cara menghilangkan kapalan

5 Obat Kapalan Sederhana dan Paling Mujarab

Posted on

Kapalan merupakan kondisi dimana ada bagian kulit yang mengalami penebalan karena akibat dari gesekan atau tekanan dari luar yang terus menerus. Kondisi kapalan ini sudah past pernah dialami oleh sebagian orang. Ada yang mengobati kapalan dan ada pula yang membiarkan kapalan itu tetap ada.

Namun, sebaiknya kapalan ini bisa segera di obati karena akan menyebabkan kapalan menjadi tambah parah. Kapalan ini bisa berkembang menjadi bertambah parah dengan ditandai ada respon nyeri saat disentuh dan mengalami perbahan warna menjadi merah meradang serta timbul bengkak.

Hal ini membuat kapalan harus diobati oleh dokter yang ahli dengan obat kapalan. Sebenarnya kapalan bisa sembuh sendiri tanpa harus diobati. Cara agar kapalan bisa sembuh sendiri adalah dengan mengurangi gesekan maupun tekanan yang dialami oleh bagian yang terkena kapalan.

Obat kapalan bisa diperoleh dengan cara alami tidak harus mahal, karena kapalan juga sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Kapalan memang bukan bagian dari penyakit yang perlu di waspadai apalagi berbahaya. Namun, penyakit ini akan menyebabkan infeksi pada kulit jika kapalan terus menerus dibiarkan.

Cara menghilangkan kapalan ternyata bisa dilakukan secara alami sehingga lebih mudah dan aman untuk dicoba agar tidak banyak mendapatkan efek samping.

Cara Menghilangkan Kapalan

Kapalan memang tidak menjadi suatu penyakit yang berbahaya, namun keberadaannya sangat mengganggu kesehatan kulit. Jika dibiarkan pun akan dimungkinkan menimbulkan infeksi yang berkepanjangan apabila kegiatan yang bisa menyebabkan kapalan terus dilakukan. Sehingga perlu dilakukan cara sederhana menghilangkan kapalan, yaitu :

air hangat1. Air hangat dan batu apung

Cara mudah pertama yaitu dengan menggunakan air hangat dan batu apung. Pertama, perlu disediakan terlebih dahulu air hangat di dalam suatu wadah atau baskom. Kemudian bagian yang kapalan direndam dalam air hangat tersebut.

Baca Juga:  Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita Agar Bebas Kanker

Tujuan perendaman ini adalah untuk membuat lunak kulit yang kapalan sehingga bisa dengan mudah untuk dibersihkan atau dihilangkan. Kemudian gosok dengan batu apung pada area yang kapalan setelah direndam. Gosokan berulang kali agar kulit yang kapalan bisa dibersihkan dan sembuh. Cara ini cukup mudah dan simpel untuk menjadi obat yang tanpa efek samping.

kulit lemon2. Kulit lemon

Obat kapalan yang cukup ampuh untuk menghilangkan kapalan salah satunya yaitu kulit lemon. Kulit lemon ternyata memiliki kandungan senyawa yang bisa digunakan untuk membersihkan kapalan secara alami.

Cara mengobati kapalan dengan kulit lemon yaitu dengan menempelkan kulit lemon pada area kulit yang terkena kapalan. Ikat kulit lemon ini agar bisa tertempel di bagian kulit kapalan. Biarkan hingga beberapa jam, atau bisa Anda lakukan cara ini saat akan tidur, agar bisa dilakukan pada saat yang cukup efektif.

cengkeh3. Cengkeh dan air lemon

Cara menghilangkan kapalan berikutnya adalah dengan menggunakan cengkeh dan air lemon. Mula-mula Anda harus membuat ramuannya terlebih dahulu dengan mencampur cengkeh dengan air lemon. Ramuan ini dibuat membutuhkan waktu selama 15 menit untuk mencampur antara cengkeh dan air lemon.

Kemudian campuran ini disaring untuk dipisahkan antara cengkeh dan air lemon. Selanjutnya yang dijadikan sebagai obat kapalan adalah air yang sudah disaring ini. Air saringan inilah yang digunakan untuk mengobati kapalan dengan cara mengoleskannya ke bagian kulit yang mengalami kapalan. Anda bisa menggunakan obat ini sebanyak 2-3 kali.

kulit nanans4. Kulit nanas

Obat selanjutnya juga berasal dari buah yang secara alami memiliki kemampuan untuk menghilangkan kapalan. Buah tersebut adalah nanas, dimana kulitnya yang bisa digunakan untuk cara menghilangkan kapalan.

Baca Juga:  Manfaat Senam Kegel & Cara Latihan Kegel Untuk Pria

Sebelum menggunakan kulit nanas, Anda perlu merendam bagian kulit yang terkena kapalan pada air hangat, agar kulit tersebut bisa lebih lunak dan mudah untuk diobati. Lama rendaman kira-kira sekitar 15-30 menit. Kemudian tempelkan kulit nanas bagian dalam pada bagian kulit yang kapalan.

Kulit nanas ini hendaknya jangan sekaligus dilepaskan, sehingga perlu diikat dengan menggunakan perban atau menggunakan plester. Cara ini lebih baik dilakukan pada saat sebelum tidur, agar bagian kulit yang terkena kapalan bisa lebih maksimal dalam sebuah pengobatan. Cara ini bisa dilakukan berulang selama minimal 4 hari.

5. Kopi dan minyak zaitun

minyak zaitunCara menghilangkan kapalan selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun dan kopi. Ternyata kopi memiliki kemampuan untuk membantu dalam mencerahkan dan melembabkan kulit. Minyak zaitun juga berguna untuk mengobati kapalan. Sehingga kedua bahan tersebut bisa dikombinasikan untuk menjalankan fungsi yang sama yaitu membasi kapalan.

Sebelum menggunakan sebagai obat kapalan, Anda harus membuat ramuan yang terdiri dari campuran kopi dan minyak zaitun. Setelah ramuannya selesai dibuat dan bisa digunakan, maka Anda mengoleskan ramuan tersebut pada daerah kulit yang mengalami kapalan.

Cara menggunakan ramuan ini ialah sama seperti sedang mengoleskan lulur pada seluruh tubuh. Kemudian saat dioleskan, kuit yang terkena kapalan sebaiknya dipijit sembari mengoleskan ramuannya. Setelah itu semua selesai, maka Anda perlu memijitnya dan membersihkanya dengan baik dan bersih.

Itulah beberapa obat kapalan yang bisa Anda pilih untuk membersihkan atau menghilangkan kapalan. Obat kapalan tersebut bisa diperoleh secara alami dan mudah, namun khasiatnya cukup bermanfaat bagi perempuan maupun laki-laki yang memiliki keluhan kapalan.

Cara sederhana ini bisa Anda lakukan di rumah saat Anda sedang dalam keadaan santai atau pada saat sebelum tidur. Cara membuat ramuannya pun bisa dilakukan dengan mudah tanpa repot menggunakan bahan yang mahal.

Baca Juga:  Apa Itu Ejakulasi Dini dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bahan-bahannya bisa Anda temukan di sekitar Anda sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan pembersihan kapalan kapan saja. Selain itu, Anda juga bisa menghemat biaya karena sudah memilih menggunakan cara alami untuk membersihkan kapalan. Sehingga biaya bisa dialokasikan ke kebutuhan yang lain yang lebih mendesak.

bahan alami

Kapalan memang bukan penyakit yang begitu berarti, namun adanya kapalan jangan menjadikan hal itu untuk diabaikan. Memang benar, kapalan bisa sembuh sendiri jika kapalan Anda sudah tidak tergores lagi.

Akan tetapi, kapalan jika terus dibiarkan dan terus mengalami gesekan, kulit akan semakin tebal dan kapalan akan semakin parah. Solusinya adalah menggunakan obat untuk bisa mengurangi dan memnyembuhkan kapalan.

Kapalan ini bisa disembuhkan dengan menggunakan cara yang sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Sehingga cukup menguntungkan bagi Anda karena cara ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, praktis, dan tanpa efek samping yang berarti. Cara ini bisa digunakan pada saat kapalan masih dalam kondisi tidak terlalu parah.

Berbeda jika kapalan sudah parah dan untuk menyembuhkannya adalah dengan menggunakan tindakan dari dokter. Cara yang dilakukan oleh dokter terhadap kapalan biasanya dengan memotong bagian kulit yang menebal.

Hal ini mungkin akan menimbulkan rasa nyeri dan dibutuhkan peralatan khusus untuk memotong kapalan. Sehingga tidak ada hal yang lebih sederhana dan menguntungkan selain menggunakan cara alami untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *