yoga mengecilkan perut

7 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut Yang Perlu Dicoba

Posted on

Perkara kegemukan atau yang berhubungan dengan berat badan serta timbunan lemak memang menjadi salah satu persoalan yang cukup sensitif. Baik bagi laki-laki maupun perempuan akan merasakan hal yang sama jika didapatkan adanya timbunan lemak di daerah perut.

Hal ini berhubungan dengan penampilan biasanya perempuan akan jauh lebih memperhatikan penampilannya dibandingkan dengan laki-laki. Sehingga banyak upaya yang dilakukannya untuk bisa mengecilkan bagian perut ini. Upaya yang lebih sering dilakukan adalah dengan diet.

Tidak semua orang bisa benar-benar melakukan diet, kebanyakan gagal melakukannya karena mereka kurang disiplin dan tertib dalam berdiet. Selain dengan diet, bisa pula dengan berolahraga, namun cara ini juga jarang diminati terutama bagi para perempuan yang sudah disibukan dengan rumah tangga dan pekerjaannya. Alhasil, perut masih tetap terdapat timbunan lemak.

Sebenarnya melakukan diet dan dikombinasikan dengan olahraga adalah cara yang cukup mujarab untuk bisa mengecilkan perut. Ada pula cara yang lebih simpel lagi yaitu dengan melakukan gerakan yoga.

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut ini sama halnya dengan olahraga, hanya saja gerakan yoga dilakukan dengan pelan dan menghayati setiap gerakan dengan tarikan nafas. Gerakan ini cukup efektif untuk dilakukan, apalagi bagi para ibu rumah tangga.

Bisa dilakukan saat waktu senggang, dan cukup dilakukan secara rutin maka perut yang berlemak bisa dikecilkan sesuai dengan yang diharapkan.

Beberapa Gerakan Yoga Mengecilkan Perut

1. Tadasana

gerakan yogaGerakan tadasana merupakan salah satu gerakan yoga simpel untuk mengecilkan perut yang paling awal untuk dilakukan. Tadasana ini cukup mudah untuk dilakukan. Caranya adalah dengan berdiri tegak, tangan berada di samping badan. Selanjutnya berjinjit dan kedua tangan ke atas sambil menarik nafas perlahan-lahan.

Baca Juga:  Apa Itu Ejakulasi Dini dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tahan pada gerakan terakhir selama 5 detik, dan setelah itu kembali berdiri normal lagi. Gerakan ini perlu dilakukan berulang sebanyak 5-10 kali. Gerakan yoga sederhana ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan mengencangkan otot perut.

2. Padahastasana

Padahastasana sebenarnya merupakan salah satu gerakan yang biasa dilakukan. Cara melakukan gerakan padahastasana ini dengan posisi badan tegak, kedua tangan diangkat ke atas dengan menarik nafas. Kemudian setelah nafas ditahan, perlahan-lahan kedua tangan diturunkan dan diletakan di telapak kaki sambil menghembuskan nafas. Tahan pada posisi ini selama 60 detik dan ulangi gerakan padahastasana sebanyak 5-10 kali.

Gerakan yoga mengecilkan perut ini ternyata memiliki manfaat yang lebih dari itu. Manfaatnya adalah bisa mengantarkan oksigen ke otak dan bisa melenturkan otot-otot yang kaku. Latihan gerakan ini secara rutin bisa untuk membantu membakar lemak di daerah perut, sehingga perlahan-lahan perut akan mengecil.

3. Paschimottanasana

Gerakan yoga sederhana ini ternyata tidak hanya bekerja untuk menenangkan pikiran saja tetapi juga bermanfaat untuk mengencangkan otot perut. Salah satu gerakan yoga untuk mengecilkan perut sekaligus untuk menenangkan pikiran adalah gerakan pashimottanasana.

Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara duduk di lantai dengan kedua kaki dijulurkan lurus ke depan. Badan bagian punggung dalam posisi tegak, lalu tarik nafas dalam, kempeskan perut, ujung kaki dipegang dan kemudian posisi seperti mencium lutut. Tahan gerakan ini hingga 60 detik dan ulangi sebanyak 5-10 kali.

latihan yoga4. Pavanamuktasana

Pavanamuktasana merupakan salah satu gerakan yoga simpel untuk dilakukan dengan cara merebahkan tubuh dan kedua kaki selonjor atau dalam posisi terlentang. Selanjutnya perlahan-lahan tarik nafas sembari mengangkat kepala dan kaki. Setelah itu cium lutut dengan menghembuskan nafas.

Baca Juga:  Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

Urutan dalam mengangkat kaki yaitu pertama mengangkat kaki kiri terlebih dahulu, kemudian kaki kanan, dan terkahir kedua kaki. Ketiga gerakan tersebut dilakukan sebanyak 5 kali. Gerakan ini sangat sederhana sekali dan bisa digunakan sebagai alternatif untuk berolahraga ringan namun menguntungkan.

Gerakan pavanamuktasana ini sangat mudah dilakukan untuk membakar lemak dengan melatih kelenturan. Sehingga daerah perut yang lebih utama bisa menjadi kencang setelah melakukan latian ini secara rutin.

5. Naukasana

Gerakan naukasana ini merupakan gerakan yang bisa dilakukan dengan baik dan benar apabila terlatih dengan baik dan sudah telatih untuk melakukannya. Gerakan yoga untuk mengencangkan perut ini jika dari pemula akan merasa kesulitan karena belum terbiasa.

Gerakan naukasana ini bisa dilakukan dengan cara berbaring di atas matras/lantai, dan kedua kaki serta tangan merapat. Kemudian tarik nafas dalam dengan mengangkat kedua tangan dan kakinya, badan, kepaladan bahu.

Cara ini membuat titik berat tubuh ada di perut, sehingga secara tidak langsung gerakan ini akan membuat lemak di perut semakin berkurang dan otot perut semakin menjadi kencang.

6. Uttanpadasana

Gerakan yoga cukup populer untuk mengecilkan perut ini sering disebut dengan gerakan uttanpadasana. Secara tidak langsung gerakan ini sudah dikenal dengan sebutan sikap lilis.

Cara melakukan uttanpadasana ini adalah dengan posisi pertama terbaring di matras kemudian menarik nafas dan kedua kaki diangkat serta lurus ke atas. Posisi ini ditahan hingga 60 detik.

Setelah itu kaki diturunkan secara perlahan-lahan. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda perlu melakukan gerakan ini selama 5 kali.

7. Bhujangasana

latihanBhujangasana merupakan salah satu gerakan yoga yang telah dipercaya bisa mengencangkan otot perut. Tidak hanya merupakan gerakan yoga untuk mengecilkan perut tetapi juga diyakini sebagai gerakan yang bisa membantu mengatasi sakit pinggang.

Baca Juga:  Macam-Macam Obat dan Makanan Penambah Darah

Gerakan ini jika diamati mirip dengan ular cobra, dan biasanya gerakan ini sudah seing dilakukan dalam olahraga saat pendinginan. Cara melakukan gerakan bhujangasana adalah dengan sikap awal badan tidur tengkurap.

Kedua tangan diletakan di bawah bahu, kemudian tangan menekan di lantai atau matras dan kepala serta sebagian badan berusaha untuk diangkat secara perlahan sembari menarik nafas dalam. Posisi terakhir ini perlu ditahan selama 60 detik dan perlu diulangi sebanyak 5 kali.

Beberapa gerakan yoga tersebut diatas sebenarnya sudah pernah dijumpai pada saat olahraga. Gerakannya juga cukup mudah untuk dilakukan dan bisa secara rutin dilakukan untuk bisa mengencangkan otot perut.

Yoga ini merupakan kumpulan gerakan yang dilakukan sebagai cara untuk berelaksasi sehingga dalam setiap gerakannya akan dilakukan secara perlahan dan dilengkapi dengan tarikan nafas. Gerakan yoga ini sangat penting sekali untuk dinikmati karena manfaat dari gerakan yoga adalah untuk menenangkan fikiran.

Manfaat dari gerakan yoga juga banyak tidak hanya untuk menenangkan fikiran tetapi juga sebagai salah satu cara berolahraga dalam ketenangan.

Yoga ini bisa juga untuk mengencangkan otot-otot agar kondisi menjadi lebih bugar dan sehat. Sehingga gerakan yoga yang membawa ketenangan ini cukup baik untuk dijadikan sebagai gerakan yoga untuk mengecilkan perut. Anda hanya perlu secara rutin untuk melakukannya agar hasil yang maksimal bisa diperoleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *