cara menjaga kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita Agar Bebas Kanker

Posted on

Setiap saat kesehatan tubuh wanita memang perlu dijaga, meskipun mungkin cara yang diterapkan berbeda dengan pria. Faktor anatomi sering disebut-sebut menjadi pembeda dalam menjaga kesehatan wanita dan pria, terutama untuk kesehatan alat reproduksinya.

Satu contoh paling konkrit adalah payudara, organ wanita yang satu ini sangat penting dijaga kesehatannya karena rentan terhadap penyakit (misalnya kanker payudara) sehingga perlu perawatan khusus.

Sebaliknya bagi pria cukup hanya dengan menjaga kebersihan bagian ini, artinya pria tidak membutuhkan waktu khusus untuk merawat payudaranya.

Kesehatan wanita tidak hanya terkait tentang kanker payudara namun kesehatan secara keseluruhan.

Untuk menghindari kanker payudara ataupun penyakit-penyakit lain berikut cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang wajib Anda perhatikan.

Menjaga Berat Badan Ideal

Cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang pertama yaitu dengan menjaga berat badan ideal. Artinya tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus (proporsional). Tubuh yang terlalu gemuk (obesitas) merupakan kondisi dimana tubuh rentan mengalami gangguan kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung.

Satu lagi, berat badan yang naik drastis dan tidak terkontrol dapat memicu penyakit jantung dan diabetes.

Terus menjaga berat badan seimbang adalah upaya yang tepat untuk menghindari munculnya sel-sel kanker dalam tubuh, termasuk sel kanker payudara.

Untuk mempertahankan berat badan ideal sebaiknya selalu mengonsumsi makanan sehat kaya serat diimbangi dengan olahraga secara teratur.

Check Up ke Dokter

cara menjaga kesehatan tubuhMemeriksakan diri ke dokter tidak hanya dilakukan pada saat tubuh sedang sakit. Sebaliknya memeriksakan kesehatan ke dokter secara berkala sangat membantu menjaga kesehatan tubuh wanita.

Dengan memeriksakan diri ke dokter secara rutin apapun gejala penyakit yang mungkin muncul dapat segera dideteksi.

Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan payudara sebaiknya segera pergi ke dokter bila ada benjolan di sekitar payudara yang menimbulkan nyeri di ketiak. Lebih cepat ditangani akan lebih baik.

Dalam hal ini riwayat kesehatan keluarga juga perlu diketahui sebab seorang wanita lebih tinggi resikonya terkena kanker payudara jika salah satu anggota keluarga pernah menderita penyakit yang sama.

Menghindari Makanan Berlemak dan Alkohol

Menghindari makanan berlemak, tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol adalah cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang bisa dikatakan sangat krusial. Rokok mengandung racun nikotin dan ribuan zat berbahaya lain yang bisa memicu kanker.

Demikian juga dengan mengonsumsi alhohol, minum minuman yang mengandung alkohol 2 gelas perhari meningkatkan resiko gangguan kesehatan sebesar 21 persen lebih tinggi dibanding mereka yang tidak minum minuman beralkohol.

Sama seperti rokok dan alkohol, makanan berlemak juga meningkatkan resiko gangguan kesehatan wanita. Makanan berlemak berlebihan di dalam usus dapat merubah zat kimia yang terkontaminasi bakteri menjadi estrogen yang memicu kanker.

Intinya hormon di jaringan lemak berpeluang menumbuhkan sel kanker berbahaya. Untuk itu batasi konsumsi makanan berlemak maksimal 20 persen dari kebutuhan kalori harian Anda agar tubuh Anda bebas dari kanker.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat dan makanan sehat adalah langkah berbaik untuk menjaga kesehatan. Makanan sehat seperti ikan segar dan sayuran hijau yang kaya kandungan sulforaphane mampu mencegah munculnya sel kanker.

Demikian juga dengan sayur dan buah yang kaya serat seperti buncis, buah pir, jeruk mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sekaligus memerangi radikal bebas penyebab kanker.

Cara menjaga kesehatan tubuh wanita tidak hanya dilakukan dengan mengomsumsi makanan sehat namun juga perlu diimbangi dengan olahraga teratur.

Tidak perlu olahraga yang berat, luangkan waktu 30 menit sehari untuk jogging atau jalan sehat cukup untuk menjauhkan diri dari gangguan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *