penyebab kemandulan pada pria

Berbagai Penyebab Kemandulan Pada Pria

Posted on

Kemandulan disebut juga sebagai infertile, yaitu suatu keadaan yang dialami pasangan suami istri yang telah menikah selama lebih dari satu tahun serta melakukan hubungan seksual secara rutin dengan tidak menggunakan alat kontrasepsi akan tetapi tetap tidak memperoleh kehamilan.

Infertile tidak hanya dialami oleh wanita tapi juga banyak ditemukan kasusnya pada pria.

Bahkan di Amerika Serikat, pasangan suami istri yang mengalami infertile mencapai sepuluh persen di mana empat puluh persen di antaranya adalah infertile pada pria. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kemandulan para pria.

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Berbagai Penyebab Kemandulan Pada Pria

Ada banyak faktor yang diduga sebagai penyebab kemandulan pada pria. Pertama adalah faktor hormonal atau disebabkan oleh hormon. Faktor hormonal terutama karena dalam proses sprematogenesis atau pembentukan sperma akan diperlukan adanya aneka hormon tertentu.

Salah satu di antaranya adalah hormon gonadotropin. Hormon yang satu ini terutama dibutuhkan guna menjaga keseimbangan tertentu agar dapat mempengaruhi proses pembentukan sperma secara normal.

Apabila hormon FSH memiliki jumlah yang kurang serta hormon LH memiliki kadar yang tinggi, proses pembentukan sperma akan berlangsung tidak sempurna.

Keseimbangan hormon sangat diperlukan dalam sprematogenesis agar dapat dihasilkan sperma yang memiliki kualitas baik. Faktor hormonal ini terutama sering ditemukan sebagai penyebab kemandulan pada pria.

Selanjutnya adalah faktor anatomis. Terdapat dua faktor anatomis yang menyebabkan kemandulan. Pertama adalah kryptorchismus. Dalam faktor pertama ini, testis berada dalam posisi turun yang tidak seharusnya. Bisa jadi testis turun sebelah atau justru keduanya sama-sama turun.

Yang kedua adalah hipospadia. Dalam faktor kedua ini, lubang orifisium urethrae externa berada di bagian batang dari organ reproduksi.

Baca Juga:  Apa Saja Ciri Ciri Pria Mandul dan Faktor Penyebabnya?

Sementara dalam posisi normal, lubang ini berada pada ujung dari organ reproduksi. Faktor anatomis ini biasanya merupakan bawaan dari lahir.

penyebab kemandulanPenyebab kemandulan pada pria selanjutnya adalah faktor dari penyakit tertentu. Beberapa penyakit diduga menjadi penyebab dari kemandulan yang dialami pria. Termasuk di antaranya adalah diabetes melitus, varikolel, parotitis serta berbagai jenis penyakit kelamin.

Penyebab kemandulan pada pria juga dapat karena berbagai faktor lain. Faktor pertama adalah faktor suhu. Suhu memiliki peran penting dalam keseluruhan proses sprematogenesis.

Sebagai contoh adalah pada pekerja yang berada di tempat dengan suhu yang relatif tinggi serta dalam jangka waktu yang lama.

Suhu tinggi akan menyebabkan proses sprematogenesis tidak dapat berjalan secara maksimal dan kualitas sperma yang dihasilkan menurun. Penting untuk menjaga agar suhu testis lebih rendah dibanding suhu tubuh keseluruhan.

Jika tengah berada di tempat yang suhunya tinggi, meneduhlah untuk sementara waktu setiap beberapa jam sekali untuk menjaga suhu tubuh.

Terakhir adalah faktor radiasi. Faktor radiasi ini terutama akan terjadi pada orang yang pekerjaannya bersentuhan langsung dengan radiasi. Sebagai contoh adalah pegawai yang berada di bagian rontgen. Apabila tidak berhati-hati dalam bekerja serta tidak menggunakan alat pengaman sebagaimana mestinya, maka besar kemungkinan pekerja akan terkena radiasi.

Dampak dari radiasi ini di antaranya adalah menjadi penyebab kemandulan pada pria. Demikian adalah informasi seputar beberapa hal yang terbukti bisa menjadikan pria mandul.

Dengan memperhatikan aneka penyebab di atas, diharapkan pasangan suami istri yang tengah menantikan kehamilan akan dapat lebih berhati-hati dan memperhatikan kesehatan reproduksinya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *