cara menghilangkan kutu rambut

Kenali Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami – Rambut adalah mahkota kita. Tidak hanya wanita, rambut juga sangat penting bagi wanita. Tidak heran jika perawatan kecantikan termasuk di dalamnya perawatan rambut.

Bagi Anda yang ingin merawat rambut Anda menjadi lebih indah, ada banyak hair salon yang siap merawat rambut Anda. Namun, masalah yang ada pada rambut tidak hanya itu saja.

Salah satu masalah yang ada pada rambut adalah munculnya kutu rambut. Kutu rambut menjadi hal yang menjengkelkan, karena selain sulit dihilangkan, kutu rambut juga memberikan rasa gatal yang tidak tertahankan.

Hal ini tidak hanya mengganggu kenyamanan kita, tetapi juga kenyamanan orang lain yang ada di dekat kita karena takut tertular. Apalagi, kita tahu bahwa kutu rambut dapat dengan mudah menular dari satu kepala ke kepala lainnya dengan media apa saja, termasuk angin.

Bagi Anda yang ingin menghilangkan kutu, ada cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan tanpa bahan kimia bagi Anda.

cara membasmi kutu rambut

Penyebab Kutu Rambut

Sebelum kita mencari tahu bagaimana membasmi kutu yang ada di rambut kita, mari terlebih dahulu kita cari tahu asal usulnya. Mengapa kutu rambut ada pada rambut kita? Dari mana ya kira-kira asalnya? Nah, penyebab kutu rambut berasal dari terjadinya penularan yang terjadi karena beberapa sebab.

Kutu rambut masuk dalam kategori parasit yang tinggal di rambut manusia. Parasit ini memang hanya ada pada manusia dan tidak dapat ditularkan melalui hewan begitu pulsa sebaliknya. Adapun cara penularan kutu rambut dapat terjadi melalui 2 cara sebagai berikut.

Kontak secara langsung

Cara penularan pertama disebabkan karena penularan secara langsung hal ini dapat terjadi jika kita kontak langsung dengan kutu. Cara kontak langsung paling mudah adalah jika kita berada berdekatan dengan rambut orang yang terkena kutu rambut.

Kemungkinan besar kita tertular akan sangat tinggi. Hal ini karena kutu rambut dapat merayap serta berpindah tempat dari rambut satu ke yang lainnya dengan cepat.

Kontak secara tidak langsung

Cara yang kedua adalah dengan kontak secara tidak langsung. Hal masuk dalam kontak tidak langsung misalnya adalah kontak dengan benda yang sudah terkontaminasi dengan kutu rambut seperti sisir, yang kemudian dipakai secara bersamaan.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Hal tersebut dapat mempermudah perpindahan kutu ke rambut penderita baru. Selain sisir, benda yang rawan menjadi perantara adalah headset, topi, helm, baju, dan handuk. Perlu Anda ketahui bahwa kutu rambut tidak bisa terbang ataupun melompat.

Jadi, satu-satunya jalan yang bisa dilakukan kutu adalah merayap dari satu rambut ke rambut lainnya. Barang-barang yang sering kontak dengan rambut akan menjadi perantara penularan kutu yang sangat efektif.

penyebab kutu rambut

Cara Membasmi Kutu Rambut

Seperti yang kita ketahui, ada obat yang dapat digunakan untuk membasmi kutu rambut. Obat tersebut termasuk obat luar dan tidak boleh digunakan dengan sembarangan karena mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Kita harus memakainya dengan hati-hati agar kutu rambut dapat hilang tanpa membuat kita keracunan karena penggunaan yang tidak tepat. Sebelum menggunakan obat luar tersebut, kita bisa mendeteksi kehadiran kutu di rambut kita dengan beberapa cara.

Setelah dideteksi, barulah kita memberantas kutu rambut membandel yang sangat mengganggu kita. Cara yang paling ampuh dan paling mudah untuk mendeteksi keberadaan kutu rambut adalah menggunakan serit.

Serit adalah jenis sisir yang banyak digunakan pada masa lalu. Sisir serit ini memiliki keunikan karena geriginya sangat rapat dengan jarak antar gerigi hanya berkisar 0,2 mm.

Rapatnya sisir jenis ini membuat kita dapat menemukan kutu rambut dengan mudah hanya dengan menyisirkan sisir serit pada rambut yang diduga memiliki kutu rambut.

cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat

Bagi Anda yang penasaran dengan cara menggunakan sisir serit, sebenarnya ada dua cara yang dapat digunakan, yaitu penggunaan pada saat rambut basah dan penggunaan pada saat rambut kering.

Menggunakan serit pada rambut kering

Menggunakan serit pada rambut kering cukup mudah dilakukan. Anda hanya harus menyisirkan serit dari kulit kepala sampai dengan ujung rambut. Hal ini dapat dilakukan kapan saja terutama pada area yang gatal.

Hal ini karena area yang gatal biasanya adalah area yang dilewati kutu atau tempat kutu melakukan aktivitasnya, cukup efektif untuk cara menghilangkan kutu rambut secara alami.

Baca Juga:  Berbagai Jenis Makanan untuk Penderita Tipes

Menggunakan serit pada rambut basah

Penggunaan serit dengan rambut basah tidak hanya sekadar membasahi rambut Anda, tetapi dengan mencuci rambut Anda terlebih dahulu dengan menggunakan sampo. Setelah itu, lembutkan rambut dengan menggunakan kondisioner.

Gunakan sisir biasa terlebih dahulu untuk merapikan rambut basah sebelum menggunakan serit agar trambut tidak mudah patah dan terasa tertarik karena kusut. Anda bisa menyisirkan serit secara perlahan dari rambut basah Anda.

Tarik dari atas sampai ke ujung rambut. Ketuk serit pada lantai dan lihat apakah ada kutu yang menyangkut di serit tersebut.

kutu rambut

Cara ini dianggap lebih efektif untuk mengangkat kutu dari rambut dan kulit kepala karena pada saat basah, kutu biasanya tidak akan bergerak sehingga lebih mudah terbawa serit.

Serit dapat digunakan sebagai cara membasmi kutu rambut yang efektif tanpa menggunakan obat. Sayangnya, untuk mengatasi kutu rambut dengan cara ini, kita perlu melakukannya secara teratur karena tidak bisa satu kali melakukannya, kutu hilang sepenuhnya.

Kelemahan dari cara ini adalah tidak bisa menangkap telur kutu dan hanya bisa menangkap kutu yang sudah menetas saja.

Hal ini membuat pembersihan kutu dengan serit kadang tidak cukup efektif untuk menghilangkan kutu secara keseluruhan karena telur masih bisa menetaskan kutu baru.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat

Selain serit, ada cara yang lebih efektif untuk menghilangkan kutu dari kepala Anda. Selain cara menggunakan obat luar dengan bahan kimia yang bisa berbahaya jika salah digunakan, ada juga cara aman yang dapat Anda lakukan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Cuka

Cara yang pertama adalah menggunakan cuka. Caranya cukup mudah Anda bisa campurkan 2 sdm cuka dan minyak kelapa, kemudian campur hingga merata. Setelah itu, oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut Anda.

Anda bisa mengenakan penutup kepala dan membiarkan cara menghilangkan kutu rambut secara alami tersebut bekerja selama satu malam.

Baca Juga:  Berbagai Penyebab Kemandulan Pada Pria

Setelah satu malam, Anda bisa membersihkan rambut dengan keramas.

minyak zaitun

Minyak zaitun

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami kedua yang dapat Anda gunakan adalah dengan minyak zaitun. Sebelum menggunakan minyak zaitun, pastikan Anda mencuci rambut terlebih dahulu sampai bersih. Kemudian keringkan rambut menggunakan handuk.

Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut Anda, kemudian tutup dengan shower cap. Anda bisa mendiamkannya semalam sebelum mencuci rambut Anda kembali.

Mayonais

Mayonais juga dapat dijadikan sebagai cara untuk menghilangkan kutu dengan cepat. Anda bisa mengoleskan mayonais pada kulit kepala serta rambut Anda dengan melakukan pijatan lembut.

Diamkan selama 5 jam sebelum Anda bersihkan dengan cara keramas.

Lemon

Lemon memang buah serba guna dan sangat bermanfaat bagi kesehatan serta kecantikan. Untuk menghilangkan kutu menggunakan lemon, cara yang harus Anda lakukan adalah memeras dua buah lemon dan ambil airnya.

Air lemon kemudian dilarutkan dalam 100 ml air. Oleskan air lemon secara merata pada kulit kepala serta bagian rambut Anda sampai merata dengan melakukan sedikit pijatan lembut.

Tutup kepala Anda dengan menggunakan shower cap selama 2 jam sebelum kemudian dibilas dan dibersihkan dengan cara keramas.

Obat kumur

Cara satu ini mungkin bisa dibilang sebagai cara yang nyentrik. Hal ini karena cara ini menggunakan obat kumur yang sebenarnya digunakan untuk membersihkan mulut dan gigi.

Cara menggunakan obat kumur untuk membasmi kutu sangatlah mudah. Anda hanya harus menuangkan obat kumur Anda pada telapak tangan, kemudian usapkan dengan lembut pada bagian kepala Anda sampai merata. Tunggu 2 jam sebelum dibilas.

Nah, itu tadi cara cara menghilangkan kutu rambut secara alami. Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa melakukan tindakan pencegahan seperti rajin membersihkan rambut, tidak sembarang meminjam alat yang kontak dengan rambut seperti sisir, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *