cara menghilangkan komedo putih di hidung

Jenis-Jenis Serta Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung – Wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang paling diperhatikan tak hanya oleh wanita tetapi juga pria. Wajah menjadi bagian pertama yang dilihat oleh orang lain dari diri Anda jadi tak heran jika perawatan untuk bagian ini jauh lebih istimewa dibanding bagian lainnya.

Di tengah upaya menjaga keindahan dan kesehatan wajah tak jarang berbagai masalah pun menghampiri mulai dari jerawat, wajah berminyak hingga komedo. Masalah komedo merupakan salah satu yang sangat sering dialami dan kadang dirasa cukup mengganggu penampilan.

Penampakan komedo di wajah biasanya berupa benjolan kecil bisa berwarna putih ataupun berwarna hitam. Komedo ini umumnya tidak terasa sakit hanya saja terlihat cukup mengganggu dan membuat tampilanwajah menjadi tidak mulus.

Komedo tak hanya muncul di wajah, tapi juga bisa timbul di bagian tubuh lainnya seperti di punggung, leher, dahu maupun lengan.

Munculnya komedo di wajah bisa disebabkan oleh banyak faktor baik dari lingkungan luar maupun dari dalam tubuh. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat memicu munculnya komedo:

Perubahan hormon pada tubuh

Remaja yang masih dalam masa pubertas umumnya mengalami perubahan pada keseimbangan hormon tubuh. Akibat dari perubahan hormon ini terjadi produksi minyak yang berlebihan.

Minyak berlebih ini akan menumpuk di bawah permukaan kulit dan jika tidak rutin dibersihkan bisa mengeras dan menyumbat pori-pori sehingga terbentuklah komedo. Tak hanya remaja, wanita yang menuju masa menstruasi juga sering muncul komedo karena adanya perubahan hormonal ini.

bakteri

Adanya bakteri Propionibacterium acnes di kulit wajah

Komedo pada wajah juga bisa disebabkan adanya infeksi bakteri tertentu. Wajah yang kotor setelah beraktivitas sehari-hari membuat bakteri melekat di kulit wajah dan jika tidak langsung dibersihkan jumlahnya akan terus bertambah. Jika jumlah bakteri ini meningkat peluang munculnya komedo pun ikut melonjak.

Terjadi iritasi pada folikel rambut

Meskipun terlihat mulus, di bagian wajah juga terdapat rambut-rambut halus yang nyaris tidak terlihat. Folikel rambut ini bisa mengalami iritasi karena berbagai penyebab.

Iritasi pada foliket rambut ini nantinya bisa membuat sel kulit mati di wajah tidak dapat rontok dengan teratur. Penumpukan sel kulit mati ini nantinya uga bisa membentuk komedo pada wajah Anda.

Baca Juga:  6 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Merusak Rambut

Konsumsi jenis obat-obatan tertentu

Apa yang masuk ke dalam tubuh juga berpengaruh terhadap kemunculan komedo. Komedo dapat muncul jika Anda mengkonsumsi jenis steroid, pil KB atau lithium.

Penggunaan kosmetika berbahan kimia tertentu

Salah menggunakan kosmetik juga bisa menjadi tersangka munculnya komedo. Penggunaan kosmetika wajah dengan kadar minyak yang tinggi bisa memicu kemunculan komedo apalagi jika Anda sudah memiliki tipe wajah yang berminyak.

Konsumsi makanan berkadar lemak atau gula yang tinggi

Jenis makanan tetentu juga bisa memicu kemunculan komedo. Konsumsi makanan dari produk susu dan makanan berlemak dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan produksi minyak di wajah. Kondisi minyak berlebih ini bisa berakhir dengan munculnya komedo dalam jumlah banyak.

Masalah komedo seringkali dianggap sepele dan tidak ditangani secara khusus. Sebagian orang bahkan mencoba untuk mengeluarkan sendiri komedo dari wajah menggunakan tangan dengan cara dicongkel.

cara menghilangkan komedo hitam di hidung

Cara menghilangkan komedo di hidung dan wajah ini tentu saja tidak tepat, kondisi tangan yang tidak higienis justru dapat memindahkan bakteri masuk ke dalam permukaan kulit wajah.

Akibat dari ekstraksi komedo yang tidak steril justru bisa lebih mengganggu, contohnya timbulnya jerawat.

Ada banyak cara menghilangkan komedo di hidung dan bagian lain di wajah untuk menghilangkan dan mengurangi komedo mulai dari meminta bantuan tenaga kecantikan profesional hingga perawatan alami di rumah.

Perawatan yang tepat akan membantu wajah mulus dan sehat serta bebas dari komedo membandel. Tapi sebelum menghilangkan komedo, Anda perlu tahu dulu jenis-jenis komedo yang ada karena beda jenisnya beda pula cara penanganannya.

Beberapa jenis komedo ini berdasarkan kenampakan dan warnanya adalah:

  • Komedo hitam
  • Komedo putih
  • Sementara itu, berdasarkan ukurannya, komedo bisa dibedakan menjadi:
  • Makrokomedo
  • Mikrokomedo
  • Komedo raksasa

Kali ini pembahasan akan difokuskan pada jenis komedo berdasarkan warnanya yaitu hitam dan putih.

Perbedaan warna ini disebabkan oleh faktor tertutup atau tidaknya komedo. Penanganan keduanya pun memerlukan metode yang berbeda.

menghilangkan komedo di hidung

Cara Menghilangkan Komedo Putih di Hidung

Komedo putih adalah golongan komedo tertutup yang muncul di wajah Anda atau bagian tubuh lainnya. Komedo ini bisa muncul pada siapa saja tidak tergantung pada usia maupun jenis kelamin. Jenis komedo ini terkadang tidak terlalu terhilat namun membuat tekstur wajah menjadi kurang mulus

Baca Juga:  Tips Memilih Foundation untuk Kulit Berminyak

Pada dasarnya komedo putih terbentuk dari minyak, sel kulit mati ataupun bakteri yang terperangkap di bagian dalam pori-pori kulit. Letaknya yang berada di bawah permukaan kulit ini membuat komedo terlihat berwarna putih atau serupa dengan warna kulit Anda.

Penyumbatan pori-pori oleh komedo putih ini salah satunya banyak disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh seseorang. Cara menghilangkan komedo di hidung yang tertutup ini bisa dilakukan dengan cara:

Penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung senyawa benzoyl peroxide

Kandungan benzoyl peroxide memang mampu membantu mengurangi kemunculan komedo tertutup pada wajah Anda. Bahan ini tidak berbahaya dan bisa dengan mudah ditemui pada kosmetik yang dijual secara komersil di pasaran.

Fungsi utama dari benzoyl peroxide ini adalah untuk mengarut produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Ekstraksi

Ekstraksi adalah tindakan pengeluaran komedo yang dilakukan menggunakan bantuan alat khusus tertentu.

Pastikan Anda melakukan ekstraksi dengan teknik yang tepat serta alat yang steril.Teknik yang kurang tepat justru bisa meninggalkan bekas luka di wajah Anda.

Chemical peeling

Cara menghilangkan komedo di hidung ini berupa peeling wajah dengan menggunakan bahan kimia khusus. Biasanya wajah akan memerah dan terasa panas untuk beberapa saat setelah tindakan ini.

Chemical peeling harus dilakukan oleh profesional dengan tata laksana dan bahan-bahan yang aman.

menghilangkan komedo di hidung secara alami

Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Komedo hitam ini merupakan nama lain dari komedo terbuka. Disebut komedo terbuka karena memang komedo ini terletak pada pori-pori dan posisinya terbuka. Warna komedo hitam disebabkan oleh terjadinya proses oksidasi akibat kontak langsung dengan udara terbuka.

Komedo yang juga disebut sebagai blackhead ini cukup mengganggu karena bisa dengan mudah terilhat oleh mata. Tak perlu khawatir, komedo hitam bisa diatasi dengan cara menghilangkan komedo di hidung terbuka ini:

Pemilihan jenis pembersih wajah yang tepat

Baca Juga:  Macam-Macam Trend Warna Rambut 2018

Komedo hitam bisa diatasi dengan penggunaan kosmetika atau perawatan wajah yang dirancang khusus agar mampu mengangkat komedo di permukaan kulit.

Penggunaan masker clay secara rutin

Masker clay bisa membantu mengurangi komedo hitam jika digunakan secara rutin selama 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Masker ini membantu pengangkatan komedo serta membantu mengatur kelebihan minyak yang menjadi penyebab utama komedo di wajah.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami

Selain menggunakan bahan-bahan kimiawi ataupun perawatan dengan tenaga spesialis kecantikan, menghilangkan komedo juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Cara menghilangkan komedo di hidung secara alami ini bisa dilakukan oleh siapa saja karena tergolong cukup aman. Yuk tengok metode-metode dari bahan alami berikut ini:

Masker putih telur

Masker ini dikenal ampuh dalam mengangkat komedo membandel di bagian hidung maupun bagian lain di wajah. Cara penggunaannya adalah dengan terlebih dulu memisahkan bagian putih telur dari kuningnya.

Bersihkan wajah dengan sabun secara menyeluruh kemudian keringkan. Selanjutnya langsung oleskan putih telur ke bagian hidung yang berkomedo. Biarkan putih telur mengering kemudian kelupaskan perlahan.

masker lemon

Masker sari lemon

Lemon memang punya banyak sekali manfaat untuk kecantikan, salah satuny sebagai cara menghilangkan komedo di hidung. Cara penggunaannya pun sangat mudah yaitu dengan terlebih dulu menyiapkan air sari perasan lemon.

Setelah siap, Anda bisa mencelupkan selembar kapas pada sari lemon tadi kemudian dioleskan pada hidung atau bagian wajah lain yang sudah dibersihan.

Gosok perlahan kemudian biarkan kurang lebih 15 sampai 20 menit. Setelah didiamkan beberapa saat bersihkan wajah secara menyeluruh dengan air dingin.

Anda bisa memilih cara menghilangkan komedo di hidung yang paling nyaman dan sesuai dengan kondisi kulit Anda. Setelah komedo hilang bukan berarti tugas Anda berakhir, Anda perlu menjaga kebersihan wajah serta mengontrol asupan makanan agar komedo tidak mudah kembali bersarang di pori-pori wajah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *