apa itu ejakulasi dini

Apa Itu Ejakulasi Dini dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Posted on

Ejakulasi dini termasuk salah satu permasalahan klasik berkaitan dengan aktivitas seksual yang paling sering dialami kaum pria. Masalah ini sebenarnya sederhana dan bukannya tanpa solusi, namun kadang dilebih-lebihkan bahkan bisa dibilang menjadi tolok ukur kemampuan pria dalam memuaskan pasangan ketika berhubungan seksual.

Untuk mengatasi ejakulasi dini orang-orang jaman dulu mencari solusi dengan menyantap daging atau sirip hiu, melakukan berbagai gerakan yoga hingga mengonsumsi berbagai ramuan tradisional. Namun untuk pria masa kini mayoritas memilih ‘pil biru’ dan sejenisnya untuk mengatasi ejakulasi dini sekaligus memulihkan kejantanan.

Padahal semua tahu jenis-jenis pil tersebut hanya mampu mengatasi masalah sementara karena tidak diformulasikan untuk mengatasi akar masalah dari ejakulasi dini itu sendiri.

Sebenarnya apa itu ejakulasi dini dan bagaimana cara mengatasinya?

Definisi Apa Itu Ejakulasi Dini

Secara singkat ejakulasi dini adalah peristiwa keluarnya sperma sesaat setelah pria melakukan penetrasi (bahkan untuk beberapa kasus terjadi sebelum penetrasi) pada pasangan saat melakukan hubungan seksual.

Dalam kasus ejakulasi dini ini pria tidak hanya kehilangan kejantanan alias tidak bisa memuaskan pasangan di ranjang, namun disinyalir merupakan salah satu gejala gangguan kesehatan yang menjadi penyebab ejakulasi dini itu sendiri.

Terkait apa itu ejakulasi dini dan gejalanya, konon kasus seksual pria ini juga berkaitan dengan faktor emosional dan tekanan mental yang membutuhkan beberapa metode penanganan.

Di sisi yang lain ejakulasi dini juga berhubungan dengan gangguan aliran darah yang berkaitan dengan penyakit jantung, hipertensi, diabetes dan gangguan metabolisme.

Penanganan Masalah Ejakulasi Dini

ejakulasi diniPengujian sekaligus penanganan tentang apa itu ejakulasi dini merupakan langkah yang penting untuk mengetahui berbagai pilihan perawatan ejakulasi dini.

Namun dari sejumlah penelitian dan uji coba beberapa cara alamiah termasuk yang paling direkomendasikan. Berikut ini diantaranya:

Mengonsumsi Makanan Kaya Flavanoid

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa semua bahan makanan yang mengandung flavanoid mampu mengurangi risiko ejakulasi dini.

Dari sebuah penelitian yang melibatkan 25.000 responden yang terdiri dari pria usia menengah, didapat satu bukti bahwa mereka yang menyantap buah lebih banyak memiliki tingkat resiko ejakulasi dini 14% lebih rendah.

Sementara mereka yang menyantap buah yang kaya flavanoid diimbangi dengan olahraga tingkat risiko terkena ejakulasi dini menurun hingga 21%.

Di sekitar kita banyak jenis buah-buahan dan bahan makanan yang kaya flavanoid. Sumber flavanoid bisa didapat dari keluarga jeruk-jerukan, anggur merah, lobak, ceri, beri hitam dan blue berry.

Menjaga Berat Badan

Meningkatnya berat badan berpengaruh pada aliran darah. jika hal tersebut terjadi maka akan muncul penyakit-penyakit lain yang justru memperparah ejakulasi dini. Oleh sebab itu sangat direkomendasikan untuk menjaga berat badan tetap seimbang.

Caranya dengan rajin berolahraga untuk membakar kalori sehingga timbunan lemak semakin berkurang. Ikut dalam program diet juga cukup efektif menjaga berat badan tetap stabil. Dengan berat badan seimbang tentunya akan lebih mudah untuk mendapatkan pemulihan fungsi seksual.

Terapi Hormon

Hormon yang tidak seimbang khususnya jenis hormon testosterone juga berkontribusi terhadap masalah ejakulasi dini. Sebenarnya hanya dengan latihan beban dengan sendirinya pria sudah mampu meningkatkan kadar hormon testosterone secara alamiah.

Namun bagi pria usia lanjut dengan kadar hormon yang sudah menurun drastis membutuhkan terapi hormon untuk perawatan ejakulasi dini yang lebih efektif.

Demikian definisi singkat tentang apa itu ejakulasi dini dan cara perawatannya. Disini diharapkan kaum pria tidak menganggap enteng masalah ejakulasi dini.

Meskipun bukan penyakit mematikan toh pada kenyataannya ada sekitar 40% dari pria usia di atas 40 tahun yang kini berjuang melawan ejakulasi dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *