ciri ciri pria mandul

Apa Saja Ciri Ciri Pria Mandul dan Faktor Penyebabnya?

Posted on

Apa yang anda ketahui mengenai masalah mandul? Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua orang bisa memiliki keturunan. Bukan hanya wanita, pria pun bisa alami hal yang sama. Ada sebagian pria yang tidak bisa memiliki keturunan.

Agar anda makin paham dengan hal yang satu ini, anda bisa baca mengenai ciri ciri pria mandul sebagai berikut. Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai ciri ciri dari pria yang mandul, ada baiknya anda simak ulasan tentang penyebab kemandulan disini.

Faktor Penyebab dari Kemandulan Pada Pria

Selain ciri ciri pria mandul, kemandulan pun tidak akan lepas dari yang namanya faktor penyebabnya. Jadi, jika bicara soal kemandulan pada pria, tentu saja dalam hal ini ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kemandulan pada pria. Lantas, apa saja faktor penyebab yang dimaksud? Berikut ulasannya.

ciri pria mandul

Varikokel

Faktor penyebab dari kemandulan pada pria adalah adanya varikokel atau adanya dilatasi pembuluh darah di korda spermatika. Dalam hal ini, pria akan alami varises pada daerah testis sehingga menggangu kesuburan pria tersebut.

Ukuran testis

Bukan hanya itu saja, ukuran testis pun akan sangat berpengaruh pada kesuburan seorang pria. Untuk ukuran testis yang tidak normal, tentu saja seorang pria akan memiliki gangguan kesuburan sehingga bisa sebabkan kemandulan.

Gangguan ejakulasi

Mengenai hal selanjutnya adalah adanya gangguan ejakulasi yang mana cairan semen akan masuk ke kandung kemih. Sehingga cairan sperma tidak keluar dari penis.

Infeksi prostat atau prostatitis

Infeksi prostat yang terjadi pada seorang pria adalah penyebab kemandulan lainnya. Selain itu, infeksi ini pun bisa sebabkan kanker prostat.

Faktor genetik

Untuk penyebab lain dari kemandulan pada pria adalah adanya faktor genetik. Sehingga pria tersebut memiliki kesuburan yang tidak normal.

Baca Juga:  Ini Penyebab BAB Keluar Darah Paling Berbahaya

Gangguan hormonal

Mengenai faktor lain yang menyebabkan kemandulan ialah gangguan hormonal pada pria. Dalam hal ini, gangguan tersebut menyebabkan produksi sperma yang berkurang. Hormon yang mempengaruhi ialah hormon luteinizing yang mana hormon ini akan merangsang produksi spermatogenesis dan testosteron.

Kriptorkimus

Mengenai penyebab lain dari kemandulan adalah seorang pria yang mengalami kriptorkimus. Dalam hal ini, testis tidak bisa bergerak ke arah skrotum yang mana hal ini membuat seorang laki-laki tidak bisa menghasilkan sperma.

Ciri Ciri Pria Mandul

Setelah mengetahui tentang beberapa faktor penyebab kemandulan pria, kini saatnya anda tahu mengenai ciri ciri pria mandul. Bagi anda yang penasaran, simak saja penjelasan yang ada pada paragraf di bawah ini.

Impotensi

Ciri ciri pria mandul yang pertama adalah adanya impotensi yang diderita oleh seorang pria. Gangguan ini adalah salah satu hal yang bisa diperhatikan apakah seorang pria alami kemandulan atau tidak.

Kualitas sperma buruk

Bagi para laki-laki yang pernah memeriksakan diri ke dokter, mereka tentu akan melakukan serangkaian tes untuk menghitung kualitas sperma. Jika kualitas sperma yang dihasilkan buruk seperti jumlahnya terlalu sedikit, maka kemungkinan besar seorang pria alami kemandulan. Hal ini pun menjadi ciri ciri pria mandul lainnya.

Adanya aglutinasi

Kemudian, ciri selanjutnya ialah adanya aglutinasi. Dalam hal ini, seorang pria yang mandul mengalami aglutinasi yang mana ada dua spematozoa yang melekat.

Jadi, itulah beberapa ciri ciri pria mandul yang bisa anda ketahui. Apabila seorang pria menunjukkan ciri di atas, maka ia harus segera ke dokter untuk dapatkan solusi sehingga kondisinya akan membaik.

Baca Juga:  Macam-Macam Obat dan Makanan Penambah Darah

One thought on “Apa Saja Ciri Ciri Pria Mandul dan Faktor Penyebabnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *