cara memelihara kambing

Cara Memelihara Kambing Agar Sehat dan Cepat Berkembang Biak

Posted on

Memelihara hewan ternak menjadi kegiatan yang menyenangkan dan tentu saja menguntungkan. Bila Anda memiliki hewan ternak dan memeliharanya dengan baik maka dapat dijadikan barang komoditas yang bisa mendatangkan keuntungan. Kambing merupakan salah satu hewan peliharaan yang bernilai ekonomi tinggi.

Daging kambing memiliki pangsa pasar yang baik dengan konsumen yang terus meningkat.

Ada banyak jenis kambing yang bisa Anda pelihara di rumah, seperti kambing Etawa yang bisa memproduksi susu dengan harga jual tinggi dan kambing Kacang yang merupakan jenis paling populer di Indonesia dan dagingnya bisa diolah menjadi ragam kuliner.

Jika Anda berniat untuk membudidayakan mamalia yang satu ini, ada beberapa cara memelihara kambing yang harus dilakukan agar tumbuh dengan baik dan cepat berkembang biak.

Step By Step Cara Memelihara Kambing

Ada beberapa cara memelihara kambing yang setidaknya harus Anda lakukan bila memang ingin mengembangkan kambing. Cara ini bisa merupakan langkah umum yang bisa diterapkan pada pemeliharaan kambing yang dilakukan sebagai hewan peliharaan di rumah atau hewan untuk di budidaya sebagaiĀ  keperluan bisnis.

Pilih Bibit Kambing Unggul

Memilih bibit kambing untuk harus diperhatikan sejak awal. Anda bisa menentukan kambing yang dipelihara sesuai dengan keperluan Anda apakah untuk menghasilkan susu atau untuk menghasilkan daging. Memilih indukan yang baik bisa menghasilkan anak-anak kambing yang sehat.

Ciri-ciri memilih induk yang berkualitas yaitu dengan melihat beberapa kondisi seperti, bentuk tubuh yang ideal, tidak memiliki sifat galak atau agresif, memiliki kaki yang lurus tanpa cacat, jumlah gigi lengkap dengan rahang yang simetris dan mata tidak buta.

Menyediakan Kandang yang Layak

pelihara kambingKandang adalah komponen yang sangat penting dalam memelihara kambing. Kandang yang bersih dan nyaman ditinggali membuat kambing tidak mudah stres.

Kambing yang stres biasanya cepat sakit-sakitan dan akhirnya meninggal. Bentuk kandang yang proporsional untuk memelihara kambing yaitu harus berbentuk kandang panggung, dengan kata lain kandang harus ditinggikan sekitar 0,5 hingga 2 meter.

Cara memelihara kambing seperti ini ditujukan agar kambing tidak bersentuhan langsung dengan tanah karena dapat mempercepat timbulnya penyakit.

Jangan lupa berikan tempat pakan yang menempel pada kandang agar memudahkan kambing. Ukuran ideal untuk sebuah kandang ditentukan dengan ukuran dan jumlah kambing.

Untuk anak kambing ukurannya dibuat sekitar 1 x 1,2 meter yang bisa ditempati 2 ekor.

Sementara itu, untuk ukuran yang lebih dewasa bisa dibuat ukuran 1 x 1,2 meter untuk satu ekor kambing. Jika jumlahnya lebih dari satu hanya tinggal menyesuaikan saja.

Rutin Memberikan Pakan Sehat

Makanan sehat dan bergizi tidak hanya untuk manusia saja, kambing juga memerlukan pakan sehat yang bisa mempercepat proses pertumbuhan dan membuatnya tahan terhadap serangan penyakit. Umumnya kambing suka memakan tumbuhan hijau seperti rumput dan dedaunan.

Selain makanan utama, Anda harus memberikan makanan pendamping, dikenal dengan konsentrat, untuk menambah asupan nutrisi. Bahan yang biasa digunakan yaitu berupa campuran dari ampas tahu, singkong, dan bekatul.

Paling tidak dalam sehari kambing membutuhkan 3 kilogram konsentrat untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.

Ada cara khusus dalam memberikan konsentrat yaitu tidak boleh diberikan secara bersamaan dengan pakan utama karena hal tersebut akan membuat protein yang terdapat dalam konsentrat tidak terserap secara sempurna.

Demikianlah ulasan mengenai cara memelihara kambing yang bisa Anda coba untuk membuat kambing peliharaan selalu dalam keadaan yang sehat.

Dengan melakukan cara-cara yang sesuai kambing Anda tidak mudah terkena penyakit dan dapat tumbuh dengan sehat hingga berkembang biak dengan baik. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *