penyakit sifilis

Beberapa Penyebab Penyakit Sifilis Yang Perlu Diketahui

Penyakit Sifilis – Tahukah anda apa itu penyakit sifilis? Seperti yang kita tahu bahwa penyakit ini adalah salah satu penyakit menular seksual yang sangat menular. Sifilis atau yang juga dikenal dengan nama raja singa merupakan sebuah penyakit seksual yang terjadi akibat adanya infeksi pada daerah intim seseorang.

Termasuk dalam penyakit IMS atau infeksi menular seksual, sifilis menjadi salah satu penyakit yang harus anda waspadai. Karena itulah anda harus tahu tentang berbagai macam hal tentang sifilis termasuk mengenai penyebab sifilis dan juga cara penyebarannya seperti yang ada pada ulasan berikut.

Penyebab Sifilis Terjadi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika penyakit sifilis ini disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada daerah intim seseorang. Dalam hal ini, infeksi yang terjadi tersebut dipicu karena adanya bakteri Treponema pallidum yang berkembang di sekitar daerah intim.

Jadi ketika bakteri tersebut berkembang di sekitar daerah intim, maka akan menyebabkan infeksi yang menjadi makin parah jika tidak diberi penanganan medis. Selain penyebab sifilis, info berikut pun penting untuk anda ketahui.

Cara Penyebaran Penyakit Sifilis

Hal lain yang sebaiknya anda pahami adalah tentang cara penyebaran sifilis ini. Ya, setelah membahas tentang penyebab sifilis, ada baiknya anda paham betul mengenai cara penyebaran penyakit tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa cara penyebaran dari penyakit sifilis yang harus anda ketahui. Apa sajakah itu?

Hubungan intim

Hal pertama yang bisa menyebabkan penyebaran sifilis adalah karena seseorang yang sehat berhubungan intim dengan yang telah terinfeksi sifilis. Memang, hubungan seksual adalah hal yang paling umum terjadi dalam penularan penyakit ini. Hubungan seks anal atau oral pun bisa menularkan bakteri sifilis.

Baca Juga:  Apa Itu Herpes dan Bagaimana Cara Mengobatinya?

Jarum suntik

Penyebaran bakteri sifilis pun bisa terjadi melalui jarum suntik. Misalnya saja adalah pemakaian jarum suntik pada pengguna narkoba yang seringkali bergantian. Bukan hanya itu saja, jarum tato ataupun tindik pun memiliki peluang yang sama besarnya untuk menularkan sifilis.

Karena itulah anda sebaiknya lebih berhati-hati jika ingin menggunakan jarum suntik tato atau tindik tersebut.

penyebab sifilisKehamilan

Memang, penyebab sifilis ini adalah bakteri yang menyebabkan infeksi. Karena itulah penyebaran melalui darah adalah cara penularan yang paling cepat. Bukan hanya kedua hal di atas, penyakit sifilis pun bisa ditularkan dari ibu ke janin yang dikandungnya.

Artinya ialah seorang ibu penderita sifilis nantinya akan melahirkan anak yang telah tertular penyakit ini. Kondisi yang satu ini dikenal sebagai kongenital sifilus. Akibatnya, kematian bayi pun dapat terjadi disini.

Sifilis Tidak Akan Menular dengan Cara Ini

Meskipun bakteri ini sangat ganas dan mudah sekali menyebar dengan beberapa cara di atas, faktanya bakteri penyebab sifilis yang dikenal dengan nama Treponema pallidum tersebut tidak akan bertahan lama saat di luar tubuh manusia. Karena itulah infeksi sifilis tidak akan terjadi melalui beberapa cara berikut.

  • Menggunakan toilet yang sama
  • Menggunakan peralatan makan bersama
  • Memegang gagang pintu sama
  • Berenang bersama

Setelah bicara tentang penyebab penyakit sifilis, cara penularan, dan hal yang tidak akan menularkan bakteri sifilis, kini info lain yang sebaiknya anda ketahui adalah tentang gejala penyakit ini.

Tidak perlu waktu lama, hanya sekitar 3 minggu saja setelah bakteri sifilis masuk ke dalam tubuh, gejala pertama pun akan dirasakan. Nantinya akan ada 4 tahapan berbeda dalam penyakit ini mulai dari primer, sekunder, laten dan tersier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *