makanan pelancar haid

Aneka Makanan & Minuman Pelancar Haid

Posted on

Siklus menstruasi yang tidak teratur adalah masalah yang kerap dialami sebagian besar wanita. Hal ini umum terjadi saat wanita baru memasuki tahap awal dari menstruasi dan juga selama masa menopause.

Periode normalnya sendiri lazimnya berlangsung selama tiga hingga lima hari, dan siklus menstruasi bisa bervariasi antara dua puluh delapan hingga tiga puluh hari. Siklus ini diukur mulai dari tanggal pertama periode bulan lalu sampai dengan periode selanjutnya. Agar siklus menstruasi bisa lancar, berikut adalah beberapa makanan minuman pelancar haid yang bisa kita konsumsi.

Minuman & Makanan Pelancar Haid Setiap Bulan

Penyebab dari menstruasi yang tidak teratur sendiri di antaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat, termasuk kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol hingga olahraga yang berlebihan. Sementara aneka makanan minuman pelancar haid di sini lebih kepada aneka makanan minuman sehat yang dapat dengan mudah kita temukan sehari-hari.

Pertama adalah brokoli. Sayuran hijau yang satu ini sangat efektif dalam memperlancar siklus menstruasi tiap bulan. Masukkan brokoli ke dalam menu harian agar didapat siklus menstruasi teratur. Kedua, konsumsilah salmon. Makanan ini kaya akan vitamin D dan juga kalsium. Di samping dapat memperkuat tulang, salon juga dapat menstabilkan serta meningkatkan hormon.

Minuman atau makanan pelancar haid berikutnya ialah sayuran yang memiliki daun hijau. Termasuk di dalamnya adalah bayam, brokoli serta asparagus. Selain kaya akan zat besi, sayuran hijau ini sangat baik untuk melancarkan menstruasi.

Berikutnya adalah ikan serta minyak ikan. Asam lemak omega 3 sangat baik bagi tubuh dan dapat melindungi pembuluh darah yang ada di dalam ovarium dari resiko kerusakan yang bisa menunda menstruasi.

Baca Juga:  Macam Macam Keputihan dan Penyebabnya

Kita juga bisa mengonsumsi almond. Salah satu jenis kacang ini terbukti bergizi serta sehat. Kandungan utama dalam kacang almond adalah protein dan serat. Fungsi almond ialah menyeimbangkan hormon yang ada dalam tubuh. Biji wijen juga dapat dikonsumsi sebagai pelancar menstruasi tiap bulan.

minuman pelancar haidBerikutnya kita bisa mengonsumsi yoghurt sebagai salah satu makanan minuman pelancar haid. Produk susu yang satu ini kaya akan protein dan juga kalsium. Konsumsi tiap hari untuk memperlancar siklus menstruasi.

Selanjutnya adalah susu kedelai terutama apabila kita memiliki intoleransi susu. Susu kedelai memiliki manfaat dalam membantu melancarkan siklus menstruasi. Terakhir adalah telur, terutama yang dimasak dengan cara direbus. Kandungan protein, vitamin serta kalsium dalam telur sangat membantu dalam mengatasi masalah haid yang tidak lancar.

Demikian adalah ragam minuman & makanan pelancar haid yang bisa kita konsumsi. Aneka makanan dan juga minuman di atas sangat mudah didapatkan di sekitar kita sehingga kita bisa mengonsumsinya dengan mudah.

Semoga uraian di atas membantu mengatasi masalah siklus menstruasi yang tidak teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *