul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *