akibat behel

Akibat Memakai Behel: Akibat Positif dan Akibat Negatif

Posted on

Seiring berjalannya waktu dan zaman, memasang kawat gigi atau behel agaknya menjadi kebutuhan fashion tersendiri. Banyak dari masyrakat yang menganggap bahwa memakai behel menjadikan penampilan kita menjadi lebih manis, khususnya bagi para wanita, tanpa memikirkan apa akibat memakai behel yang bisa kita dapatkan.

Lalu, sebenarnya apa akibat atau dampak apabila kita mengenakan behel? Berikut rinciannya.

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut akibat memakai behel, agaknya kita harus menyepakati bahwa pemasangan behel harus dilakukan pada dokter gigi yang memiliki SIUP atau Surat Izin Usaha Praktek, bukan memasang behel pada tukang gigi yang banyak berdiri di berbagai sudut kota tempat anda tinggal.

Ketika anda memiliki keinginan untuk memasang behel pada tukang gigi, maka anda akan mendapatkan akibat atau dampak negatif dari mengenakan behel.

Berikut rincian dampak negatif ketika anda mengenakan behel di tukang gigi :

  1. Tukang gigi tidak pernah menyediakan kawat, bracket, dan power chain atau karet bagi anda. Mereka hanya meyediakakan jasa untuk memasang ketiga item tersebut untuk menjadi satu rangkaian kawat gigi yang menempel pada gigi di mulut anda. Oleh karena itu, biasanya anda akan membeli peralatan tersebut pada online shop. Ketika kita membeli pada toko online yang tidak bersetifikat, tentu kita bisa membayangkan bagaimana keamanan behel tersebut. Tentu tidak bersertifikasi bukan? Bisa jadi bracket, kawat, dan power chain yang anda beli merupakan barang atau item bekas. Hiy, kotor dan jorok bukan?
  2. Dari poin pertama, anda sudah bisa menyebutkan penyakit apa saja yang bisa masuk bukan? Lebih jauh anda bisa terkena penyakit menular seksual. Sangat mnengerikan bukan penyakit ini? Mengapa anda bisa terjangkit penyakit ini? Pada dasarnya, kawat logam yang terpasang pada gigi akan berbenturan dan timbul luka kecil pada bibir, pipi, dan bagian disekitar mulut anda. Dengan adanya luka, tentu mengganggu aktivitas mulut anda bukan?
  3. Alergi juga dapat menyerang anda. Mengapa? Karena logam yang terpasang diperkirakan dapat memberikan rasa sakit bagi telinga anda. Ada kemungkinan bahwa rasa sakit itu disebabkan karena telinga anda yang tersbumbat dan pada akhirnya menyebabkan alergi. Sakit bukan main kan?
  4. Dampak atau akibat keempat yang dapat ditimbulkan ialah karang gigi yang muncul. Hal ini disebabkan karena kawat yang menghalangi sikat gigi anda untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel. Pada akhirnya akan menyebabkan penumpukan plak.
  5. Selain keempat penyakit diatas, tentunya terdapat penyakit lain yang dapat menyerang, yakni kerusakan pada gusi apabila mengenakan behel yang ilegal.

Setelah mengetahui akibat memakai behel dari sisi negatif, kini kita mengetahui dampak mengenakan behel dari sisi positif.

Perlu ditegaskan lagi, behel ini hanya dari dokter gigi profesional atau spesialis ortodontis. Berikut positifnya :

  1. Mengenakan behel akan membantu anda berbicara lebih jelas, bahkan bernyanyi lebih jelas karena susunan gigi anda yang rapih.
  2. Memakai behel akan membantu anda dalam menurunkan berat badan karena sulit makan dalam beberapa waktu pertama pemakaian behel.
  3. Memakai behel dapat membuat anda lebih cantik dibandingkan penampilan anda sebelumnya.

Demikian sekilas akibat memakai behel dari sisi positi dan negatif. Tidak ada salahnya mengenakan behel, namun behel yang digunakan harus behel yang aman dan legal, sehingga anda tidak akan terserang penyakit gigi dan mulut. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *