melancarkan haid

4 Cara Melancarkan Haid dengan Mudah dan Aman

Posted on

Seorang wanita dalam masa subur normalnya selalu mengalami haid setiap bulan, kecuali wanita tersebut dalam kondisi hamil. Kadang siklus menstruasi berlangsung normal namun banyak juga kasus dimana wanita mengalami haid yang tidak teratur. Haid lebih cepat atau justru terlalu lambat.

Haid yang tidak lancar umumnya sering diikuti rsa nyeri, darah haid yang keluar lebih sedikit atau lebih banyak dari kondisi haid normal. Masalahnya, bagaimana cara melancarkan haid supaya siklusnya berjalan normal?

Pengertian Haid

Haid juga disebut dengan menstruasi yaitu peristiwa keluarnya darah secara periodic dari rahim dimana hal tersebut terjadi karena perubahan hormon. Normalnya perdarahan ini terjadi 3-5 hari dalam setiap bulannya. Siklus haid yang normal umumnya selalu berulang setiap 21-35 hari atau dengan rata-rata 28 hari.

Wanita yang mengalami haid tidak teratur biasanya bermasalah dengan hormon. Yang dimaksud disini adalah kadar hormon estrogen maupun progesterone tidak normal atau tidak seimbang.

Faktor penyebab haid tidak lancar umumnya adalah kelelahan fisik karena terlalu banyak bekerja juga kelelahan psikis akibat stress. Bagi wanita yang sudah menikah kemungkinan haid tidak teratur karena penggunaan alat kontrasepsi.

Sementara bila haid tidak teratur terjadi pada ibu menyusui kemungkinan disebabkan meningkatnya hormon prolaktin. Wanita yang mendekati masa menopause juga sering mengalami haid tidak teratur.

cara melancarkan haid

Cara Melancarkan Haid Secara Efektif

Melancarkan haid bisa dilakukan dengan beberapa hal termasuk beristirahat cukup, olahraga ringan, dan minum-minuman ramuan tradisional. Lebih lanjut berikut 4 cara melancarkan haid yang terbukti efektif dan aman untuk wanita.

Olahraga Ringan Secara Rutin

Vitalitas dan kesehatan akan selalu terjaga jika rajin berolahraga. Untuk melancarkan haid cukup dengan olahraga ringan seperti jogging, berenang atau jalan kaki. Yoga sebelum atau pada saat haid mampu melancarkan aliran darah sekaligus melancarkan haid. Sebaliknya olahraga berat justru memicu haid menjadi tidak lancar akibat tubuh yang terlalu lelah.

Istirahat Cukup

Stress berlebihan dapat memicu meningkatnya hormon kortisol sehingga berpengaruh pada hormon estrogen maupun progesterone. Kondisi ini bisa menyebabkan perubahan siklus haid sehingga haid menjadi tidak teratur.

Istirahat yang cukup adalah cara melancarkan haid yang paling efektif karena dengan beristirahat maka keseimbangan hormon tubuh tetap terjaga.

Mengkonsumsi Makanan Yang Tepat

Asupan gizi, termasuk vitamin dan nutrisi sangat penting untuk melancarkan haid. Asupan gizi ini bisa didapat dari beberapa jenis makanan yang konon dapat memperlancar haid. Makanan tersebut diantaranya makanan yang asam, buah-buahan, sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Buah-buahan segar seperti nanas dan pepaya memiliki kandungan yang mampu merelaksasi otot sehingga darah haid dapat keluar dengan lancar. Sementara sayuran hijau adalah sumber nutrisi kaya zat besi yang mampu melancarkan siklus haid normal.

Sedangkan jenis makanan kacang-kacangan banyak mengandung lemak baik serta omega-3 yang juga berkhasiat melancarkan menstruasi.

Minum Jamu Tradisional

Beberapa ramuan tradisional mempunyai khasiat untuk melancarkan haid. Salah satunya menggunakan kunyit. Kunyit bersifat antiseptic dan anti-bakteri sehingga terbukti lebih aman untuk menormalkan siklus menstruasi.

Cara membuatnya: ambil 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok ketumbar, 1/2 sendok pala, 1/2 genggam daun srigading. Rebus semua bahan dengan 1000 ml air sampai mendidih disaring lalu diminum setelah dingin. Minum sehari satu kali hingga siklus haid kembali normal.

Tanpa harus melalui pengobatan medis sebenarnya banyak sekali cara melancarkan haid, seperti pada contoh di atas. Lebih murah namun tetap efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *