pengusir lalat

13 Cara Mengusir Lalat Menggunakan Barang di Rumah

Cara Mengusir Lalat – Lalat merupakan salah satu jenis serangga yang temasuk ke dalam ordo Diptera. Hewan yang masuk ke dalam kategori ordo Diptera artinya merupakan serangga yang mempunyai dua sayap dan masih satu jenis dengan jenis serangga lain, seperti ngengat, agas dan juga nyamuk.

Namun keberadaan hewan ini di rumah Anda tentunya akan sangat mengganggu, bukan? Apalagi lalat termasuk salah satu jenis serangga yang sangat menyukai lemak, protein dan karbohidrat. Maka tak heran, jika hewan ini sering kali hingga di makanan.

Ada banyak jenis lalat yang dapat Anda temui, mulai dari lalat kecil hitam, sampai dengan lalat besar hijau. Sekedar informasi, lalat ternyata merupakan salah satu jenis serangga yang sangat membutuhkan protein dan juga bahan organik lainnya dalam proses tumbuh kembangnya. Maka dari itu, ketika seekor lalat memasuki periode kembangbiak dan melakukan regenerasi pada sel-selnya ang rusak, maka di saat itulah lalat akan gemar hinggap di makanan ata sisa makanan.

Tentu saja, hal itulah yang membuat kita merasa terganggu dan juga merasa ingin segera membasminya. Apalagi lalat ini juga dapat menyebarkan berbagai macam penyakit pada saat ia menghinggapi makanan yang akan dimakan dengan cara meninggalkan kuman dan juga kotorannya pada makanan tersebut.

Itulah sebabnya mengapa kita harus menjaga makanan yang akan kita makan supaya tidak dihinggapi lalat, karena kuman dan kotoran yang ditinggalkannya pada saat hingga itulah yang menyebabkan kita menderita penyakit pada sistem pencernaan dan juga maag.

Ada banyak faktor yang membuat lalat gemar berkeliaran dalam rumah kita, salah satunya yaitu faktor kebersihan lingkungan sekitar rumah. Kita sering kali menumpuk piring kotor di dapur atau menumpuk sampah di dalam rumah.

Padahal hal tersebutlah yang menyebabkan lalat berkeliaran di rumah kita. Sebab hewan yang satu itu sangat gemar hinggap pada tempat yang terdapat banyak tumpukan sisa makanannya. Maka dari, cara mengusir lalat berikut ini, bisa Anda praktikkan agar rumah Anda terbebas dari lalat!

cara menghilangkan lalat

Beberapa Opsi Cara Menghilangkan Lalat

1. Bersihkan lingkungan rumah Anda

membersihkan rumahCara mengusir lalat pertama yang dapat Anda praktikkan yaitu dengan membersihhkan lingkungan rumah yang ditinggali. Dengan menerapkan pola hidup bersih, maka hal itu akan sangat membantu Anda untuk mengurangi aktivitas lalat di dalam rumah.

Seperti yang kita ketahui bersama, lingkungan yang bersih juga akan membuat hidup kita menjadi lebih sehat. Maka dari itu, letakkan bak sampah di luar rumah lalu kemudian diberi penutup agar lalat tidak berkembang biak di sana.

Baca Juga:  Begini Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dengan Cepat

Namun jika Anda juga meletakkan tong sampah di dalam rumah, maka sebisa mungkin tong sampah itu hanya dikhususkan untuk sampah kering saja, karena biasanya lalat lebih suka hingga pada sampah yang sifatnya basah.

Sediakanlah plastik kresek untuk menjadi wadahnya lalu jangan lupa untuk menutup tong sampah tersebut dan usahakan pula untuk rutin membuang sampah setiap harinya agar tidak menumpuk dan menjadi sarang lalat.

semprotan serangga2. Menggunakan semprotan serangga

Cara menghilangkan lalat berikutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunkan semprotan serangga. Biasanya cara ini terkenal ampuh untuk mengusir lalat dan jenis serangga lainnya. Hanya saja cara ini cukup berisiko tinggi terhadap penghuni rumah, karena semprotan serangga tadi pastinya akan meninggalkan racun yang cukup berbahaya.

Maka dari itu, kesimpulannya adalah meskipun caa ini cukup ampuh, tetapi dampaknya sangat tidak baik bagi tubuh manusia. Terutama saat Anda salah dalam menggunakannya, tentu saja akan sangat tidak baik dampaknya bagi kesehatan seluruh penghuni rumah.

Ada baiknya ketika memilih cara ini untuk membasmi lalat maka pastikan bahwa Anda memahami dengan benar bagaimana cara menggunakannya.

daun kemangi

3. Menggunakan Daun Kemangi

Cara mengusir lalat selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan daun kemangi. Tentu saja, Anda akan sangat terkejut ketika mendengar daun kemangi digunakan untuk mengusir lalat karena selama ini daun ini lebih sering digunakan sebagai lalapan di warun-warung lesehan. Namun ternyata, daun kemangi memiliki sisi lain yang cocok digunakan untuk mengusir lalat.

Caranya mudah sekali, Anda hanya tinggal mengambil daun kemangi seperlunya, lalu kemudian taruhlah daun tersebut di dalam plastik dan berikanlah sedikit air. Lalu kemdian ikatlah plastik yang berisi daun kemangi dan air tadi dan buatlah agar tampak lebih menarik.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengusir lalat saja, namn bisa juga dibuat sebagai hiasan dalam rumah. Tidak hanya itu, daun kemangi juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan alami di dalam rumah.

kipas angin4. Menyalakan Kipas Angin

Cara selanjutnya yang bisa digunakan yaitu dengan menyalakan kipas angin yang Anda miliki. Nyalakan kipas angin tersebut lalu arahkanlah di tempat yang banyak dihinggapi lalat. Dengan begitu lalat akan terusir dengan sendirinya karena terganggu oleh adanya angin.

Tetapi cari ini hanya bisa dilakukan jika di rumah Anda terdapat kipas angin, namun jika rumah Anda tidak memiliki kipas angin karena menggunakan AC, mungkin Anda bisa membeli kipas angin untuk mengusir lalat di rumah Anda.

daun cengkeh5. Dengan Daun Cengkeh

Cara alami berikutnya yang bisa digunakan untuk mengusir lalat selain dengan menggunakan daun kemangi yaitu dengan menggunakan daun cengkeh. Daun ini juga sangat mudah untuk dicari. Anda bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional.

Baca Juga:  Berbagai Penyebab Kemandulan Pada Pria

Daun cengkeh ini terkenal dengan aromanya yang sangat harum dan juga merupakan salah satu jenis rempah yang sangat ampuh digunakan untuk mengusi lalat. Apalagi lalat sangat alergi pada salah satu jenis rempah yang memiliki bau yang harum ini. Maka dari itu akan sangat tepat jika Anda menggunakan daun cengkeh untuk mengusir lalat.

lilin

6. Menggunakan Lilin

Cara mengusir lalat yang satu ini mungkin sudah dilakukan oleh kebanyakan orang. Apalagi lalat juga disebut-sebut sebagai salat satu jenis serangga yang sangat takut dengan api. Ketika ada banyak lalat di rumah Anda, maka kemudian nyalakanlah lilin di tempat lalat banyak berhinggap.

Api dari lilin akan sangat membantu untuk membuat lalat kabur. Selain itu juga, lalat juga sangat anti dengan cairan yang memiliki aroma yang khas dan salah satu cairan tersebut terdapat pada lilin.

Jadi semisal, Anda menyalakan lilin di dekat makanan yang ada di meja, maka cara ini akan sangat membantu untuk mengusir lalat. Apalagi cara ini sangat aman untuk digunakan. Orang-orang yang berjualan nasi di pinggir jalan juga biasanya menggunakan cara ini dengan meletakkannya di sebelah lauk agar tidak dihinggapi oleh lalat.

7. Gunakanlah Sapu Lidi

sapu lidiBiasanya cara yang satu ini cukup menguras tenaga Anda. Memang caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal mengambil sapu lidi lalu mengibaskannya pada lalat atau langsung dipukul tepat ke arah dimana lalat berada.

Namun cara ini tidak cukup efektif, karena biasanya hanya ada beberapa lalat yang mati dan hana bisa digunakan pada lalat yang ukurannya besar dan biasanya berwarna hijau. Bagi lalat yang berukuran kecil, cara ini tidak cukup efektif dan tentunya akan sangat menguras tenaga Anda juga pastinya.

8. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara menghilangkan lalat yang alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak kayu putih, karena minyak ini sangat terkenal dengan aroma wanginya yang menyengat. Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda hanya tinggal mengambil minyak kayu putih lalu tuangkan pada tutup botol dan kemudian letakkan di ruangan yang banyak dihinggapi oleh lalat. Cara ini dipercaya akan membuat lalat langsung kabur karena tidak suka dengan aroma wangi dari minyak kayu putih.

daun pandan9. Menggunakan Daun Pandan

Tidak hanya daun kemangi dan cengkih saja yang bisa digunakan untuk mengusir lalat, daun pandan juga bisa digunakan untuk mengusir lalat. Caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal menanam daun pandan di dalam rumah, maka aroma daun pandan tersebut sangat ampuh untuk mengusir beberapa lalat yang terus berkeliaran di rumah Anda.

Baca Juga:  Apa Saja Ciri Ciri Pria Mandul dan Faktor Penyebabnya?

Tidak hanya menggunakan daun pandan saja, Anda juga bisa menggunakan daun lavender untuk mengusir lalat. Meskipun daun lavender lebih dikenal untuk mengusir nyamuk, namun ternyata daun tersebut juga ampuh digunakan untuk mengusir lalat.

10. Plastik yang diisi Air

Cara yang satu juga sudah banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Meskipun sebelumnya tidak ada yang menyangka kalau plastik yang diisi air dapat digunakan untuk mengusir lalat. Namun dengan menyiapkan beberapa plastik yang diisi dengan air jernih lalu diikat sampai melembung lalu meletakkannya di tempat yang banyak dihinggapi lalat, maka cara ini akan sangat ampuh.

Cara ini terbukti sangat ampuh walaupun kalau dipikir-pikir cukup tidak masuk akal. Namun nyatanya dengan menggunakan cara plastik diisi air ini, lalat akan merasa bingung ketika mendekat lalu menghilang karena disebabkan oleh pembiasan cahaya dari plastik.

11. Menggunakan Lem Lalat

Menggunakan lem lalat terbukti sebagai salah satu cara menghilangkan lalat yang sangat ampuh. Apalagi lem lalat ini banyak sekali dijual di toko-toko yang menjual berbagai jenis obat pembasmi serangga. Cara menggunakan lem lalat juga sangat mudah, Anda hanya tinggal meletakkan lem tersebut pada kertas maupun triplek, lalu letakkanlah di tempat yang sering dihinggapi lalat. Maka pada saat lalat hinggap, ia pun tidak akan bisa melepaskan diri kembali dan biasanya dengan menggunakan cara ini, hasilnya lebih memuaskan.

lemon

12. Menggunakan Jeruk Lemon

Cara alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengusir lalat yaitu dengan menggunakan jeruk lemon. Anda hanya tinggal mengambil jeruk lemon lalu meletakkannya di sebelah makanan atau tempat-tempat lalat hinggap.

Anda juga bisa membuat jeruk lemon tersebut dengan campuran sabun cuci piring, sehingga ketika terkena cairan jeruk lemon, lalat pun biasanya tidak akan mau hinggap.

13. Menggunakan Garam Dapur

Biasanya, kebanyakan dari kita lebih sering mendengar kalau garam itu merupakan salah satu bumbu dalam resep makanan. Tetapi ternyata garam yang merupakan bumbu masakan yang sangat mudah ditemukan ini juga bisa digunakan untuk mengusir lalat.

Caranya mudah sekali, Anda hanya tinggal menaburkan garam di tempat-tempat lalat banyak hinggap. Seperti misalnya, Anda menaburkannya di atas lemari dapur yang akan membuat lalat sekaligus semut merasa terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *