apa itu herpes

Apa Itu Herpes dan Bagaimana Cara Mengobatinya?

Posted on

Mungkin masih banyak yang bingung mendefisinisikan apa itu herpes. Apakah penyakit ini sama dengan cacar? Di dunia medis herpes kadang juga disebut penyakit cacar karena ciri-cirinya memang sama yaitu gelembung-gelembung di permukaan kulit berisi air secara berkelompok.

Herpes sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu Herpes Simplex dan Herpes Zoster. Meskipun dikategorikan berbeda namun keduanya sama-sama disebabkan infeksi virus.

Untuk mengetahui perbedaan apa itu Herpes Simplex dan Herpes Zoster, berikut uraiannya masing-masing.

Penyakit Herpes Simplex

Jenis Herpes Simplex dibagi menjadi dua tipe, yang pertama Herpes Simplex Virus-1 atau HSV-1 dan yang kedua Herpes Simplex Virus-2 atau HSV-2.

Herpes Simplex Virus-1

Jenis virus ini umumnya menyerang bagian pinggang keatas terutama bagian mulut dan merupakan infeksi virus herpes yang paling umum. Gejala HSV-1 ini bisa berupa sariawan di bibir atau ruam melepuh disekitar mulut.

Penyakit ini bisa diobati namun jika sewaktu-waktu imunitas tubuh melemah bisa kambuh lagi. kesimpulannya, HSV-1 bisa diobati tapi tidak bisa sembuh total.

Herpes Simplex Virus-2

Masih berkaitan dengan apa itu Herpes Simplex, Herpes Simplex Virus-2 atau HSV-2 umumnya menyerang anggota tubuh terutama pinggang kebawah. Karena lebih sering menyerang bagian kelamin maka HSV-2 juga sering disebut Herpes Genitalis.

Herpes Genitalis ini tidak bisa menular melalui udara layaknya HSV-1 namun lebih sering menular melalui kontak seksual.

Herpes Genitalis umumnya muncul di vagina, penis, dubur dan selangkangan. Anehnya penyakit ini bisa terlihat jika penderitanya laki-laki, sebaliknya tidak terlihat pada penderita perempuan.

Penyakit Herpes Zoster

Apa itu Herpes Zoster dan apa bedanya dengan Herpes Simplex? Dokter dan ahli medis mengungkapkan bahwa Herpes Zoster merupakan infeksi kulit fase lanjutan dari cacar air (chickenpox)

Ini karena virus yang menyebabkan keduanya adalah sama. Perbedaannya, Herpes Zoster memiliki ciri khas gelembung yang lebih besar dan menyerang secara berkelompok di bagian badan tertentu, misalnya di dada atau dipunggung. Sementara itu cacar air gelembungnya relatif lebih kecil dan umumnya merata di sekujur tubuh.

Herpes Zoster ini lebih mudah menular. Biasanya penularan melalui udara yang tercemar ketika penderita bersin atau batuk. Penularan bisa juga melalui pakaian yang terkontaminasi bagian atas gelembung yang pecah atau melepuh.

Gejala Awal Penyakit Herpes

Seseorang yang terkena virus Herpes biasanya akan merasakan sesak nafas, demam, badan menggigil, sakit persendian dan pegal-pedal di seluruh tubuh. Berikutnya muncul bintik-bintik merah dan membentuk gelembung-gelembung berisi air.

Pada sebagian kasus penderita juga merasakan nyeri perut. Gejala-gejala tersebut umumnya berlangsung 1 minggu hingga 8 hari.

Disini yang perlu dilakukan penderita adalah menjaga supaya gelembung herpes tidak pecah. Salah satu caranya dengan memberi bedak “talk” agar kulit lebih licin.

Selain meninggalkan bekas gelembung yang pecah bisa menjadi akses masuk kuman sehingga muncul infeksi sekunder.

Pengobatan Penyakit Herpes

Untuk mengurangi keluhan gejala herpes biasanya dokter akan memberikan obat jenis paracetamol. Pemberian jenis tablet Acyclovir seperti valacyclovir, penciclovir, famcyclovir atau desciclovir tujuannya untuk mengurangi nyeri sendi dan deman sekaligus memproteksi penderita yang tidak memiliki daya tahan prima untuk melawan virus.

Yang harus diingat, pemberian Acyclovir tablet sebaiknya ketika muncul rasa panas dan nyeri pada tubuh.

Jadi tidak perlu menunggu gelembung cairan (blisters) muncul. Jika kondisi penderita cukup serius dimana tubuh semakin melemah sebaiknya penderita diberi terapi infuse (IV) Acyclovir.

Demikian infromasi tentang apa itu Herpes dan pengobatannya. Yang paling penting jika Anda merasakan ada gejala-gejala seperti tersebut diatas sebaiknya segera menghubungi dokter.

Intinya pengobatan bisa dilakukan lebih mudah jika infeksi virus Herpes bisa diidentifikasi sejak awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *